AC Bocor dan Trik Menanggulangi Air Menetes Di Indoor AC Split
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
AC Split Adalah

Penyebab AC Bocor dan Trik Menanggulangi Air Menetes Di Indoor AC Split

Masalah AC yang kerapkali kita jumpai dirumahan, kantor atau hotel ialah persoalan air yang menetes di unit indoor AC Split. Satu diantaranya yang memicu air menetes di indoor ini kebanyakan muncul karena minimnya perawatan/pembersihan yang teratur dan terjadwal. Umumnya, pemicu ac bocor berlangsung lebih kurang enam bulan seusai pembelian dan tiap-tiap tiga bulan bila tak di-service. Oleh sebab itu, kebocoran di ac wajar berlangsung.. Kebanyakan masalah ini biasa kejadian pada bagian kiri atau kanan unit indoor AC, terkait dari penempatan pipa pembuangan air. Pipa pembuangan air berperan salurkan tetes air yang datang dari sisi evaporator. Tapi, kita harus mencermati kebocoran itu adalah satu persoalan ataulah bukan. Sebetulnya, resapan air yang keluar dari ac adalah hal yang berkala. Tapi, bila air yang keluar kebanyakan jadi ada peluang bila ac alami persoalan.

Untuk itu, kita perlu pahami penyebab-penyebab ac bocor biar pas memutuskan pengurusannya.

1. Keluar Air dari AC karena Proses Kerja

Biasanya, AC benar-benar keluarkan air yang disebut sisi proses dari kerja. Soal ini berlangsung disebabkan dari proses alami di pipa yang maknanya AC alami kondensasi yang disebabkan ketidakcocokan temperatur yang cukuplah tinggi di pipa dengan temperatur yang ada pada luar.

Rata-rata situasi ini berlangsung di AC yang telah digunakan lebih dari selama 5 tahun karena pembungkus pipa (Armaflex) sudahlah tidak wajar dipakai. Sebab itu, keutamaan terus mengerjakan perawatan di AC secara teratur.

Trik menangani pemicu ini sudah pasti dengan mengubah pembungkus pipa atau armaflex sama yang baru, dan pastikan memasangnya secara benar dan tanpa sela.

2. Aliran Pembuangan Air Mampet

Pemicu AC bocor juga dapat disebabkan mampetnya saluran pembuangan air tetes di AC. Soal ini kali saja disebabkan terdapatnya kotoran serta debu yang menempel di AC.

Rata-rata air tetes dalam unit akan terbuang keluar waktu menyaa lewat aliran pembuangan. Tapi, bila aliran pembuangan penuh atau mampet kotoran jadi automatis pembuangan air akan juga terhalang yang membikin tetes air keluar lewat unit indoor.

Trik menanggulanginya, sudah pasti dengan bersihkan aliran pembuangan talang belakang. Tekniknya dengan lepaskan pipa ikatan di unit indoor biar unit indoor dapat dilepaskan dari serangkaian instalasi. Seusai unit indoor sukses dilepaskan, semprot talang di pembuangan air hingga bersih dan seluruhnya kotoran keluar.

3. Kemiringan AC Kurang Pas atau Salah Instalasi

AC bocor juga dapat disebabkan kekeliruan instalasi penempatan. Rata-rata AC terpasang lumayan miring mengarah luar sisi belakang biar air dapat mengucur ke luar tuju aliran pembuangan. Penempatan yang tak betul akan membikin air merembas dan menetes keluar mesin lalu sebabkan kebocoran karena air tak tersalurkan keluar tuju aliran pembuangan.

Trik menanggulanginya sudah pasti dengan mengerjakan instalasi ulangi melalui cara buka chasing unit lalu menata ulang kemiringannya yang sesuia agar air dapat menetes dan mengucur keluar lewat aliran pembuangan.

4. Terdapatnya Debu dan Kotoran

Yang sangat umum, pemicu AC bocor disebabkan terdapatnya kotoran, debu, dan benda yang lain yang menyumpal aliran pembuangan. Penumpukkan debu akan membikin air yang keluar cari lajur dan lubang yang lain dalam AC untuk keluar. Perihal ini pula yang sebabkan kebocoran AC karena air keluar lewat lajur yang tak normal.

Tumpukan debu yang seterusnya akan menyebabkan perkembangan jamur sangatlah beresiko bila tak selekasnya dibuat bersih. Soal ini disebabkan jamur yang tumbuh dapat menyebab lewat udara yang dibuat oleh AC yang membikin udara di ruang jadi tak bersih dan kurang sehat.

Trik menanggulanginya sudah pasti dengan teratur mengerjakan upkeep atau servis di AC minimal enam bulan sekali untuk bersihkan kotoran-kotoran dan debu yang ada di unit.

5. Air Menetes di Sela Tersembunyi

Kebocoran AC dapat juga diakibatkan karena air yang mendadak keluar dari sela tersembunyi. Rata-rata sela itu akan nampak waktu dicheck memakai senter karena ukuran yang lumayan kecil.

Sepeti sebelummnya telah dibahas, yang memicu air menetes di indoor AC kerap disebabkan minimnya perawatan/pembersihan di unit AC itu. Sesungguhnya untuk menanggulangi masalah ini bisa dianggap mpersoalan ringan, serta bisa kita tangani kita tangani sendiri dengan cara seperti berikut :

  1. Persiapkan perabotan kerja AC, perabotan kerja AC yang dipakai untuk bersihkan pipa pembuangan di unit indoor ialah obeng (+), Obeng (-), pompa steam/jet pump atau untuk alternative lain juga bisa memakai selang air.
  2. Pindahkan seluruh barang yang berada di bawah indoor, khususnya barang electronic.
  3. Kalau memakai pompa steam, sajikan sebuah ember yang sudah diisi air, serta koneksikan selang pompa steam sama air itu. Dan bila memakai selang air, jadi koneksikan selang air dengan keran.
  4. Membuka tutup baut di casing bodi indoor dengan memakai obeng (-) serta membuka baut di casing memakai obeng (+).
  5. Membuka casing bodi indoor dengan langkah menarik sisi atas casing physique indoor keatas untuk melepaskan casing dari pengaitnya.
  6. Seusai casing telah terbuka, tempatkanlah di area yang aman untuk mengelak kemungkinan hancur atau patah karena jatuh atau terinjak.
  7. Jagalah sisi PCB indoor dengan plastik untuk mengelak cipratan air saat dilakukan proses pembersihan.
  8. Membuka aliran pipa pembuangan serta membersihkan pipa pembuangan itu dengan menyemprotkan air bertekanan yang datang dari pompa steam atau dari selang air yang telah terjalin dengan keran.
  9. Pasang lagi aliran pipa pembuangan, casing bodi indoor dan komplet dengan baut-bautnya seperti posisi awal.

Persoalan yang bisa bikin indoor teteskan air pun di karenakan oleh kondensasi pipa instalasi di AC. Kondensasi disebabkan ketaksamaan temperatur yang berlangsung dalam pipa AC berbeda dengan temperatur di luar pipa. Hingga pipa menciptakan air yang bisa menetes keluar. Sesungguhnya ini telah ditangani adanya pembungkus pipa yang dimaksud dengan armaflex. Armaflex telah dipasang saat kali pertama penempatan unit AC. Akan tetapi kalau armaflex ini telah hancur atau pada kondisi tidak baik. Jadi diperlukan penggantian untuk menanggulangi biar air tidak menetes kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =