Istilah PK Dalam AC Menjadi Kunci Keberhasilan Pemasangan AC - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0

Istilah PK Dalam AC Menjadi Kunci Keberhasilan Pemasangan AC

Ac menjadi salah satu perlengkapan elektronik yang terbilang penting terlebih di Indonesia yang memiliki musim seperti panas. Ketika hendak melakukan pemasangan AC, tentu harus memperhatikan PK yang ada. Istilah PK dalam AC ini menjadi sangat penting karena berhubungan dengan tepat tidaknya saat melakukan pemasangan AC.

Terkadang banyak orang yang melakukan pemasangan AC namun tidak memahami bagaimana kapasitas ruangan yang ada. Adanya hal tersebut menjadikan ruangan tidak akan maksimal saat menggunakan sebuah AC. Nah, agar lebih paham tentang hal ini, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu PK?

Jika ada yang bertanya-tanya apa itu istilah PK dalam AC, maka secara gamblang merupakan sebuah  ukuran yang biasa digunakan untuk menyatakan kemampuan Air Conditioner untuk mendinginkan ruangan yang ada. Istilah ini berasal dari Belanda. Untuk singkatan dari PK itu sendiri yaitu Paard Kracht. Terdapat perbedaan suhu yang akan dihasilkan ketika mampu menghitung PK secara benar atau tidak.

Perlu diketahui bahwa dalam satu paard Kracht ini memiliki ukuran 735,5 watt. Ketika kita ubah menjadi Horsepower, maka ukuran yang ada menjadi 0,986. Jika hendak menggunakan satu PK, maka bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan dengan luas 50 m3.  Namun dibalik itu semua, sangat penting sekali sumber panas dalam ruangan tersebut untuk diketahui, hal ini agar perhitungan bisa tepat.

Bagaimana Menentukan PK Berdasarkan AC?

Agar bisa tepat saat memasang pendingin, maka perlu diketahui bahwa AC yang memiliki 1/ PK memiliki satuan kurang lebih 5.0000 BTU/400 watt. Untuk ukuran tersebut bisa digunakan pada ruangan 3×3 m2. Jika menggunakan ¾ PK, maka ruangan yang bisa digunakan yaitu 3×4 m2 dengan satuan daya 7.000 BTU atau 600 watt.

Ketika hendak memasang pada ruangan dengan ukuran 6×6 m2,  maka diperlukan 2 ½ PK atau setara dengan 2.570 watt atau 24.000 BTU. Jika hanya memasang pada ruangan 5×6, bisa dengan menggunakan 2 PK saja. Besarnya PK juga berhubungan dengan faktor seperti halnya lokasi serta banyaknya orang dalam ruangan.

Perhitungan Ruangan Dengan PK

Saat hendak melakukan pemasangan penting juga melakukan pengukuran tinggi sebuah ruangan. Secara sederhana, perhitungan tersebut yaitu dengan mengalikan antara panjang dengan lebar ruangan serta 500 BTI. Perlu diperhatikan bahwa ketika ruangan memiliki tinggi lebih dari tiga meter, menggunakan kelipatan seribu BTU pada setiap meternya.

Dengan cara seperti itulah nantinya ruangan akan terasa dingin dan maksimal saat menggunakan AC. Perhitungan yang tepat menghasilkan udara yang tepat .

Hal Penting Yang Berhubungan Dengan PK

Selain pengetahuan tentang perhitungan, ada beberapa  hal lain yang harus diketahui saat hendak melakukan pemasangan pendingin. Adapun beberapa hal tersebut diantaranya:

  • Ketika terdapat ruangan yang dirasa teduh dalam perhitungan BPU bisa dikurangi hingga 10%.pastikan untuk menambah sampai 10% ketika ruangan memiliki cahaya matahari yang lebih banyak.
  • Untuk dapur yang hendak dipasang AC, bisa ditambahkan 4.000 BPU.
  • Sangat penting untuk melakukan perhitungan daya listrik yang ada setelah memiliki niat untuk melakukan pendinginan ruangan. Hal tersebut karena berimbas pada daya kurang dan mengakibatkan mati mendadak.
  • Meskipun dalam melakukan pemasangan akan banyak sekali fitur yang ada, namun pastikan untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang ada saja.

Meskipun istilah PK dalam AC erbilang sepele, namun imbas yang dihasilkan sangatlah besar. Tentunya hal itulah yang menjadikan pengetahuan sebelum melakukan pemasangan air conditioner saga renting untuk hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eight =