5 Penyebab Kompresor AC Rusak, Ketahui Penyebabnya sebelum Parah - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
5 Penyebab Kompresor AC Rusak, Ketahui Penyebabnya sebelum Parah

5 Penyebab Kompresor AC Rusak, Ketahui Penyebabnya sebelum Parah

Kompresor berfungsi untuk memompa dan mengalirkan freon ke seluruh bagian AC. Komponen ini sangat penting, karena jika tidak ada kompresor maka AC tidak bisa berfungsi. Sedikit saja kerusakan, maka kinerja AC juga akan sangat terganggu. Ada beberapa penyebab kompresor AC rusak yang belum banyak orang ketahui.

Penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya, hal ini berkaitan dengan penggunaan AC ke depannya. Jika kompresor yang sedikit rusak dibiarkan, maka bisa dipastikan usia AC juga tidak akan bertahan lama. Penasaran apa saja penyebab kompresor rusak? Simak penjelasan berikut ini:

1. Pengisian Oli atau Refrigeran yang Salah

Oli berfungsi untuk melumasi kompresor agar tidak mudah rusak karena tergesek selama sistem dijalankan. Artinya, oli sangat penting dalam berjalannya kinerja AC. Namun, oli bisa menyebabkan kompresor rusak jika tidak diisi dengan benar. Prosedur pengisian sudah ditetapkan oleh pabrik dengan bahan yang sudah ditentukan pula.

Pengisian yang asal dan tidak sesuai dengan prosedur akan sangat membahayakan kompresor AC. Maka dari itu, pengisian harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sangat tidak dianjurkan untuk mengisi sendiri jika bukan bidang keahliannya.

2. Kesalahan pada Tegangan Listrik

Kompresor juga bisa rusak karena tegangan listrik yang ada. Setiap AC memiliki tegangan listrik tersendiri yang sudah ditetapkan pabrik, umumnya 220/230 volt. Tegangan listrik yang disalurkan harus sesuai dengan ketentuan pabrik tersebut, agar kinerja AC bisa maksimal. Jika tidak, akan membuat kompresor AC rusak dan perlu waktu untuk memperbaikinya.

Penting untuk memperhatikan masalah tegangan listrik ini. Sangat dianjurkan untuk menyesuaikan ketentuan yang telah dibuat agar AC bisa awet dan tahan lama. Maka dari itu, baca buku panduan dengan cermat untuk memastikan tegangan AC yang sudah tertera.

3. Oli yang Kurang

Selain pengisian yang salah, oli juga bisa merusak kompresor jika jumlahnya tidak tepat. Selain bisa merusak kompresor, kurangnya oli bisa sangat berpengaruh pada kinerja AC ke depannya. Kompresor bisa mudah panas atau bahkan terbakar. Hal ini disebabkan kebocoran pada pipa setelah kehabisan oli.

Sangat dianjurkan untuk rutin melakukan pengisian oli. Jangan sampai terlambat atau bahkan kehabisan, karena jika lengah sekali saja bisa jadi kompresor terlanjur rusak. Jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang sesuai dengan standar pabrik.

4. Tergerus Usia

Barang elektronik apa pun pasti memiliki usia tertentu hingga benar-benar rusak. Salah satunya adalah AC, semakin lama digunakan maka kinerjanya juga semakin menurun. Tidak terkecuali pada komponennya, yaitu kompresor yang juga akan mengalami kerusakan. Lama kelamaan, kompresor akan aus bahkan berkarat jika sudah lama digunakan.

Tergerusnya usia merupakan penyebab kompresor AC rusak yang sudah pasti akan terjadi. Setelah lima sampai sepuluh tahun, biasanya AC harus diganti dengan yang baru. Karena itu merupakan umur yang umum untuk barang elektronik.

5. Tekanan yang Tidak Sesuai

Kompresor hanya bisa menangani AC yang sesuai dengan standar yang diberikan, artinya tidak semua kompresor cocok dengan AC. Namun, kesalahan seperti ini masih sering ditemui mengingat kurangnya pengetahuan dalam penanganan AC. Tekanan berlebih yang dibebankan membuat kompresor memompa freon berlebihan, dan lama-kelamaan akan terbakar.

Putaran kompresor juga tidak luput dari kerusakan. Jadi, sangat disayangkan jika tekanan terlalu besar sehingga kompresor menjadi rusak. Perlu adanya perhatian lebih agar tekanan yang diberikan sesuai dengan kemampuan kompresor.

Berbagai penyebab kompresor AC rusak yang mungkin terjadi sudah tercantum di atas. Daftar penyebab kerusakan tersebut tentunya bisa menjawab rasa penasaran akan hal ini. Sebelum menggunakan AC, pastikan untuk memahami hal-hal di atas agar tidak menyesal. Jika memiliki AC yang terlanjur rusak, segera panggil ahli AC yang bisa dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − three =