Cara Memperbaiki Kulkas Freezer Tidak Dingin Penting Diketahui - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Cara Benar Membersihkan Freezer Kulkas Dengan Praktis

Cara Memperbaiki Kulkas Freezer Tidak Dingin Penting Diketahui

Kulkas freezer bisa digunakan untuk kepentingan pribadi, di kantor, pusat perbelanjaan, swalayan atau toko. Penggunaannya digunakan untuk menaruh makanan atau minuman agar menjadi dingin, biasanya digunakan untuk makanan atau minuman yang akan dijual. Kondisi cuaca yang berubah-ubah membuat orang-orang lebih menyukai makanan dan minuman dingin untuk menyegarkan tubuh. Makanya bila kulkas freezer tidak dingin akan sangat merugikan karena itu penting mengetahui cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin.

Pastikan cabut kabel colokan dari stop kontak atau bisa mematikan listrik sementara sebelum memperbaiki. Lindungi tangan dengan sarung tangan dari karet agar melindungi dari resiko tersetrum. Kulkas freezer memiliki beberapa bagian seperti coil condensor, motor kipas evaporator, stay relay, thermostat, kompresor dan box freezer. Berikut ini cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin seperti dibawah ini :

1. Bersihkan Kondensor Kotor

Penyebab kulkas freezer tidak dingin bisa bermacam-macam baik karena ada bagian yang kotor atau tidak berfungsi dengan baik. Setiap bagian yang bermasalah tentu berbeda cara penanganannya.

Kondensor kotor bisa mempengaruhi tingkat dinginnya kulkas freezer. Apabila hal itu terjadi, cara memperbaiki kulkas freezer yang tidak dingin karena kondensor kotor maka harus membersihkan kotorannya. Coil kondensor dapat dibersihkan sendiri, tapi jika ragu bisa memanggil teknisi yang ahli. Penanganan yang salah malah bisa merusak freezer makanya harus tahu dulu cara penanganannya.

2. Memperbaiki Evaporator Yang Bocor

Kebocoran evaporator akan membuat kulkas freezer mengalami penurunan kinerja sehingga tidak dingin. Biasanya kebocoran terjadi karena goresan benda-benda tajam, maka cara memperbaikinya dengan membersihkan bunga esnya. Bersihkan bunga es dengan hati-hati, jangan sampai air mengenai bagian evaporator karena akan mengganggu sirkulasinya. Kalau masih tidak bisa dingin, bisa melakukan penggantian evaporator dengan meminta teknisi menggantinya.

3. Memperbaiki Kompresor Tidak Bekerja Dengan Maksimal

Berikutnya cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin karena kompresor tidak bekerja dengan maksimal akan menurunkan kinerja kulkas. Hal itu akan membuat makanan atau minuman didalamnya tidak bisa menjadi dingin atau beku karena kompresor bekerja untuk menyalurkan hawa dingin. Cek berkala apabila kompresor tidak bekerja dengan maksimal atau mengalami penurunan kinerja. Ganti kompresor jika kompresor sudah tidak layak digunakan.

4. Memperbaiki Karet Pintu Yang Bermasalah

Untuk cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin karena karet pintu yang bermasalah, pastikan terlebih dahulu apakah karena karet kendor atau rusak atau terlepas dari tempatnya. Bila karet terlepas bisa langsung memasangkan karet kembali pada celah yang ada. Kalau sobek atau rusak karetnya bisa diganti lalu dipasang sendiri pada tempatnya.

5. Memperbaiki Freezer Box Yang Tidak Dingin

Freezer box yang tidak dingin bisa disebabkan karena lubang anginnya tertutup kotoran. Hal yang harus dilakukan membersihkannya dengan hati-hati. Pertama, keluarkan semua makanan dan minuman dalam freezer. Kedua, masukkan air panas dalam panic lalu diamkan freezer beberapa saat. Biarkan beberapa menit sampai es meleleh.

Kalau es sudah meleleh, buang es menggunakan spon berulang kali, setelah kering sediakan air sabun dari air hangat. Kemudian gunakan spon dan air sabun tersebut untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih.

Setelah bersih, siapkan air campuran baking soda untuk membersihkan sabun lalu bersihkan semua bagian freezer. Bersihkan menggunakan kain bersih lalu pastikan freezer bersih, tidak ada sabun atau baking soda yang tersisa kemudian pasangkan kembali freezer pada tempatnya.

Selanjutnya, setelah memperbaiki bagian yang bermasalah sesuai dengan cara mengatasinya cek kembali apakah bagian tersebut sudah diatasi dengan baik. Lalu pasang kembali colokan pada stop kontak atau hidupkan listrik yang dimatikan dan masukan kembali semua makanan dan minuman ke dalam kulkas freezer.

Mudah bukan cara memperbaiki kulkas freezer tidak dingin, apabila sudah mengetahui masalahnya di mana. Sebagai pemilik harus sesekali mengontrol keadaan kulkas freezer apakah berjalan dengan normal atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 4 =