Ketahui Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung agar Efisien dalam Penggunaan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Ketahui Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung agar Efisien dalam Penggunaan

Ketahui Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung agar Efisien dalam Penggunaan

Memasang AC memang menjadi perkara penting saat ini, terlebih ketika membangun sebuah gedung di perkotaan. Keberadaan AC menjadi hal yang perlu dipikirkan secara matang, pasalnya memasang AC juga mengharuskan sebuah perhitungan mulai dari kapasitas maupun daya AC. Cara menghitung kapasitas AC gedung ini juga terbilang mudah jika telah memahaminya.

Dengan perhitungan yang benar, tentunya AC yang digunakan bisa maksimal dan dirasa manfaatnya. Kebutuhan AC ini pada dasarnya perlu diukur dari 2 faktor yaitu kebutuhan kapasitas AC itu sendiri, dan juga bagaimana tata letak indoor yang menghembuskan angin di ruangan yang ada. Untuk lebih lanjut mengenai bagaimana menghitung kapasitas untuk AC ini, simak ulasannya berikut ini!

Mengenal Istilah dalam perhitungan Kapasitas AC

Terkadang cara menghitung kapasitas AC gedung memiliki hasil tidak mesti sama. Namun ketika teliti dan tepat dalam menghitung rumus, tentu apa yang diharapkan akan sesuai. Kesesuaian kapasitas dari AC ini tentunya akan memberikan manfaat yang benar-benar maksimal. Dalam perhitungan AC ini terdapat sebuah istilah  British Thermal Unit per hour atau yang biasa dikenal  BTU/hours.

Sistem AC akan membentuk sebuah daya kompresor yang berguna untuk menggerakkan daya yang ada. Disamping itu, terdapat sebuah Istilah satuan tenaga kuda atau lebih dikenal PK yang merupakan singkatan dari Paard Kracht dan selalu digunakan untuk menghitung kapasitas dar AC. Namun pada intinya satuan untuk AC ini yaitu BTU/h.

Perhitungan Mengkonversi PK Menjadi BTU/H

Agar lebih mudah dalam melakukan perhitungan antara BTU/H dan PK, ada beberapa konversi yang perlu diingat. Konversi tersebut tentu bisa membutuhkan dalam pengukuran sistem daya. Nah, untuk konversi dari PK Ke BTU tersebut, yaitu: ½ pk >> 5.000 BTU/hr, ¾ pk >> 7.000 Btu/h, 1 pk >>9.000 btu/hr, 1 ½ >> 12.000 btu/hr, 2 pk >> 18.000 btu/hr, 2 ½ pk>> 24.000 btu/hr, dan 3 pk >> 28.000 btu/hr.

Biasanya untuk mengukur luas ruangan menggunakan ukuran kaki  atau feet. Hal ini sesuai dengan standar British (Inggris).  Sebagai contoh ketika luas tersebut 2 m, maka hasilnya 6 setengan kaki, dengan acuan 1 m yaitu 3,28 kaki.

Melakukan Perhitungan Kapasitas AC

Ketika hendak merencanakan untuk memasang sebuah AC, terdapat cara yang sederhana sehingga lebih mudah ketika digunakan untuk menghitung gedung yang kecil. 1 ruangan dihitung dengan luas kira-kira 600 BTU/h, dengan begitu hanya dengan mengkalikan 600 BTU/h dengan luas dari ruangan gedung.

Sebagai contoh ketikaa akan memasang AC di sebuah gedung dengan ukuran 20 m x 10 m = 200 m2. Jadi, untuk kapasitas AC yang dibutuhkan yaitu 200x 600 BTU/h = 120.000 BTU/h. Hal tersebut tentunya jika dikonversikan ke PK bisa dilihat di perbandingan dan hitungan perkalian penyetaraan yang telah ada.

Ketika bingung dengan cara tersebut, bisa juga dengan melakukan perhitungan berikut:

(P x T x N x L x A) / 60 = Kapasitas BTU

Adapun keterangan dari rumus tersebut yaitu:

  • P untuk panjang ruangan dalam satuan feet
  • T untuk tinggi ruangan
  • N besarnya dilihat dari insulasi yang ada. (Ketika ruangan berada di lantai dasar atau bawah, biasanya menggunakan nilai 10, jika  ruangan tidak berinsulasi maka menggunakan nilai 18).
  • L untuk lebar ruangan yang hendak dipasang
  • E untuk nilai 16 jika ruangan menghadap ke Utara, ketika menghadap ke Timur, maka nilai yang digunakan 17. Jika ruangan yang ada menghadap ke Selatan, nilainya 18 serta 20 jika menghadap ke Barat.

Yang perlu diperhatikan dari cara menghitung kapasitas AC gedung ini yaitu, kapasitas yang ada harus lebih tinggi dibandingkan dengan panas ruangan yang hendak dipasangkan. Dengan kata lain ketika hasil perhitungan 100.000 BTU/h, maka harus dinaikkan semisal 105.000 BTU/h atau yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =