5 Tips Dalam Perawatan HVAC yang Bisa Dilakukan - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
PERAWATAN HVAC

5 Tips Dalam Perawatan HVAC yang Bisa Dilakukan

Dalam sebuah bangunan gedung yang luas dan besar, tentu memiliki beberapa komponen yang harus senantiasa dirawat dengan baik. Salah satu bagian atau sistem yang mesti dirawat dengan sebaik mungkin adalah HVAC yang penting untuk menjaga sistem tata udara agar tetap berfungsi normal. Nah, bagaimana tips dalam perawatan HVAC yang baik? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Bekerja Sama dengan Kontraktor HVAC

Kontraktor HVAC bisa menjadi solusi untuk menjaga HVAC agar selalu dalam pengawasan dan pemeliharaan yang baik. Dengan menjadikan kontraktor HVAC sebagai partner, maka pemilik gedung tidak perlu bersusah payah untuk mencari tukang untuk memperbaiki sistem HVAC bila terjadi kerusakan akibat kurangnya pemeliharaan dan perawatan.

Kontraktor juga bisa diandalkan untuk berkonsultasi terkait masalah dari sistem tata udara yang kurang maksimal atau juga dalam proyek-proyek pembangunan HVAC yang akan datang. Hal ini karena mereka bisa menangani proyek-proyek yang membutuhkan keahlian dalam membangun suatu sistem tata udara dalam hal ini sistem HVAC yang baik.

2. Perhatikan Condenser

Dalam suatu kasus, seperti suhu atau temperatur yang diinginkan tidak dapat dicapai, maka ada kemungkinan terdapat masalah pada perpindahan panas dalam exchanger. Oleh karena itu pendingin harus sering diukur secara berkala dan juga rutin serta tekanan pada refrigerant, untuk mengetahui perpindahan dari panas dirasa baik atau tidak.

Kondensor juga secara khusus dapat berfungsi dalam menggerakan udara pendingin yang harus diperiksa secara berkala agar aliran udara dapat berjalan dengan normal tanpa kendala. Kemudian, untuk pendingin yang dimana terdapat temperatur air yang akan masuk dan keluar juga wajib untuk diukur secara rutin.

3. Ukur Tekanan Kompresor secara Berkala

Dalam unit chiller, terdapat sebuah bagian yang merupakan jantung atau inti dari chiller yang bernama compressor. Dalam bagian ini hampir semuanya bergerak dan tentu memerlukan perhatian khusus. Pemeriksaan yang dilakukan biasanya berupa pemeriksaan kompresinya secara berkala, karena kompresi dari kompresor dapat diukur di sisi dari tekanan tinggi atau tekanan rendah.

Tekanan kompresi ini dapat diukur dengan sebuah alat bernama pressure gauge. Dengan menggunakan pressure gauge ini, tekanan oli yang digunakan sebagai pelumas dalam komponen yang bergerak pada kompresor ini bisa diukur secara berkala. Level oli akan dilihat di sight glass yang harus diperhatikan secara visual dan harus selalu sesuai dengan standar.

4. Pemeliharaan Metering Device

Komponen yang satu ini penting dalam perawatan HVAC. Hal ini disebabkan karena jika metering device ini terganggu maka aliran dari refrigerant dapat terganggu. Maka, alat atau komponen ini harus sesering mungkin diperiksa secara rutin. Pastikan untuk selalu set ulang jika terdapat perubahan aliran dalam refrigerant. Jika tidak dilakukan, maka masalah yang timbul dapat berupa tersumbatnya orifice pada alat metering device.

5. Penggantian Filter

Fungsi filter dalam sistem HVAC ini sangat penting. Fungsinya yaitu untuk mengontrol jumlah dan partikel mikro organisme yang dapat meracuni udara yang masuk dalam ruangan. Filter sendiri terdapat 3 jenis yaitu pre filter yang memiliki efisiensi penyaringan sebesar 35% dengan perlakuan berupa penggantian filter selama seminggu sekali.

Kemudian ada medium filter dengan efisiensi penyaringan yang lebih tinggi di sekitar 95% yang dicek dengan alat bernama magnetik dan biasanya diganti setiap 2-3 tahun sekali. Selanjutnya ada HEPA filter dengan efisiensi penyaringan 99.997% yang pengecekannya menggunakan magnehelic dengan DP yang diijinkan sebesar 350-500 Pa. Biasanya benda ini diganti setiap 5 tahun sekali.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai tips dalam perawatan HVAC. Sistem ini merupakan sistem yang penting untuk mengatur pemanasan, ventilasi, dan mengkondisikan udara. Hal ini dilakukan agar tetap sesuai dengan standar yang diinginkan, jadi sangat penting untuk selalu dirawat dan diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =