Menentukan Kapasitas AC Berdasarkan Besar Ruang Bangunan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Menentukan Kapasitas AC Berdasarkan Besar Ruang Bangunan

Menentukan Kapasitas AC Berdasarkan Besar Ruang Bangunan

Ada tiga type saat menentukan tipe AC untuk ruang Anda,tidak boleh salah pilih dari 3 type ini karena ini akan sangat punya pengaruh pada konsumsi daya listrik. Silahkan kita mengenali terlebih dahulu apakah itu BTU dan apa Itu PK,istilah istilah yang kerap kedengar dan digunakan dalam tentukan kemampuan AC yang akan diinstal. Untuk Anda yang ingin cari AC untuk kamar atau kantor, di bawah ini RUMUS untuk tentukan keperluan BTU AC Anda :

(L x W x H x I x E) / 60 = Keperluan BTU

L = Panjang Ruangan
W = Lebar Ruangan
I = Nilai 10 bila ruangan berinsulasi (ada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruangan lain). Nilai 18 bila ruangan tidak berinsulasi (di lantai atas).
H = Tinggi Ruangan
E = Nilai sixteen bila dinding paling panjang menghadap utara; nilai 17 bila menghadap timur; Nilai 18 bila menghadap selatan; dan nilai 20 bila menghadap barat ( jika jendela menhadap barat).

1 Mtr. = 3,28 Feet

Kemampuan AC berdasar PK:

AC ½ PK = ± 5.000 BTU/h
AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
AC 2 PK = ±18.000 BTU/h

Contoh Penghitungan:

Ruangan memiliki ukuran 5m x 5m atau (16 kaki x 16 kaki), tinggi ruang 3m (10 kaki) berinsulasi (berhimpit dg ruang lain), dinding panjang menghadap ke timur. Keperluan BTU = (16 x 16 x 10 x 10 x 17) / 60 = 7.253 BTU alias cukup hanya AC ¾ PK.

Paling mudah hitungnya dengan rumus berikut :

BTU : Panjang x Lebar x 500

Rumus di atas berlaku untuk ruang dengan tinggi langit-langit ruang normal dalam masyarakat kita, yakni seputar 2.5m – 3m. Di atas itu telah beda kembali perhitungannya, tiap mtr. ketinggian eternit / langit-langit akan diperlukan 1000 Btu kembali.

Kemampuan AC Btu Untuk Ruang Tegangan ½ PK 5000 Btu 3m x 3m 300 – four hundred Watt ¾ PK 7000 Btu 4m x 3m 500 – 600 Watt 1 PK 9000 Btu 4m x 4m 800 – 900 Watt 1 ½ PK Btu 4m x 6m a thousand – 1200 Watt 2 PK Btu 6m x 8m 1700 – 1900 Watt 2,5 PK Btu 8m x 8m 2200 – 2500 Watt three PK Btu 10m x 8m 5 PK Btu 10m x 10m Lantas apa sesungguhnya BTU itu? kok sales dan servis AC kerap bicarakan itu ?

BTU ialah ringkasan dari British Thermal Unit adalah unit energi yang dipakai di Amerika Serikat yang umumnya di artikan /jam, jadi unit BTU/hour. Unit ini masih tetap kerap ditemui di Britania Raya pada mekanisme pemanas dan pendingin lama. Saat ini unit ini mulai diganti dengan unit energi dari unit SI, yakni Joule (J).

1 BTU/hour ialah energi yang diperlukan untuk memanasi atau mendinginkan air sekitar 1 galon air (1 pound – seputar 454 gr) supaya temperaturnya naik atau turun sejumlah 1 derajat fahrenheit di dalam 1 jam. Hubungan dengan AC, BTU mengatakan kekuatan kurangi panas / mendinginkan ruang dengan luas dan keadaan tertentu sepanjang satu jam.

Orang pemula kerap menyebutkan kemampuan AC itu dengan PK, sesungguhnya yang dibutuhkan ialah unit enter dan output : enter nya berapakah Watt dan outputnya berapakah BTU/hour.

Lalu apakah yang dimaksud dengan PK ? kok ada half PK, three/4 PK, 1 PK, 2 PK dst ?

PK ialah ringkasan dari bahasa Belanda “Paardekracht” yang maknanya tenaga kuda, atau bahasa Inggrisnya ialah HP (horse energy).

1 PK = 735.5 watt / jam = 0.986hp

Bila ada AC 1 PK, itu ini berarti : tenaga listrik yang dipakai compressor AC ialah seputar 735,5 watt (ada pula yang ngomong 750 watt) di dalam 1 jam. Tetapi itu belum ditambahkan rugi daya, kipas pendingin indoor atau outside. Kadang AC 1 PK dapat mengisap listrik seputar 1 KWh bahkan juga lebih.

Mengapa ruang ber-AC harus tertutup dan jangan ada perokok ?

Supaya temperatur yang diharapkan terwujud, karena itu quantity udara di ruang yang akan didinginkan harus tetap.

Perputaran udara dalam ruangan ber-AC sangat lamban, hingga toksin rokok dapat makin menimbun.

Mengapa harus mempertimbangkan BTU dengan pas ?

Bila BTU perlu 4000, lalu Anda memakai AC 1 PK, karena itu ruang akan cepat dingin dan compressor akan kerap mati, hingga lebih irit listrik. Makin besar PK, makin besar keperluan listriknya. Demikian juga kebalikannya, bila BTU perlu 9000 tetapi Anda memakai AC 1/2 PK, karena itu AC akan lama untuk capai temperatur yang diharapkan, pada akhirnya justru terjadi pemborosan listrik.

Saat sebelum beli AC, yakinkan dahulu daya listrik dipasang di dalam rumah Anda masih memenuhi. Jika tidak memenuhi, Anda harus up-grade dahulu atau pilih untuk memakai AC type low watt.

Untuk AC dengan type inverter, seharusnya Anda beli AC dengan BTU semakin besar dari yang diperlukan. Hal tersebut supaya ruang bisa lebih cepat dingin hingga kerja compressor tidak ngoyo kerjanya, yang ini berpengaruh lebih irit listrik dan elemen lebih tahan lama.

Pemakaian Listrik

AC anda bekerja sangat keras setiap harinya. AC yang berada di ruang tidur dapat berpijar lebih dari 9 jam satu hari. Pasti logis jika anda pilih AC yang irit listrik. Pilih AC secara pas karena pemakaian AC yang tidak tepat bisa boroskan ongkos bill listrik anda. Misalkan AC ruang tidur anda yang berpijar lebih dari 9 jam satu hari bahkan juga lebih pasti penting anda pilih AC yang irit listrik.

Yakinkan anda memperbandingkan AC sesudah dijumpai PK yang anda perlukan dari AC anda. Misalkan ruang saya ini pakek 1Pk atau 1,5PK itu dapat di kalkulasi pemakaian daya listriknya. Dan tidak boleh memperbandingkan AC zero.5 PK dengan AC 1.5 PK karena itu ibarat memperbandingkan apel dan jeruk begitu jauh berbeda.

Di saat memperbandingkan anda pun harus hitung berapakah watt pemakaian AC di saat tarikan awalnya (pertama dinyalakan) sampai di saat berjalan. Karena AC type inverter akan memakai daya listrik yang semakin tinggi di saat tarikan awalnya sesudah AC berjalan akan memakai daya listrik normal.

Type Standar, Low Watt atau Inverter ?

Ada tiga type saat menentukan tipe AC untuk ruang Anda, tidak boleh salah pilih dari 3 type ini karena ini akan sangat punya pengaruh pada konsumsi daya listrik. Pada Type Split AC sekarang ini dipisah jadi 3 type yakni AC Standar, AC Low Watt dan AC Inverter. Type AC Low Watt secara pemahaman ialah sama dengan type Standar yang pemakaian daya pada kompressornya dikurangi agar irit listrik. Type AC Low watt umumnya pas dipakai untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Dengan demikian langkah kerja AC type low watt dan type normal ialah sama.

Berlainan dengan type inverter di mana AC inverter akan bekerja demikian keras di tarikan awalnya karena untuk mendinginkan ruang secara cepat. Ini perbedaannya dengan type low watt, jika type inverter dapat bisa lebih cepat mendinginkan satu ruang.Sedang type low watt memerlukan waktu cukup lama untuk mendinginkan satu ruang.Tapi di saat temperatur ruang telah capai temperatur yang disetel di remote karena itu AC inverter akan kurangi performanya hingga pemakaian watt akan lebih rendah. Type AC inverter menggunakan watt yang sangat besar untuk tarikan awalnya di saat menghidupkan AC, lalu pemakaian watt akan turun dan relatif rendah di saat ruang telah dingin.

Berikut ringkasan langkah gampang pilih type AC yang pas :

* Rumah anda mempunyai daya listrik rendah -> Pakai AC Low Watt
* Pintu ruang AC anda kerap dibuka tutup -> Pakai AC Standar
* AC Anda kerap dimati hidupkan -> Pakai AC Low Watt
* AC anda cuman bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali gunakan) -> Pakai AC Standar atau Low Watt
* AC anda nyala pada keadaan lama (6 jam+) di ruang yang tidak membuka tutup (contoh di ruangan ruang tidur, ruangan server) -> Pakai AC Inverter

Feature Tambahan

AC saat ini sudah diperlengkapi bermacam jenis feature tambahan seperti feature yang bisa hilangkan berbau tidak lezat dan kurangi bakteri virus pada udara.

Banyak feature tambahan yang tidak bermanfaat pada AC anda. Dari semua feature itu ada feature yang kami mereferensikan saat anda beli AC yakni feature pencuci udara dan pembasmi berbau tidak lezat. Feature ini mempunyai nama yang lain beda di tiap merek AC, jika anda tidak tahu jadi yakinkan tanya ke penjualnya lebih dulu.

Misalkan pada merek Sharp, Feature ini disebutkan dengan tehnologi Plasmacluster. Yakinkan anda cari Feature sama pada merek yang lain, karena dengan feature ini akan membuat ruang anda semakin nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =