Tips Membeli Cold Storage Bekas Berkualitas - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
COLD STORAGE BEKAS

Tips Membeli Cold Storage Bekas Berkualitas

Cold storage atau ruang pendingin sangat penting untuk menyimpan bahan makanan yang memiliki daya tahan tidak cukup lama. Dengan menyimpannya di cold storage, maka makanan tersebut bisa bertahan lebih lama dari masa kadaluarsanya. Namun, harga dari cold storage relatif mahal hingga puluhan juta rupiah sehingga banyak yang lebih memilih untuk membeli cold storage bekas. Berikut ini adalah tips dalam membeli cold storage dalam kondisi bekas agar mendapatkan yang berkualitas:

1. Pilihlah Cold Storage yang Belum Lama Dipakai

Sama seperti membeli barang bekas lainnya, membeli cold storage bekas juga sebaiknya memperhatikan masa penggunaannya. Sebaiknya pilihlah coldstorage yang masa penggunaannya dibawah 5 tahun artinya pengguna pertama belum lama menggunakannya.

Semakin lama masa penggunaan dari cold storage maka akan semakin berkurang juga ga kualitas dan kinerja nya dalam mengawetkan bahan makanan. Jadi pastikan untuk bertanya kepada pemilik pertama coldstorage bahwa barang yang dijualnya belum lama digunakan.

2.Beli dari Pengguna Pertama

Selain memilih barang yang belum lama dipakai, dalam membeli barang bekas ini juga sebaiknya perhatikan siapa pemilik dari barang tersebut. Dalam hal ini pembeli harus berani bertanya kepada orang yang menjual cold storage apakah barang yang dijualnya itu baru digunakan oleh pemilik pertama atau sudah sampai ke pemilik kedua. Ketika barang sudah digunakan oleh pemilih kedua artinya coldstorage tersebut sudah pernah dijual dan kemudian dibeli lagi dalam kondisi bekas oleh pemilik kedua.

Kepemilikan ini penting diketahui untuk memastikan riwayat penggunaan barang. Cold storage yang sudah dijual oleh pemilik kedua tidak bisa dipastikan apakah penggunaan dari pemilik pertama juga cukup baik sehingga tidak beresiko mengalami kerusakan di kemudian hari.

3. Pastikan Kondisi Barang dalam Keadaan Baik

Tips selanjutnya yaitu memastikan bahwa kondisi cold storage yang akan dibeli dalam keadaan baik. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan saat digunakan. Kondisi barang yang terlihat bagus adalah cerminan dari performa barang itu sendiri.

Cold storage yang terlihat memiliki kondisi fisik kurang baik kemungkinan performanya dalam mengawetkan makanan juga akan berkurang. Sebaiknya, tanyakan juga apakah cold storage pernah rusak dan bagaimana cara memperbaikinya.

4. Pilih Jenis yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah mendapatkan informasi bahwa cold storage yang akan dibeli memiliki kondisi yang baik maka hal selanjutnya yang perlu di pertimbangkan sebelum membeli yaitu memastikan kembali apakah cold storage tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis cold storage dengan karakter dan kapasitas suhu yang berbeda, maka sebaiknya sesuaikanlah dengan kebutuhan.

Kemudian pikirkan lagi apakah bahan makanan yang akan disimpan dapat bertahan lama dengan cold storage tersebut. Makanan olahan susu dan makanan frozen yang perlu disimpan dalam suhu beku membutuhkan cold storage dengan suhu rendah di bawah -10 derajat celcius.

5. Sesuaikan dengan Kapasitas Gudang

Tips terakhir yang tidak boleh disepelekan yaitu menyesuaikan ukuran cold storage dengan kapasitas gudang. Pastikan cold storage yang dibeli cukup ditaruh di gudang. Selain itu pastikan juga instalasi listrik sudah cukup memadai untuk mengoperasikan cold storage. Dengan begitu alat ini bisa beroperasi dan menghasilkan performa yang maksimal

Itulah 5 tips membeli cold storage bekas agar mendapatkan yang berkualitas. Meskipun bekas, dalam membeli ruang pendingin harus tetap memilih yang berkualitas agar tidak mempengaruhi kandungan nutrisi dari makanan yang disimpan. Cara kerja dari alat ini memang hanya mengandalkan dari pengaturan suhu, tetapi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

four × 4 =