Manfaat Cold Storage Ikan Bagi Nelayan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
COLD STORAGE IKAN

Manfaat Cold Storage Ikan Bagi Nelayan

Meskipun cold storage ikan sangat menguntungkan digunakan oleh industri makanan, alat ini juga rupanya bisa memberi keuntungan bagi nelayan pencari ikan. Sebagai negara maritim yang memiliki banyak ikan beragam, tipe cold storage ini juga tentunya dibutuhkan oleh para nelayan untuk membantu pekerjaannya.

Dibandingkan dengan menyimpan ikan di dalam wadah besar atau kulkas, para nelayan lebih suka mengandalkan ruang pendingin ini. Berikut ini manfaat dari menggunakan alat tersebut bagi nelayan:

1. Membantu Nelayan Menyimpan Ikan Hasil Tangkapan

Cold storage memang dikenal memiliki ukuran besar, ruang pendingin ini juga memiliki tipe portable yang lebih simpel. Dengan begitu, cold storage ikan versi portable bisa digunakan dan disimpan di lingkungan pemukiman para nelayan. Pemerintah sendiri, khususnya KKP yang memiliki rencana membagikan cold storage portable secara gratis untuk nelayan.

Dengan alat ini nelayan tak lagi kebingungan mencari wadah penyimpanan ikan yang mampu bertahan lama. Menyimpannya di dalam ruang pendingin tentunya akan sangat bermanfaat bagi nelayan karena ikan menjadi lebih awet dibandingkan disimpan di kulkas. Selain itu kapasitas penyimpanan dari ruang pendingin juga lebih besar dibandingkan dengan kulkas sehingga nelayan tak perlu khawatir dan kebingungan lagi mencari tempat penyimpanan berkapasitas besar.

2. Menjaga Kualitas Ikan

Ikan yang disimpan dalam ruang pendingin tentunya akan terjaga kualitas nya karena ruang pendingin tidak akan merusak nutrisi dari ikan itu sendiri. Ruang pendingin bisa membuat ikan awet bertahan selama berbulan-bulan. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi nelayan yang sering menangkap ikan dalam jumlah besar.

Cold storage juga dikenal sebagai pengawet ikan karena kemampuannya untuk bisa membuat ikan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Pada umumnya ikan akan menjadi busuk jika disimpan dalam suhu yang kurang rendah, apalagi negara Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga pembusukan ikan sangat mungkin terjadi.

3. Ikan lebih segar

Meskipun ikan juga awet disimpan di kulkas dalam jangka waktu tertentu tetapi tak jarang ikan yang dimasukkan ke dalam kulkas lama-kelamaan kesegarannya menjadi berkurang. Nelayan bisa mengatur suhu hingga sangat rendah untuk menjaga kesegaran ikan. Dengan demikian meskipun ikan dibekukan tetapi akan tetap segar kembali ketika ikan itu sendiri sudah tidak beku lagi.

4. Menambah Daya Jual

Nelayan yang langsung menjual ikan hasil tangkapannya sendiri tentunya akan mendapat keuntungan jika menggunakan cold storage. Hal ini dikarenakan cold storage mampu menambah daya jual dari ikan yang disimpan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ikan yang disimpan dalam kotak storied akan lebih segar dan terjaga kualitasnya. Nah kedua Hal inilah yang membuat daya jual dari ikan itu sendiri jadi semakin bertambah.

5. Tingkat Risiko Kerugian jadi Rendah

Menyimpan ikan hasil tangkapan Nikon Stories juga membuat nelayan memiliki tingkat resiko kerugian yang lebih rendah. Nelayan tak perlu lagi khawatir dan ketakutan bahwa ikan yang telah di tengahnya itu menjadi busuk sehingga tidak dapat dijual di pasar. Seluruh ikan yang disimpan didalam kulkas Torres tentunya akan menjadi awet dan bisa dijual tanpa mengalami pembusukan.

Itulah kelima manfaat dari penggunaan cold storage ikan bagi nelayan. Memang sudah saatnya penyimpanan ikan beralih menggunakan cold storage supaya tidak merugi. Ini dikarenakan, jika ikan menjadi busuk sebab terpapar dengan udara luar, nelayan juga akan mendapatkan kerugian karena ikan tidak akan terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen + 16 =