Cara Pasang AC Split dengan Mudah dan Anti Ribet
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
kompresor ac mati tapi kipas hidup

Cara Pasang AC Split dengan Mudah dan Anti Ribet

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki udara dengan level kepanasan yang tinggi. Tidak heran jika masyarakat Indonesia tergila-gila untuk memiliki air conditioner pribadi di rumah. Walaupun tersedia dalam berbagai jenis, jenis AC Split merupakan jenis AC yang paling digemari bahkan cara pasang AC Split dapat dilakukan dengan mudah.

Terkenal akan kelebihannya dalam menghemat energi listrik dan pengeluaran uang untuk biaya perawatan, AC Split sering dijadikan sebagai pilihan pertama. Selain itu, proses pemasangan AC Split dapat dilakukan secara sederhana dan mandiri di rumah masing-masing. Jika tertarik untuk mencoba, maka simak dan pahami setiap cara pasang AC Split sebelum mempraktikannya:

1. Menentukan Lokasi yang Akan Digunakan

Hal yang harus dilakukan sebelum memasang AC Split di rumah adalah menentukan lokasi yang tepat dan yang diinginkan. Jika berniat memasang AC Split pada kamar, maka pertimbangkan kekuatan dinding dan posisi pintu masuk. Pilih dinding yang paling kuat dan posisikan AC Split tidak menghadap langsung pintu masuk melainkan sebaliknya.

Lokasi dari AC Split perlu dipertimbangkan dengan hati-hati agar tidak mudah mengalami kebocoran ketika digunakan dengan sering. Selain itu, alangkah lebih baik jika AC Split dipasang dalam posisi yang berjauhan dengan peralatan elektronik lainnya. Hal ini dapat mencegah terjadinya kerusakan baik pada AC Split ataupun yang lainnya.

2. Memasang Pelat ke Dinding Interior

Cara pasang AC Split selanjutnya adalah dengan memasang dan mengencangkan pelat pada bagian dinding interior yang telah ditentukan sebelumnya. Masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dari bolpoin untuk menandai lubang dari tempat sekrup yang akan dimasukkan. Ketika memasukkan sekrup ke dalam setiap lubang, jangan lupa untuk meletakkan pelat ke dinding dengan kencang.

3. Memeriksa Aliran Listrik pada Unit Indoor

Jika pelat telah terpasang pada dinding interior, maka langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan bagian sambungan listrik dari unit indoor. Proses pengecekan dapat dilakukan dengan mengangkat panel depan A/C, lepaskan penutupnya, dan mengamati setiap kabel yang ada. Setiap kabel yang tersambung ke bagian sekrup harus dipastikan sesuai dengan diagram pada catatan.

4. Melakukan Pemasangan Kondensor Outdoor

Pemasangan kondensor outdoor dimulai dari memposisikan kondensor outdoor pada lokasi yang tidak dekat dengan keramaian jalan. Letakkan kondensor outdoor dalam jarak sebesar 15 m dari lokasi dari pelat pada bagian indoor. Sedangkan untuk posisi di luar, ukur jarak sekitar 30 cm dari barang-barang sekitarnya sebelum memutuskan untuk mematenkan posisi kondensor.

5. Menggunakan Bantalan Beton sebagai Pengaman

Ketika bagian pada kondensor outdoor telah terpasang dengan baik, lanjutkan dengan mengamankan unit tersebut pada lokasi di atas bantalan beton. Pertama-tama, letakkan bantalan karet dari kondensor di atas bantalan beton agar meminimalisir munculnya getaran. Setelah itu, posisikan keseluruhan bagian berada di atas bantalan beton dan gunakan baut jangkar untuk mengencangkan.

6. Menyingkirkan Udara Lembab dari Sirkuit Refrigeran

Selanjutnya untuk membuang udara yang lembab dari sirkuit refrigeran, lepaskan tutup sirkuit kemudian sambungkan selang pompa vakum dengan port service. Vakum harus berada dalam posisi sekitar 10 mmHg lalu tutup knop yang bertekanan rendah dan matikan bagian penyedot debu. Sebelum menutup bagian lainnya, pastikan bahwa semua katup yang ada berfungsi.

7. Menutup Lubang pada Dinding

Lubang yang terdapat pada dinding dapat segera ditutup dengan menggunakan jenis busa poliuretan yang mengembang. Letakkan busa tersebut ke dalam lubang yang telah dibuka sebelumnya agar kabel dan pipa bisa terhubung melalui dinding. Kemudian tutup lubang dengan kencang dan rapat serta biarkan busa mengering beberapa saat sebelum AC Split dinyalakan.

Memilih AC Split untuk dijadikan sebagai pelengkap perabotan rumah dibandingkan jenis-jenis AC lainnya yang disediakan memiliki beberapa keunggulan. Selain memiliki harga yang terjangkau dan hemat energi, cara pasang AC Split juga dapat dilakukan secara mandiri. Namun, yang harus diperhatikan adalah proses pemasangan harus dipraktikkan secara hati-hati walaupun memakan waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + nine =