Apa Saja Manfaat Cold Storage dan Jenis-jenisnya? - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
COLD STORAGE

Apa Saja Manfaat Cold Storage dan Jenis-jenisnya?

Pebisnis sektor makanan pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya cold storage atau ruangan pendingin. Ini adalah sebuah wadah besar untuk menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang sangat banyak dan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Pada dasarnya cara kerja dari alat ini sama saja seperti kulkas yaitu mengawetkan makanan dengan mendinginkannya. Hanya saja, dalam hal ini makanan bisa lebih awet karena suhu dari alat ini lebih beku daripada kulkas.

Manfaat Cold Storage

Alat ini pada umumnya digunakan oleh industri makanan karena harus menyimpan makanan dalam jumlah yang sangat banyak sehingga tidak akan cukup jika hanya ditaruh di kulkas. Meskipun cara kerja dari alat ini hanya mengandalkan dari pengaturan suhu, tetapi ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan para pelaku industri makanan menggunakan alat ini, antara lain yaitu:

1. Mengawetkan Makanan

Suhu dingin yang dihasilkan dari alat ini bisa membuat makanan jauh lebih awet jika dibandingkan disimpan dalam suhu ruang. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pengusaha yang sering menyetok bahan baku makanan dalam jumlah besar. Dengan menggunakan alat ini tingkat risiko kerugian akibat kadaluarsa bahan baku makanan bisa diminimalisir.

2. Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Keuntungan lainnya dari menggunakan alat ini yaitu dapat menghindari pertumbuhan bakteri. Untuk diketahui, suhu dingin dapat membuat aktivitas bakteri menjadi berhenti. Jadi, kemungkinan bakteri muncul hingga memproduksi enzim yang bisa menyebabkan racun. Menariknya tingkat kedinginan dari alat ini bisa disesuaikan dengan karakter dan daya tahan makanan.

3. Mempertahankan Kadar Nutrisi

Makanan yang terjaga keawetannya dipastikan kadar nutrisinya tak akan berubah. Dalam ruangan pendingin, makanan yang disimpan tidak hanya awet secara fisik, tetapi juga awet nutrisinya. Asalkan disimpan dalam waktu yang tak melebihi daya tahan makanan itu sendiri, maka nutrisi yang terkandung di makanan akan berubah.

Jenis-Jenis Cold Storage

Setelah mengetahui apa saja manfaatnya, penting juga untuk mengetahui beberapa jenis dari cold storage. Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka pebisnis di sektor makanan tak akan salah pilih dan dapat menyesuaikan dari sifat makanan itu sendiri. Tanpa basa-basi lagi, ketahuilah jenis-jenisnya seperti berikut ini:

1. Chilled Room

Jenis yang pertama yaitu chilled room dengan kapasitas suhu beku yang sangat rendah. Chilled room juga sangat cocok dimanfaatkan untuk sayur dan buah sehingga akan jadi lebih awet. Selain itu jenis yang satu ini juga pada umumnya diandalkan untuk membuat makanan rentan basi jadi tetap segar dan awet untuk penyimpanan jangka panjang.

2. Blast Chiller

Jenis ini lebih cocok dimanfaatkan bagi yang sering menyetok makanan frozen dalam jumlah banyak, kemudian ingin dibekukan supaya awet. Kapasitas pengaturan suhu dari jenis ini lebih rendah dari chilled room yaitu dimulai dari 1 derajat hingga 5 derajat celcius.

3. Freezer Room

Berbeda dari dua jenis sebelumnya freezer room memiliki kapasitas pengaturan suhu yang jauh lebih rendah yaitu dimulai dari -15 hingga -30 derajat celcius. Freezer room lebih sering sebagai wadah penyimpan dengan suhu sangat rendah. Makanan olahan dari susu perlu penyimpanan seperti ini untuk menjaga kualitas dan nutrisinya.

Itulah manfaat dan jenis-jenis dari cold storage yang biasa digunakan para pebisnis di sektor makanan. Dengan menggunakan alat ini maka makanan bisa bertahan lebih lama dari masa kadaluarsanya. Alat ini juga bisa membuat pebisnis tidak merugi karena bahan yang disimpan tidak mudah busuk sehingga dapat digunakan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − four =