Cara Benar Membersihkan Freezer Kulkas Dengan Praktis - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Cara Benar Membersihkan Freezer Kulkas Dengan Praktis

Cara Benar Membersihkan Freezer Kulkas Dengan Praktis

Dewasa ini cara membersihkan freezer Kulkas merupakan rutinitas yang sangat penting untuk diperhatikan bagi semua pengguna. Tujuannya adalah, untuk menjaga kulkas agar tetap awet dan tahan lama, serta menjaga minum dan makanan di kulkas selalu bersih. Untuk mempermudah pemahaman, simak cara di bawah ini:

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

Pertama, cara membersihkan freezer kulkas dengan cara praktis adalah persiapkan bahannya dahulu. Beberapa diantaranya berupa kain berbentuk handuk atau microfiber yang tidak lagi terpakai. Kemudian, persiapkan juga bahan pembersih lain berupa cuka. Bahan lainnya bisa menggunakan bubuk baking soda yang mudah sekali didapatkan di dapur. Tidak hanya itu, tambahkan juga Air bersih, setelahnya agar maksimal, gunakanĀ  sikat gigi yang kuat untuk menyikat freezer kulkas, sehingga membersihkan kulkas jadi sangat mudah.

2. Kosongkan Dahulu Isi Freezer

Cara membersihkan freezer kulkas kedua adalah, kosongkan dahulu isi freezer dari bahan makanan. Misalnya yaitu dari ikan, ayam, daging, dan lainnya. Dimana, untuk mengambil bahan-bahan tersebut, matikan dahulu volume es di freezer. Setelah es atau salju mencair, maka bahan makanan di freezer bisa dikeluarkan secara mudah. Kemudian masukkan bahan makanan tersebut kedalam wadah yang besar. Tujuannya adalah agar ikan dan daging tetap segar dan baik untuk dikonsumsi.

3. Bukalah Pintu Kulkas Selebar Mungkin

Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk membersihkan freezer adalah membuka pintu kulkas. Tujuannya agar bunga es cepat mencair. Jangan lupa, tampung air dari bunga es yang mencair dengan baskom, tujuannya agar lantai tidak licin. Ketika melakukan pembuangan pada bunga es, jangan gunakan benda tajam, seperti pisau, sendok makan aluminium, dan lainnya. Mengapa? Pasalnya, ini akan menyebabkan kulkas semakin rusak, namun jika kulkas tidak menghasilkan bunga es, cukup matikan volume kulkas .

4. Gosok Dinding Kulkas dengan Air Soda

Permasalahan yang paling sering terjadi dan dialami oleh pemilik kulkas adalah munculnya bau tidak sedap pada freezer. Apalagi jika freezer digunakan untuk menyimpan ikan segar yang belum dicuci atau lama tidak dikuras. Kemunculan bau ini bahkan bisa mengganggu aroma makanan lain yang disimpan di dalam kulkas. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh pemilik untuk membersihkan freezer kulkas?

Caranya adalah dengan membersihkan dinding freezer, namun pastikan semua bunga es yang ada di dalamnya sudah mencari. Jangan sesekali mencoba mengambil paksa bunga es menggunakan benda tajam seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Memang cukup sulit ketika membersihkan dinding freezer, namun hal ini bisa disiasati dengan menggunakan air soda. Pasalnya, air soda terbukti ampuh mengangkat kotoran yang membandel.

5. Lap Dinding Freezer Menggunakan Kain Lembut

Cara membersihkan freezer kulkas yang kelima yaitu lap dinding freezer dengan kain lembut. Cara ini dilakukan jika bunga es sudah meleleh seutuhnya. Apabila menggunakan kain tersebut usahakan gosok dinding dengan lap sampai bersih. Gunakan juga sikat gigi untuk menyikat bagian yang lengket. Setelah disikat, maka pembersihan kulkas akan berjalan optimal. Jangan lupa, biarkan udara masuk dahulu ke dalam kulkas. Setelah semua kondisi kering, maka colokkan kembali kulkas ke aliran listrik. Setelah itu masukkan bahan makanan yang dikeluarkan tadi.

6. Pilih Bahan Makanan Secara Selektif

Cara keenam, pastikan saat memasukkan kembali bahan makanan ke freezer kulkas dan pastikan melakukannya dengan selektif. Artinya, pilihlah bahan makanan yang masih layak untuk dikonsumsi. Tentu saja, kelayakan pada bahan makanan tersebut, bisa dilihat dari bau dan bentuknya. Apabila aroma bahan makanan telah berbau dan berair, ini menandakan jika makanan tidak sehat. Maka, sudah sebaiknya diganti atau dibuang. Namun, jika masih dalam keadaan segar, maka makanan tersebut bisa disimpan kembali ke dalam kulkas.

7. Periksalah Bagian Penyekat Kulkas

Terakhir, coba perhatikan karet penyekat pada kulkas. Jika ternyata telah dalam keadaan longgar dan rusak, maka sudah saatnya menggantinya. Alasannya adalah agar kondisi lemari pendingin tetap bertahan lama, serta makanan tetap dalam keadaan orisinil dan tidak terkena bakteri dari luar. Apalagi freezer merupakan bagian terpenting untuk menyimpan makanan.

Demikian informasi menarik dan akurat seputar tentang cara membersihkan freezer kulkas dengan tepat. Apalagi, cara ini terbilang sangat praktis dan efisien sekali. Tidak hanya itu, cara ini juga mudah untuk dilakukan hanya dengan melihat petunjuk. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 17 =