Simak 5 Cara Cek Freon Ac Habis dan Bocor - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
spesifikasi kulkas sharp sj 237 mg

Simak 5 Cara Cek Freon Ac Habis dan Bocor

Freon AC merupakan salah satu faktor vital yang akan membuat ruangan menjadi dingin. Apabila freon pada AC mengalami kebocoran atau habis, sudah bisa dipastikan udara dingin juga tidak akan menyebar dengan sempurna. Untuk itu sebagai pengguna AC mengetahui cara cek freon AC adalah sesuatu yang harus diketahui.

Memahami keadaan AC yang yang kehabisan freon atau Kebocoran freon juga bisa mencegah efek samping pada kesehatan. Lalu bagaimana cara cek freon AC bocor atau habis? Berikut adalah ulasannya:

1. Periksa Bagian Sight Glass AC

Sight Glass AC merupakan suatu kaca yang dapat digunakan untuk melihat aliran pada Refrigerant. Kaca ini biasanya ada pada dryer atau bisa juga pada filter freon. Manfaatkan Sight Glass AC ini untuk melihat apakah freon pada AC sudah mulai habis atau mengalami kebocoran.

Apabila freon pada AC mulai menipis maka pemilik AC bisa mengisi freon AC. Karena mesin Kompresor pada AC tidak akan bekerja dengan baik bila freon sudah menipis.  Namun bila freon AC mengalami kebocoran, alangkah baiknya memanggil service center untuk melakukan perbaikan.

2. Biarkan AC Menyala Selama 30 Menit

Cara cek freon AC selanjutnya bisa dipastikan melalui kinerja AC yang menyala. Biarkan AC menyala paling tidak 30 menit untuk melihat apakah AC masih terasa dingin atau hanya menghembuskan angin saja.

Bila selama 30 menit AC tidak bisa menyebarkan hawa dingin keseluruh bagian ruang, maka bisa disimpulkan bahwa freon pada AC mulai menipis.

3. Periksa Unit Indoor pada AC

Memastikan keadaan freon AC masih berfungsi dengan baik bisa dengan melakukan cek unit indoor AC. Periksa dengan teliti keadaan kompresor dan juga kipas yang terpasang pada mesin AC.

Bila kinerja kompresor masih normal maka keadaan freon juga masih stabil untuk digunakan. Begitu juga dengan keadaan kipas pada AC yang harus dilakukan pengecekan secara berkala apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika kedua mesin tersebut mengalami kendala, ada kemungkinan freon AC menipis atau mengalami kebocoran.

4. Cek Sambungan Pipa pada Unit Indoor

Keadaan pipa besar dan pipa kecil pada unit indoor juga bisa menjadi penanda bagaimana keadaan freon AC. Pipa besar serta pipa kecil yang masih berembun menandakan keadaan freon masih aman dan baik-baik saja.

Keadaan freon yang kotor juga bisa dilihat dari embun yang terdapat pada pipa. Jika hanya pipa besar yang mengeluarkan embun, sedangkan pipa kecil tidak maka bisa jadi aliran freon mengalami penyumbatan karena keadaan AC yang kotor.  Sedangkan apabila hanya pipa kecil saja yang mengeluarkan embun dan pipa besar tidak berembun, maka dapat dipastikan keadaan freon tengah menipis dan butuh cairan tambahan.

5. Gunakan Manifold

Cara lain yang bisa menjadi solusi untuk mengecek keadaan freon AC adalah menggunakan Manifold. Alat yang biasanya digunakan untuk mengosongkan dan mengisi refrigerant ini juga bisa digunakan untuk mengecek keadaan freon.

Cukup pasangkan Nepel Manifold berwarna biru pada Pipa AC besar dan Naple Manifold merah pada pipa AC kecil. Kemudian putar kran Manifold searah dengan jarum jam pada masing-masing Nepel. Namun sebelum melakukan langkah ini pastikan kran dalam keadaan tertutup. Setelah melakukan langkah tersebut, maka skala ukur akan bekerja dan menunjukkan berapa tekanan freon pada AC.

Itulah tadi cara cek freon AC yang bisa dilakukan secara sederhana dan mandiri di rumah. Meskipun dalam pengecekannya bisa dilakukan sendiri, namun ada baiknya gunakan jasa service untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan. Hal ini dianjurkan bila kendala yang terjadi pada freon memiliki resiko berbahaya pada kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 13 =