Ciri-Ciri Freon AC Habis Yang Wajib Diperhatikan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
spesifikasi kulkas sharp sj 237 mg

Ciri-Ciri Freon AC Habis Yang Wajib Diperhatikan

Berbicara mengenai AC pasti tidak lepas dari senyawa yang bernama freon. Freon ini merupakan fluida yang berfungsi untuk menyerap beban pada pendingin ruangan. Hingga saat ini belum ada senyawa lain yang bisa menggantikan komponen freon ini. Dengan demikian, sangat wajib untuk memperhatikan ciri ciri freon AC habis.

Pasalnya, jika freon AC sudah habis akan menimbulkan ketidaknyamanan saat AC sedang digunakan. Bahkan, bisa juga sampai mengganggu kesehatan. Mengingat begitu pentingnya keberadaan freon di dalam mesin AC, sebaiknya perhatikan ciri-cirinya jika senyawa itu habis.

1. Pipa Pada AC Sudah Tidak Terasa Dingin

Pipa AC yang sudah tidak terasa dingin bisa jadi indikasi jika freon telah habis. Komponen pada AC ini berfungsi untuk menurunkan tegangan pada refrigator. Selain itu, pipa ini juga dapat mengatur aliran tekanan udara dari refrigator menuju evaporator.

Apabila pipa ini sudah menunjukkan kejadian ini biasanya akan muncul bunga-bunga es. Jika sudah seperti itu, sebaiknya tidak perlu lama-lama untuk menggantinya dengan freon yang baru.

2. AC Tidak Memberikan Suasana Udara yang Dingin

Penggunaan AC untuk sebuah ruangan dimaksudkan supaya suhu serta kelembapan udara bisa diatur sedemikian rupa. Ruangan biasanya akan terasa sejuk dan mengeluarkan udara dingin. Jadi, sudah menjadi pertanda jika freon pada AC telah habis. Sebab, dengan adanya freon inilah AC mampu menyerap beban pendingin ruangan.

3. Muncul Kebocoran Air yang Keluar Dari Pipa Kapiler

Bagian evaporator AC yang mengalami penggumpalan bisa menyebabkan kebocoran air. Evaporator ini berfungsi untuk menyerap panas yang ada pada udara. Kemudian, akan disalurkan pada komponen pendingin atau refrigator.

4. Komponen Pada AC yang Diletakkan Di Luar Tidak Terasa Panas

Dalam pemasangan AC umumnya terdiri atas dua komponen. Komponen tersebut diletakkan pada bagian dalam dan bagian luar ruangan. Apabila bagian luar jika dipegang tidak terasa panas, maka perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini. Karena, bisa menjadi pertanda freon AC telah habis.

5. Lampu Indikator Tidak Bisa Berkedip

Lampu indikator pada AC yang tidak berkedip bisa menjadi salah satu ciriĀ  ciri freon AC habis. Komponen ini menjadi sensor pada beberapa komponen lain pada AC. Di antaranya adalah indikator tekanan pada freon, dan bagian kompresor AC.

6. Muncul Gejala Keracunan

Apabila ciri ciri freon AC habis seperti yang telah dipaparkan di atas tidak disadari dan diperhatikan, bisa menimbulkan masalah yang mengganggu kesehatan. Gejala yang sering muncul yaitu keracunan seperti mual dan sesak nafas. Memang, senyawa jenis freon ini tidak memiliki warna dan tidak mengandung bau, sehingga tidak mengherankan jika tercemarnya udara oleh adanya freon ini sulit dideteksi sejak awal.

7. Tagihan Listrik Meningkat

Freon pada AC yang sudah habis dapat menyebabkan kinerja AC menjadi semakin berat. Tentu saja hal ini akan membuat tagihan listrik juga akan semakin meningkat. Mengapa demikian? Karena, daya listrik yang digunakan akan semakin besar.

Misalkan penggunaan AC dirasa hanya seperti biasanya, namun tagihan listrik naik drastis. Hal itu bisa diantisipasi dengan rutin melakukan pemeriksaan pada bagian freon AC. Dengan begitu, tidak akan ada lagi kebocoran listrik yang boros.

Tentu saja, jika sudah menjumpai beberapa ciri ciri freon AC habis seperti pada penjelasan di atas, jangan tunda lagi untuk mengganti dengan freon yang baru. Supaya tidak membuat komponen lain pada AC menjadi rusak dan tagihan listrik bulanan melonjak. Bahkan, yang akan lebih berbahaya lagi jika mengakibatkan gangguan pada kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =