Cara Menambal Evaporator Freezer Box Dengan Benar - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Evaporator Freezer Box

Cara Menambal Evaporator Freezer Box Dengan Benar

Evaporator freezer box merupakan salah satu komponen paling penting dalam kulkas. Bagian ini bahkan sering kali mengalami kerusakan karena pengguna tidak cukup cermat dalam menggunakannya. Salah satu penyebab kerusakannya adalah karena terlalu tergesa-gesa mengambil es dari freezer. Bisa juga karena menggunakan benda tajam saat mengambil makanan yang masih membeku. Lantas, bagaimana cara menambal evaporator freezer box? Penasaran? Berikut ini caranya:

1. Matikan Aliran Listrik Evaporator Freezer Box

Cara menambal Evaporator Freezer Box yang pertama adalah matikan aliran listrik. Cara ini, dapat dilakukan dengan mencabut stekernya. Tujuannya, agar saat menambal pengguna tidak kesetrum, sehingga penambalan akan aman dari bahaya. Berikutnya, ambil lap kering untuk membersihkan es di freezer. Namun, lebih dahulu pastikan bahwa air sudah mencair, kemudian dilap sampai kering dan tidak ada air yang melekat di dinding freezer.

2. Ganti dengan Evaporator Baru

Walaupun ingin menambal Evaporator, pastikan tetap memperhatikan model evaporator. Tidak hanya itu, lihat juga kualitas yang dimiliki evaporator. Jika kondisi evaporator tidak layak, misalnya berkarat maka harus diganti. Namun, perhatikan juga evaporator yang sesuai dengan kulkas. Alasannya adalah karena ini akan mempengaruhi estimasi kerja kulkas. Pastikan juga, cara menambal Evaporator Freezer Box dilakukan secara cermat, sehingga, hasilnya sesuai yang diharapkan.

3. Gunakan Lem Hijau Untuk Merekatkan

Kemudian  cara berikutnya untuk menambal Evaporator adalah gunakan lem hijau. Benda ini merupakan lem khusus untuk memperbaiki evaporator freezer box. Selain itu, penggunaan dari lem ini juga untuk menempel bagian yang bocor. Agar perekatan semakin kuat dan tahan lama, maka bisa tambahkan dengan lem lainnya. Misalnya, menggunakan lem jenis alteco dan bedak. Tujuannya, adalah agar proses penembakan berjalan mudah, dan pastinya tidak mudah rusak begitu saja.

4. Memanfaatkan Kawat Evaporator

Cara menambal Evaporator  selanjutnya, adalah cobalah gunakan  kawat khusus. Cara sangat  efektif sekali agar hasil penambalan semakin kuat. Tidak hanya itu, pada proses pengerjaan penambalan menggunakan kawat, kondisi kawat harus benar-benar bersih dan steril, agar terhindar kuman maupun bakteri. Tujuannya, agar hasil penambalan tidak mengecewakan.

Ditambah lagi, jika proses pengerjaan dengan kawat ini tidak tepat, maka akan membuat kondensor sulit bergerak. Apalagi, pemanfaatan kawat tipe ini akan menghilangkan sisa minyak di dalam freezer box. Setelah itu, turunkan bagian blessing freon di kulkas.

4. Gantilah Oli Kompresor Di Dalam Kulkas

Lalu, cara menambal Evaporator Freezer Box adalah gantilah Oli Kompresor yang ada di dalam kulkas. Tujuannya adalah agar air yang tercampur tersebut tidak terlihat keruh. Selain itu, cara ini terbilang sangat praktis karena akan membuat kondisi air jadi bersih. Pastikan filter kapiler terganti, Proses ini akan berpengaruh pada pengisian ulang gas. Bukan hanya itu, freon yang bekerja juga akan terhambat, Jika terjadi kebocoran gas. Alhasil, seluruh filter kapiler rusak seketika.

5. Berikan Tanda Penyegelan di Area Pipa

Terkahir, cara untuk melakukan penambalan adalah berikan penanda di sekitar penyegelan. Tujuannya adalah untuk memberikan penanda besar dan kecilnya suhu di sekitar freon. Misalnya, yaitu berada di posisi 10 hingga 15 psi. Sehingga, efek tinggi akan lebih terasa. Tanda di area pipa bertujuan untuk menstabilkan kondisi evaporator agar berjalan maksimal. Apalagi, ini akan berpengaruh kepada hasil kerja yang dihasilkan. Selain itu, pipa juga berfungsi untuk mengatur kadar udara serta kondensasi agar berjalan optimal.

Demikian informasi menarik seputar tentang cara menambal Evaporator Freezer Box yang tepat. Semoga, info ini bisa memberikan edukasi dan inspirasi. Tidak hanya itu bagian terpenting dalam melakukan ini adalah pastikan melakukannya dengan cermat dan efektif, agar hasilnya sempurna dan tidak mudah rusak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + fourteen =