Sering Ditanyakan Apa Itu Chiller Room, Simak Penjelasannya Berikut Ini - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Apa Itu Chiller Room

Sering Ditanyakan Apa Itu Chiller Room, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Salah satu upaya dalam menyelamatkan bahan-bahan makan agar tidak mudah membusuk adalah dengan menyediakan ruangan pendingin. Terdapat banyak sekali manfaat menggunakan mesin pendingin sebagai sarana menyimpan bahan makanan. Salah satu sistem pendingin chiller room juga mempunyai peran dalam mengawetkan makanan melalui suhu dingin.

Apa Itu Chiller Room

Secara sederhana pengertian dari chiller room adalah sebuah ruangan pendingin dengan fungsi menyimpan berbagai jenis makan segar. Penggunaan ruangan pendingin ini akan sangat membantu menjaga bahan makanan yang tidak dapat bertahan lama. Biasanya ruangan pendingin jenis ini digunakan untuk menyimpan sayuran, susu, keju dan lainnya.

Penggunaan chiller juga dapat diaplikasikan ke dalam mobil pengantar bahan makanan segar. Melalui mesin pendingin di dalam kendaraan mobil box inilah akan mencegah terjadinya kerusakan bahan makanan saat di perjalanan. Dengan begitu bahan makanan akan sampai pada tempat tujuan secara utuh tanpa menghilangkan kualitasnya.

Komponen Pada Chiller Room

Penggunaan mesin pendingin model ini memang terdapat banyak sekali komponennya. Setiap komponen mempunyai peran dan fungsi masing-masing. Untuk lebih jelasnya mengenai komponen yang ada pada mesin pendingin ii, maka simaklah ulasan berikut:

1. Kompresor

Kompresor merupakan salah satu komponen paling penting pada mesin pendingin model ini. Keberadaan kompresor sendiri sebagai sarana mensirkulasikan udara di dalam ruangan pendingin. Salah satu perannya dari kompresor ini adalah menyedot uap pada refrigerant dan kemudian menaikkan tekanan uap supaya titip embunnya naik.

Terkait dengan komponen kompresor ini juga dibedakan lagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan mekanis penggeraknya. Seperti halnya centrifugal compressor, reciprocating, twin screw dan rotary. Semua komponen itu mempunyai peran masing-masing dan juga dapat menjadikan kompresor bekerja secara maksimal.

2. Kondensor

Komponen selanjutnya yang berada di dalam mesin pendingin ini adalah kondensor. Peran dari komponen ini adalah memindahkan panas yang berasa dari sistem refrigrasi. Pemindahan panas ini kemudian disalurkan menuju media pendingin yang sedang digunakan. Pada tahapan ini uap refrigerant mempunyai temperatur tinggi.

Pada komponen ini juga terdapat setidaknya tiga jenis semisal air cooled condenser dengan kemampuan menggunakan pendingin udara. Kemudian water cooled condenser yakni menggunakan pendingin air. Lalu jenis terakhir adalah evaporative condenser yaitu menggunakan pendingin kedua benda yakni air dan juga udara.

3. Katup Expansi

Katup Expansi pada mesin pendingin model ini mempunyai sebuah peran yang dapat menurunkan tekanan pada refrigerant. Melalui komponen inilah yang akan menjadikan tekanan tinggi menjadi lebih rendah. Selain itu, peran pada komponen ini adalah sebagai media dalam melakukan kontrol refrigerant masuk ke evaporator.

4. Evaporator

Komponen bernama Evaporator adalah sebuah tempat refrigerant melakukan penguapan guna menyerap panas dari air atau udara serta bahan lainnya. Pada komponen itu terdapat setidaknya tiga kategori sesuai bahan yang akan didinginkan. Misalnya saja air cooled, liquid cooler dan evaporator yang bisa langsung membuat es secara langsung.

5. Thermostat

Thermostat merupakan komponen tambahan yang ada pada mesin pendingin model ini. Peran dari komponen ini adalah melakukan pengontrolan terhadap suhu panas. Kemampuan dalam melakukan deteksi suhu mesin secara otomatis menjadikan komponen ini sangat penting adanya. Dengan demikian kondisi suhu akan tetap stabil sesuai kebutuhan.

Demikian tadi ulasan tentang chiller room dengan perannya sebagai ruang penyimpanan bahan-bahan makanan segar. Jadi penggunaan mesin ini akan memudahkan dalam melakukan pengawetan terhadap bahan makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten − 8 =