Cara Termudah Menambah Isi Freon AC Rumah - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Isi Ulang Freon

Cara Termudah Menambah Isi Freon AC Rumah

Ac memang sudah menjadi salah satu hal sering digunakan dalam mendinginkan rumah. Walaupun masih banyak menggunakan kipas sebagai pendingin, tapi kehadiran ac rumah termasuk lebih simple dibandingkan kipas. Sama seperti kipas, ac juga butuh perawatan dalam penggunaanya, termasuk penggantian Freon ac. Berikut adalah cara isi freon ac rumah, antara lain:

1. Pastikan AC Telah dalam Keadaan Mati

Sebelum mulai untuk membersihkan atau mengganti isi Freon ac rumah, maka lebih baik memastikan aliran listrik terhubung ke dalam saluran ac. Pastikan ac tersebut dalam keadaan mati dan tidak ada arus listrik mengalir untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan. Cara mematikan ac bahkan sudah bisa dilakukan dengan mudah.

2. Buka Pentil Penutup dan Pasang di Manifold

Langkah selanjutnya dalam cara isi freon ac rumah adalah bukalah kompresor tersebut dan sambungkan dengan kabel selang manifold beserta penutup pentilnya. Cara tersebut tidaklah sulit, yaitu pasanglah kabel manifold kedalam isi kompresor, lalu pasanglah kabel kedua kedalam freon ac tersebut.

Namun, hal ini berbeda ketika ingin mengganti ac jenis R32 dan R410. Hal ini berbeda karena penutup pada kedua jenis ini memiliki ukuran berbeda. Hal terpenting lainnya adalah proses pemasangan tersebut tidak boleh salah. Karena berpengaruh pada jarum manifold tersebut, tidak akan bergerak apabila terdapat kesalahan pemasangan.

3. Lakukan Tes

Setelah pentil dipasang pada tempatnya, maka langkah selanjutnya dalam cara isi freon ac rumah adalah lakukanlah pemeriksaan ulang mengenai cara menghubungkan kabel ke dalam freon ac. Kabel tersebut lalu diputar dan ditutup manifold dengan posisi jarum sedang terisi. Apabila jarum tersebut tidak bergerak, kabel tersebut dapat langsung dipasang di freon.

Saat melakukan proses ini, pastikan lakukan dengan tenang dan nyaman. Diperlukan kenyamanan karena proses ini dilakukan dengan bertahap. Langkah pertama adalah perhatikan jarum bergerak dengan naik. Setelah itu, bukalah penutup sedikit demi sedikit dan lakukan hal tersebut berulang kali.

4. Sesuaikan tekanan pada freon

Selanjutnya, sebelum melakukan tahap selanjutnya lebih baik untuk mengetahui ukuran PK dari masing-masing ac tersebut. Selain itu, alat pembantu lainnya dapat menggunakan tang, atau lebih dikenal dengan tang ampere. Hal ini dilakukan untuk mengetahui batas terbesar tekanan pada ac tersebut. Penyesuaian ini akan berpengaruh pada tekanan freon.

Apabila penggantian ac dengan ukuran dibawah 1 pk, maka tekanan terbesar pada freon hanya berkisar 70 psi. Selain itu, apabila penggantian freon dengan ukuran 3/4 hingga 1 pk, maka tekanan terbesar adalah berkisar 90 psi. Namun, lebih baik sebelum memulai, buatlah batas ampere pada kompresor untuk menghindari adanya overload pada ac.

Setelah itu, apabila tahap sebelum telah selesai dilakukan maka langkah selanjutnya periksalah bagian dalam ac. Pemeriksaan ini digunakan untuk memeriksa apakah angin telah keluar dengan sesuai. Setelah tahap itu selesai dilakukan maka lepaslah kabel ac dari bagian luar ac dan perkuat penutupnya.

Jika pengisian telah selesai maka pastikan kamu memeriksa indoor ac. rasakan angin indoor apakah dinginnya sudah cukup. Setelah semua proses pengisian freon telah selesai maka copot selang ac dari outdoor dan kencangkan tutup pentil. Selain itu, terdapat perbedaan pada freon R32 dan R410. Bersihkan bagian dalam terlebih dahulu untuk menghindari adanya kotoran tertinggal didalam.

5. Periksa Ulang

Setelah semuanya selesai dilakukan, maka langkah terakhir adalah memeriksa ulang. Periksa Freon tersebut apakah sudah benar dalam pemasangannya, serta apakah tekanannya sudah sesuai. Apabila masih ada hal kurang sesuai segeralah perbaiki sebelum digunakan. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, maka sebaiknya minta bantuan kepada tukang service khusus ac.

Cara isi freon ac rumah di atas merupakan cara isi Freon termudah untuk dilakukan dirumah. Pengguna dapat mengganti Freon ac masing-masing tanpa harus memanggil ahli servis. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya pengeluaran untuk memelihara ac rumah. Bagaimana, apakah cara di atas sudah cukup membantu? Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − three =