Berikut Ini 5 Bahaya Freezer Kulkas Bocor yang Harus Diketahui - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Cara Benar Membersihkan Freezer Kulkas Dengan Praktis

Berikut Ini 5 Bahaya Freezer Kulkas Bocor yang Harus Diketahui

Masalah pada kulkas yang seringkali menjadi kendala Ibu rumah tangga adalah terjadinya kebocoran pada freezer. Penyebab umumnya pemilik kulkas yang seringkali mengambil es atau makanan beku secara paksa menggunakan benda tajam. Kebiasaan seperti ini tentunya akan berakibat fatal pada kulkas bahkan kesehatan. Bahaya freezer kulkas bocor biasanya disebabkan oleh pemakaian yang salah.

Pemilik kulkas yang biasa menggunakan pisau atau benda tajam saat membersihkan bunga es adalah salah satu penyebab utama. Padahal evaporator merupakan benda padat yang sebenarnya tidak boleh terkena goresan benda tajam. Goresan pada evaporator ini juga memiliki resiko untuk kesehatan penggunanya. Jadi apa saja bahaya freezer kulkas bocor? simak ulasannya berikut ini.

1. Terhirupnya Gas Freon

Freon mengandung gas yang berfungsi untuk mengubah panas menjadi lebih dingin. pada Freon yang terpasang pada kulkas juga memiliki kandungan karbon monoksida. kebocoran yang terjadi pada freezer bisa menyebabkan karbon monoksida pada freon kulkas menguap.

Hal inilah yang kemudian menjadi mara bahaya bila terhirup oleh sistem pernafasan. karbon monoksida bisa menyebabkan pusing dan pingsan. karbon monoksida juga memiliki efek yang ekstrim seperti gangguan pernafasan, gangguan pada mata bahkan menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur.  Untuk itu mencegah terjadinya kebocoran pada freon kulkas bisa menjadi solusi untuk menghindari hal tersebut. Jangan sekali-kali menggunakan benda tajam untuk mengambil es batu.

2. Kerusakan pada Sistem Pendingin Kulkas

Salah satu bahaya freezer kulkas bocor adalah rusaknya sistem pendingin pada kulkas. Hal seperti ini bisa terjadi karena bunga es yang dipaksa dibersihkan secara paksa dengan benda tajam. Pada akhirnya akan menyebabkan evaporator pada freezer mengalami kerusakan dan tidak dapat membuat suhu ruang pada kulkas dingin.  Untuk penanganan evaporator freezer yang mengalami kebocoran, bisa dilakukan dengan cara mengganti evaporator lama dengan yang baru.

3. Bisa Menyebabkan Terjadinya Korsleting Listrik

Apabila freezer pada kulkas bocor maka usahakan untuk segera mematikan listrik yang terhubung ke kulkas. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi korsleting listrik karena air pada freezer yang bisa saja mengaliri mesin dalam bagian kulkas.  Selain bisa menyebabkan terjadinya korsleting. air yang mengalir masuk dari sela-sela evaporator bocor bisa menyebabkan kerusakan fatal pada kulkas bila tidak segera diperbaiki.

4. Keracunan Refrigerant

Bahaya lain yang disebabkan dari bocornya freezer di rumah adalah terhirupnya refrigerant. Zat yang berfungsi sebagai pendingan ini bisa menyebabkan penyakit pernafasan, pusing, muntah bahkan bisa beresiko kematian apabila terhirup terus-menerus.  Apabila zat refrigerant sudah terlanjur menyebar dan terhirup maka sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sebaiknya pahami poin ini dengan benar agar tidak terjadi bahaya dalam keluarga.

5. Kulkas Menjadi Tempat Berkumpulnya Bakteri Jahat

Kerusakan parah akibat bocornya freezer juga bisa membuat kulkas tidak lagi dingin. kondisi ini tanpa disadari membuat bahan makanan akan rusak karena bakteri yang terkumpul pada makanan. Untuk itu simpan makanan di wadah tertutup dan keluarkan makanan dari kulkas  saat freezer bocor adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Berikut tadi adalah 5 bahaya freezer kulkas bocor yang bisa saja menjadi masalah bila tidak segera diperbaiki. Perbaikan pada freezer yang bocor bisa dilakukan secara mandiri selama kerusakan masih bisa di handle. Namun akan ada baiknya memanggil tukang servis supaya tidak mengalami kendala yang lebih beresiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =