Kelebihan AC Window Dibandingkan AC Lainnya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Kelebihan AC Window Dibandingkan AC Lainnya

Kelebihan AC Window Dibandingkan AC Lainnya

Bertempat tinggal di wilayah yang memiliki suhu udara tinggi tentunya membuat gerah. Orang-orang kemudian memasang AC di rumah agar suhu tidak terlalu panas. Dari berbagai macam AC yang sudah tersedia di pasaran, beberapa masih menggunakan model AC Window. Meskipun tergolong kuno, namun ada kelebihan AC Window yang tidak boleh diremehkan.

1. Harga Terjangkau

Dibandingkan dengan AC model lainnya, pendingin ruangan model jendela ini tergolong memiliki harga terjangkau. Ini sangat cocok bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yang membutuhkan pendingin ruangan dengan harga terjangkau dan tidak membutuhkan banyak ruang. Salah satu alasan mengapa harganya murah adalah komponennya belum modern dan biaya pembuatannya tidak mahal.

Disisi lain, instalasi dan pemasangannya tidak membutuhkan banyak kabel dan perlengkapan lainnya, sehingga biayanya bisa dipangkas. Ukurannya yang mini juga menjadi salah satu alasan mengapa harganya lebih murah. Sayangnya keberadaan AC di era modern saat ini sudah limit dan mencarinya tidak mudah.

2. Hemat Energi

AC ini menjadi salah satu pendingin ruangan yang konsumsi daya listriknya tidak sebanyak model AC lainnya. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan AC portable, pendingin udara ini mampu mendinginkan ruangan tertentu dengan cepat. Konsumsi daya yang rendah ini tentu menjadi keuntungan tersendiri karena bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk tagihan listrik.

3. Tidak Membutuhkan Banyak Ruang

Kelebihan AC Window selanjutnya adalah pemasangannya tidak membutuhkan banyak ruang. Alasannya karena pendingin udara ini bisa dipasang langsung di area jendela rumah dimana saja. Kondisi ini berbanding terbalik dengan model AC modern yang membutuhkan space tempat lebih luas dan harus sesuai.

Ini berarti pembeli tidak perlu repot-repot mencari space ruang untuk pemasangannya dan tinggal mencari area jendela mana yang cocok dipasang. Jika ingin dipindahkan ke area jendela lain juga bisa, tinggal melepaskannya sesuai dengan cara yang dianjurkan. Namun ketika memasang maupun melepaskannya harus tetap berhati-hati .

4. Instalasi Mudah

Apabila dibandingkan dengan model pendingin udara lainnya, AC Window ini memiliki keunggulan dalam hal instalasi atau pemasangan. AC modern biasanya membutuhkan beberapa kabel tambahan dan perlu memasang unit outdoor sebelum akhirnya bisa digunakan. Pemasangan dua unit berbeda ini tentunya tidak bisa dilakukan sendiri dan harus orang yang ahli.

Kondisi ini berbeda dengan AC Window yang instalasinya sangat mudah, bahkan tidak perlu memanggil teknisi untuk memasangnya. Pemasangan unit indoor dan outdoornya bisa dilakukan dengan mudah asalnya mengikuti petunjuk instalasi yang benar. Pastikan memiliki peralatan yang memadai jika ingin memasang sendiri.

5. Perawatan dan Pemeliharaan Mudah

Umumnya agar AC dapat bertahan lama atau tidak mudah rusak, maka harus di service dalam jangka waktu tertentu. Biaya service AC bisa dikatakan tidak murah, apalagi kondisi pendingin udara mengalami masalah seperti kebocoran dan sejenisnya. Perawatan atau service pada AC modern umumnya memanggil teknisi ke rumah.

Jika menggunakan AC Window, maka tidak perlu memanggil teknisi ke rumah. Perawatan dan pemeliharaan model AC ini tergolong mudah, yaitu cukup dibersihkan bagian luar dan dalamnya menggunakan kuas secara berkala. Pengecualian jika memang ada komponen yang bermasalah dan mengharuskan mendatangkan teknisi datang ke rumah.

Setiap AC tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan AC Window yang paling menonjol adalah instalasinya mudah, sehingga tidak perlu repot-repot mencari teknisi untuk memasangnya. Biaya perawatannya juga tidak banyak, sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan dan bisa dialihkan untuk biaya lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =