Simak Cara agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Simak Cara agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es

Simak Cara agar Kulkas Tidak Ada Bunga Es

Kulkas yang banyak memiliki bunga es tentu sangat mengganggu. Bunga es juga seringkali menjadi masalah yang membuat kulkas tidak berfungsi dengan baik.  Lalu bagaimana sebenarnya cara agar kulkas tidak ada bunga es? Berikut ulasannya:

1. Jangan Terlalu Sering Membuka Pintu Kulkas

Membuka pintu kulkas terlalu sering tanpa disadari ternyata akan membuat suhu pada kulkas meningkat. Hal ini terjadi karena suhu ruangan di dalam rumah lebih hangat daripada suhu lemari es. Udara ruang inilah yang pada akhirnya menyebabkan suhu dalam kulkas menjadi lebih lembab.

Untuk itu usahakan supaya tidak membuka pintu kulkas terlalu sering dan yang paling penting jangan biarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama. Tutup kembali pintu kulkas setelah 1 menit dibuka untuk mengurangi pertukaran suhu dengan udara di luar lemari es.

2. Periksa Keadaan Gasket

Kerusakan pada gasket adalah salah satu penyebab terjadinya bunga es. Untuk itu memeriksa keadaan gasket secara berkala juga bisa menjadi cara agar kulkas tidak ada bunga es. Pastikan gasket tidak mengalami keretakan dan kering. Gasket yang retak dan kering akan menyebabkan tingkat rekat pintu pada kulkas menurun.

Apabila pintu tidak dapat menutup secara rapat, coba bersihkan bagian gasket menggunakan air dan kain. Usap secara lembut permukaan gasket sampai bersih. Namun bila gasket mengalami keretakan atau rusak maka segera panggil service center untuk memperbaiki dan mengganti gasket dengan yang baru.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara dalam Freezer

Menyimpan bahan makanan atau makanan  dalam freezer juga perlu diperhatikan supaya tidak terjadi bunga es.  Pastikan bahan makanan yang akan disimpan dalam freezer tidak dalam keadaan lembab dan berair supaya tidak menimbulkan bunga es.

Jangan memasukkan semua bahan makanan ke dalam freezer sehingga membuat freezer tidak memiliki cukup sirkulasi udara. Sirkulasi udara pada freezer penting dilakukan supaya suhu tetap terjaga.

Perhatikan juga pengaturan suhu pada kulkas supaya tidak terlalu rendah dan tidak menyebabkan pembekuan pada freezer secara berlebih. Usahakan suhu pada kulkas berada antara 1,6 derajat. Hal ini juga akan menimalisir tejadianya penbekuan berlebih yang menyebabkan bunga es bertumpuk dalam kulkas.

4. Jangan Pernah Simpan Makanan Panas dalam Kulkas

Terkadang seseorang akan menyimpan makanan hangat atau panas dalam kulkas supaya suhu makanan cepat berubah dari panas ke dingin. Namun sebenarnya cara seperti ini hanya akan membuat kulkas cepat rusak. Salah satu kerusakan yang ditimbulkan adalah munculnya bunga es pada freezer.

Tunggulah makanan hingga memiliki suhu yang paling tidak setara dengan suhu ruang sebelum kemudian dimasukkan dalam kulkas. Gunakan wadah tertutup apabila makanan yang dimasukkan mengandung air. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada uap air yang timbul dari makanan dan menyebabkan perubahan suhu dalam kulkas.

5. Bersihkan Kulkas

Menjaga kebersihan kulkas juga bisa mencegah terjadinya bunga es. Paling tidak bersihkan ventilasi pada kulkas sekali dalam 6 bulan. Bersihkan setiap sudut ventilasi dari kotoran dan sisa makanan yang menempel.

Hal ini dilakukan supaya ventilasi pada kulkas tidak tersumbat sehingga menghambat sirkulasi udara dalam lemari pendingin. Keadaan kulkas yang kotor bisa menyebabkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik sehingga menyebabkan terjadinya bunga es.

Itulah tadi cara agar kulkas tidak ada bunga es. Membersihkan kulkas secara berkala sebenarnya adalah salah satu solusi pencegahan agar kulkas terhindar dari bunga es. Selain itu dengan membersihkan kulkas, secara tidak langsung pemilik kulkas juga akan menemukan kendala yang menyebabkan terjadinya bunga es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − fifteen =