Pemicu Listrik Turun Saat AC Dinyalakan, Dan Cara Menanganinya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Pemicu Listrik Turun Saat AC Dinyalakan, Dan Cara Menanganinya

Pemicu Listrik Turun Saat AC Dinyalakan, Dan Cara Menanganinya

Sudah pernahkah Anda alami listrik turun saat AC dinyalakan ?. Ada yang saat pertama hidupkan AC MCB mendadak jeblok, ada pula yang selang beberapa waktu selanjutnya listrik jepret sendiri. Hal itu bukan hal yang aneh, karena permasalahan semacam itu kerap kali terjadi dipacu oleh beberapa elemen yang tidak reguler. Dan umumnya terjadi pada AC yang periode penggunaannya telah lama.

Pada dasarnya terjadi konsleting pada salah satunya elemen AC itu, hingga jika elemen itu barusan terserang tegangan listrik automatis speedolistrik akan turun alias jepret. Beberapa komponen yang kerap alami semacam ini yakni elemen yang berada di outside unit AC.

Karena di bagian berikut proses pendinginan terjadi dan elemen khusus dari semua elemen unit Air Conditioner. Walau begitu, bukan salah satu pemicu berlangsungnya konsleting hingga listrik turun saat menghidupkan AC. Karena PCB modul yang memiliki masalah misalkan ada jaringan yang terbakar juga bisa juga menyebabkan konsleting. PCB Modul yang dimaksud ialah yakni pusat control sirkuit yang terletak di bagian indoor unit.

Lalu elemen apa yang berada di out of doors unit yang dimaksud di atas ? Berikut sejumlah elemen yang mengakibatkan listrik turun saat AC dinyalakan.

Ampere mesin compressor tinggi melewati batasan optimal

Tentu saja Anda telah kenal kembali dengan istilah compressor ampere tinggi. Dalam kata lain ampere bisa juga disebutkan kemampuan, maka bila ampere tingga dapat disimpulkan kemampuan mesin compressor itu sudah melewati batasan optimal.

Misalkan AC pada tempat Anda three‚ĀĄfour PK dan disana tercantum ampere compressor 2,5 A. Sedang ampere pada panel MCB listrik 6 A, karena itu bila compressor itu alami ampere tinggi nilai ampere nya dapat lebih dari 2,5 A dan bisa juga melewati ampere pada MCB listrik itu barusan. Tentu saja hal MCB listirk itu tidak kuat dan pada akhirnya turun alias jepret.

Cara Menanganinya. Bila sebuah mesin compressor alami ampere tinggi tidak ada langkah lain kecuali tukar compressor. Meskipun sebenasnya bisa diperbarui dengan di gulung ulangi, tetapi umumnya hal itu tidak kuat tahan lama.

Kita dapat menukarnya dengan compressor baru atau cuman out of doors unit nya saja yang second. Apabila tidak ingin ribet langsung bisa tukar AC baru. Jika Anda ketertarikan outside unit second atau AC baru bisa juga langsung kontak contact kami untuk kepentingan order.

Kapasitor kurang kuat hingga menyebabkan konsleting listrik

Jika kapasitor kurang kuat bisa juga menyebabkan berlangsungnya konsleting. Misalkan saja kapasitor itu sampai ada tonjolan atau terbakar.

Manfaat kapasitor tersebut untuk simpan arus listrik sementara yang maksudnya untuk menolong menggerakan mesin compressor pertama kalinya AC dinyalakan.

Ini maknanya ini jadi factor yang menyebabkan listrik turun saat AC dinyalakan bukan ?. Keterangan komplet mengenai peranan kapasitor tersebut juga pernah di ulas pada tulisan saya lainnya. Silakan Anda baca : Ulas Habis Pemahaman dan Peranan Kapasitor pada AC Split.

Cara Menanganinya. Untuk menangani kapasitor yang hancur kita harus tukar sama yang baru. Untuk harga juga tidak demikian mahal, umumnya bergantung ukuran uF ( mikro ) dari kapasitor itu. Dianjurkan untuk menukarnya sama ukuran yang serupa dengan kapasitor bawaan AC tersebut.

Ada kabel yang mengelupas pada instalasi kelistrikan AC

Pemicu listrik turun saat AC dinyalakan setelah itu ada kabel yang mengelupas pada instalasi kelistrikan AC. Hal itu bisa terjadi entahlah karena kabelnya yang buruk atau tingkah tikus-tikus jahat yang ada dalam langit-langit rumah Anda.

Selanjutnya apa hubunganya dengan listrik yang turun saat kita menghidupkan AC ? Hubungan sudah pasti hal itu bisa juga berpengaruh berlangsungnya konsleting bukan bila kabel itu ada arus listriknya. Umumnya ini terjadi pada instalasi lama atau pada ikatan kabel yang buruk.

Cara Menanganinya. Salah satunya langkah untuk menangani ini kita harus mengeceknya langsung kabel instalasi itu. Silakan di check dengan cermat, apabila memang rupanya kabel itu tidak pantas gunakan seharusnya di tukar. Apabila ada ikatan yang buruk, seharusnya di benahi dengan di ikat ulangi agar lebih kuat.

Ampere pada panel MCB listrik begitu kecil atau telah kurang kuat

Jika di atas saya ucapkan ampere compressor, saat ini ada pula ampere MCB listrik. Misalkan panel MCB listrik Anda memakai yang 6 A, tapi panel itu Anda pakai untuk AC dan beberapa poin elektronik yang lain. Tentu saja dengan Anda memakai MCB 6 A tidak dapat mencover semua.

Atau bila Anda memakai MCB dengan ampere yang semakin besar, tetapi MCB itu telah hancur tentunya pun tidak kuat dan pada akhirnya jepret atau turun. Ditambah Anda memakainya secara bertepatan di saat yang serupa.

Cara Menanganinya. Bila memang permasalahannya semacam itu, seharusnya di tukar saja MCB itu dengan kemampuan ampere yang semakin besar hingga bisa mencover semua.

Daya listrik yang begitu rendah hingga tidak cukup buat menjalankan AC

Listrik pada tempat Anda cuman 900 watt, dan Anda saat ini memakai AC yang 1 PK sudah pasti hal itu akan membuat listrik turun.

Karena daya yang diperlukan untuk AC sama ukuran 1 PK sekitar 600 – 800 watt. Itu belum terhitung perlengkapan elektronik Anda yang lain seperti TV, kulkas, mesin pencuci, dan yang lain. Oleh karenanya, penting untuk seorang yang ingin memakai AC memerhatikan lebih dahulu berapakah daya listrik yang ia pakai sekarang ini.

Janganlah sampai kita telah beli AC rupanya listrik pada tempat Anda masih kurang. Oleh karena itu saat sebelum beli AC kita harus juga tahu berapakah daya yang diperlukan AC itu. Tentu saja Cara Menanganinya untuk permasalahan listrik turun saat AC dinyalakan akibatnya karena kekurangan daya listrik, kita harus juga menambahkan daya listrik itu. Silakan kontak PLN paling dekat, tetapi harus juga Anda ingat makin besar daya listrik pada tempat Anda karena itu bisa juga makin besar bill bulanannya.

Disamping itu, Anda bisa juga pilih AC yang irit listrik ( low watt ) seperti AC yang memakai tehnologi inverter. Dengan semacam itu Anda juga bisa juga lebih hemat dibanding memakai AC konservatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =