2 Cara Membersihkan Evaporator AC Rumah agar Tidak Mudah Rusak - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
2 Cara Membersihkan Evaporator AC Rumah agar Tidak Mudah Rusak

2 Cara Membersihkan Evaporator AC Rumah agar Tidak Mudah Rusak

Setiap perabot elektronik di rumah memiliki mekanisme berbeda saat akan membersihkannya, termasuk AC. Bagian tersulit ketika membersihkan mesin pendingin ruangan ini adalah evaporator. Tanpa pemahaman yang cukup, pemilik akan lebih kesulitan saat akan membersihkan komponen ini. Sehingga ada baiknya bila penghuni rumah memahami cara membersihkan evaporator AC rumah secara mendalam.

Membersihkan komponen AC yang terletak pada bagian luar akan lebih mudah, apalagi bila komponen bisa dilepas ketika sedang dibersihkan. Namun, ada teknik khusus yang perlu dipelajari sebelum membersihkan bagian evaporator yang terletak di dalam AC dan tidak dapat dilepas seperti komponen lain. Berikut penjelasan dari 2 cara membersihkan evaporator berdasarkan pembersih yang digunakan:

Membersihkan Evaporator Menggunakan AC Cleaner Spray

AC Cleaner Spray merupakan salah satu produk yang mampu membersihkan bagian berupa kisi-kisi pada mesin pendingin, baik AC mobil maupun AC rumah. Pembersih ini bekerja dengan cara disemprotkan pada bagian yang kotor, untuk melarutkan debu, jamur, hingga kuman yang menempel. Secara umum, bentuknya menyerupai botol semprot dengan larutan berbusa ketika digunakan.

Cara membersihkan evaporator AC rumah dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus. Cleaner Spray ini dapat ditemukan di toko maupun penjualan online. Pembersihan menggunakan Cleaner Spray sangat mudah dan cepat, namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya melapisi lantai dengan kain atau plastik agar tidak kotor terkena cipratan busa pembersih.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika hendak membersihkan evaporator menggunakan Cleaner Spray:

  • Pastikan AC dalam keadaan mati, kemudian lepas penutup dengan cara melonggarkan sekrup serta pengerat lainnya.
  • Lepaskan bagian penyaring atau filter sehingga bagian evaporator terlihat.
  • Lepaskan poros tengah yang berfungsi sebagai jalan keluarnya udara serta lepas perangkat pelindung lain yang menutupi AC.
  • Setelah evaporator terlihat jelas, aplikasikan AC Cleaner Spray hingga busanya rata ke seluruh bagian evaporator.
  • Tunggu hingga 15 menit sampai cairan pembersih meresap, seluruh busanya menghilang, dan evaporator mengering.
  • Pasang kembali seluruh komponen AC, kini evaporator telah selesai dibersihkan.

Memanfaatkan Aliran Udara Bertekanan

Selain menggunakan Cleaner Spray, pembersihan dilakukan dengan cara membersihkan evaporator AC rumah menggunakan aliran udara yang terkompresi. Udara yang bertekanan tinggi akan membuat kotoran terlepas dari komponen AC, sehingga lebih bersih. Usahakan menggunakan pelindung atau masker dan kacamata sebelum mulai membersihkan evaporator. Sebab, aliran udara yang kotor dapat mengganggu pernapasan.

Adapun langkah-langkah membersihkan evaporator dengan memanfaatkan udara bertekanan sebagai berikut:

  • Lepaskan perangkat pelindung AC agar evaporator terlihat dengan jelas.
  • Arahkan udara dengan cara menyamping membentuk sudut 90 derajat, sehingga kotoran dapat keluar.
  • Dekatkan ujung nosel udara pada area yang dianggap lebih kotor, agar debu mudah terangkat. Tahap ini diperlukan kehati-hatian agar kotoran tidak kembali ke bagian dalam evaporator yang sulit dijangkau.
  • Ulangi tahap pembersihan menggunakan udara bertekanan, agar seluruh debu benar-benar terangkat keluar.
  • Gunakan vacum cleaner untuk menyedot kotoran yang muncul setelah membersihkan evaporator.
  • Setelah seluruh bagian bersih, pasang kembali perangkat pelindung AC. Kini evaporator telah bersih dan AC siap digunakan kembali.

Itulah penjelasan dari 2 cara membersihkan evaporator AC rumah yang dapat dilakukan sendiri sehingga lebih menghemat pengeluaran. Agar memperoleh hasil AC yang bersih pada bagian indoor, ada baiknya ketika membersihkan evaporator diiringi dengan menyikat perlahan ke bagian yang kotor. Pastikan menggunakan bulu sikat yang halus, agar tidak merusak komponen AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + seventeen =