Ciri Ciri Kompresor AC Split Kurang Oli segera Perhatikan Supaya Tidak Membesar - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
SHARP AC LOW WATT 1 PK

Ciri Ciri Kompresor AC Split Kurang Oli segera Perhatikan Supaya Tidak Membesar

Kompresor merupakan salah satu bagian terpenting dari AC dan harus diperhatikan dengan baik kondisinya. Karena kalau mengalami kerusakan, maka tentu akan menyebabkan ac menjadi tidak berfungsi. Salah satu yang memungkinkan adalah kompresor ac kurang oli. Bagi yang belum mengetahuinya, berikut ini diberikan bagaimana ciri ciri kompresor ac split kurang oli.

1. AC Tidak Dingin

Tanda pertama adalah ac menjadi kurang dingin. Bahkan pada beberapa kasus ac justru mengeluarkan hawa panas. Tentunya hal itu membuat suasana di rumah ataupun tempat sekitar ac menjadi tidak nyaman. Namun perhatikan juga apakah pintu ataupun jendela di sekitarnya sudah tertutup rapat. Sebab bukan tidak mungkin penyebab ac tidak dingin karena pengaruh udara luar.

2. Kompresor Panas

Seperti yang sudah dibilang sebelumnya kalau ac bisa mengeluarkan hawa panas, dan mungkin penyebabnya karena kompresor panas. Karena tidak jarang ac digunakan selama 24 jam tanpa henti. Hal tersebutlah yang kemungkinan membuat kompresor menjadi kurang oli. Diperparah dengan konsumen yang tidak peka akan hal tersebut akhirnya kompresor menjadi sangat panas.

3. Sering Mati

Ciri ciri kompresor AC split kurang oli selanjutnya adalah kompresor menjadi sering padam, dan tentunya ini memberikan akibat ke ac. Ac akan sering padam juga, bahkan pada beberapa kesempatan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Padahal ini hanya disebabkan karena kompresor kurang oli saja, tapi ternyata memberikan dampak yang sangat besar bagi ac.

4. Mengeluarkan Bunyi Bising

Pasti akan sangat tidak nyaman kalau ac yang digunakan mengeluarkan bunyi berisik yang mengganggu. Ada banyak hal yang mungkin menjadi penyebabnya, dan kekurangan oli di kompresor menjadi salah satunya. Namun kebanyakan konsumen tidak berpikir demikian, dan berpikiran masalah lainnya yang lebih berat. Padahal mungkin saja penyebabnya sepele yakni kurang oli.

5. Freon Bocor

Percaya atau tidak hanya karena oli yang kurang pada bagian kompresor bisa membuat Freon menjadi bocor. Tentunya kalau Freon sudah bocor, pasti konsumen sudah mengetahui hal apa yang terjadi selanjutnya. Benar sekali, dinginnya ac tidak akan menjadi optimal. Selain itu juga pada beberapa kesempatan akan menimbulkan masalah lain seperti tidak mudah dinyalakan.

6. Tidak Adanya Air Pembuangan

Memang kalau jumlah air pembuangan terlalu banyak juga tidak baik, tapi kalau sangat sedikit dan sampai kering tentunya itu juga tidak benar. Mungkin ada yang salah di bagian kompresor dan salah satunya karena kekurangan oli. Jadi kalau air pembuangan jumlahnya sudah sangat sedikit bisa jadi karena kompresor kurang oli.

7. Bau yang Tidak Sedap

Terakhir yang mungkin terjadi adalah adanya bau yang tidak sedap keluar dari alat pendingin ruangan ini. Padahal kalau ac tersebut mesinnya dalam kondisi sehat, tidak mungkin akan ada bau yang keluar dari mesinnya. Hal ini mungkin saja terjadi karena ada sesuatu yang tidak beres seperti kompresor yang kekurangan oli.

Sebenarnya kompresor kekurangan oli bukanlah sesuatu yang berbahaya kalau ditangani dengan tepat. Hanya saja banyak yang tidak menyadari hal tersebut sedari awal. Akibatnya justru masalah kecil itu menjadi lebih besar. Saat sudah menjadi besar itulah baru konsumen sadar kalau ada yang salah, dan kemungkinan besar menjadi sulit untuk dibenahi.

Kalau sudah seperti itu, maka kemungkinan ac malah menjadi rusak total dan tidak bisa diperbaiki sama sekali. Oleh sebab itu perhatikan ciri ciri kompresor ac split kurang oli dengan begitu jika terjadi kerusakan kecil masih bisa dibenahi. Hasilnya ac masih tetap bisa digunakan, dan tidak perlu membeli yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =