Ketahuilah Komponen HVAC dan Fungsinya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
KOMPONEN HVAC DAN FUNGSINYA

Ketahuilah Komponen HVAC dan Fungsinya

Ketahuilah Komponen HVAC dan Fungsinya sebagai Pengendali Udara Berikut Ini. Bangunan besar yang biasanya dipergunakan untuk memproduksi barang berupa obat, alat kecantikan, bahan pengawet dan sejenisnya membutuhkan lingkungan mendukung. Hal ini pasti dipengaruhi oleh komponen HVAC dan fungsinya sebagai sistem yang yang mengatur dan mengelola udara.

Udara yang baik pada lingkungan tersebut haruslah bersih, sehingga dapat menghasilkan hasil produksi yang baik, kenyamanan pekerja, dengan mengatur keluar masuknya udara. HVAC sendiri memiliki beberapa sistem yang berasal dari cabang ilmu teknik mesin, salah satunya yaitu fluida serta termodinamika, berikut penjelasannya.

Komponen Utama dalam HVAC

Terdapat beberapa komponen HVAC dan fungsinya yang memiliki peranan penting dalam penyusunan, hingga akhirnya dapat bekerja secara maksimal. Secara umum komponen utama yang terdapat dalam sistem tersebut di antaranya saling terhubung dan juga dapat diandalkan sesuai dengan fungsinya, yaitu:

1. AC Split

Bekerja sebagai alat yang bertugas untuk menetapkan suhu suatu ruangan. Pengaturan tingkat kesejukan atau pendingin yang ada dapat disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan. Bagian yang terdapat di dalamnya secara umum terdapat 4, di antaranya yaitu: komponen utama, pendukung serta kelistrikan.

2. Kondensor

Alat yang digunakan sebagai pendingin yaitu kondensor, dimana salah satu kegunaanya dapat merubah suatu tekanan dalam bentuk gas menjadi cair. Cara kerja serta fungsi yang berlaku di dalamnya dapat melenyapkan energi panas yang dihasilkan oleh suatu unsur yang memberikan tekanan.

Radiator yang letaknya berhadapan dengan kondensor akan terjamin pendinginanya oleh kipas yang telah disediakan. Jika, pemakaian refrigerator merupakan jenis dari R 134a, maka parallel flow yang akan menyelesaikan efek yang ada pada pendingin udara.

3. Blower

Memiliki kegunaan sebagai yang menghembuskan angin ke dalam ruangan yang sudah berisikan fasilitas dengan menggunakan evaporator. Tingkat dari putaran yang terdapat dalam blower di antaranya ada 4 kecepatan, yaitu:

  • Posisi Off. Terjadinya sirkulasi udara dalam sebuah sistem tidak akan berjalan jika dalam mode off. Oleh karena itu setiap sistem yang seharusnya bekerja tidak akan dapat berjalan dengan semestinya.
  • Pada Posisi Putaran Rendah. Kondisis yang dimiliki oleh sistem HVAC berada dalam posisi on sedangkan tingkat kecepatan pada blower rendah, mengakibatkan sirkuit terhubung. Hal ini akan memicu pergerakan dari blower sehingga dapat berputar rendah dan bekerja.
  • Putaran Medium. Perpindahan dari pergerakan sistem dari yang rendah menuju medium tingkat kecepatannya. Memungkinkan arus yang terhubung bergerak selangkah lebih cepat. Penyebabnya dikarenakan blower hanya melewati satu hambatan, sehingga tidak terdapat gangguan yang berarti.
  • Perputaran Tinggi. Memaksimalkan kinerja yang dimiliki oleh HVAC, contohnya yaitu jika suatu ruangan belum terasa sejuk atau dingin, pengguna dapat memperkecil suhu ruangan tersebut. Hal tersebut bekerja secara langsung karena arus yang diantarkan mengalir secara langsung ke listrik.

Apa Fungsi dari HVAC?

Banyak partikel debu yang yang bebas masuk dan keluar dalam suatu ruangan, apabila tidak terdapat sistem HVAC. Adanya sistem tersebut tentu menjadi salah satu pelindung yang dapat mengamankan hasil produksi yang terdapat di dalamnya. Industri pembuatan obat atau yang sering dikenal juga sebagai ke farmasian, sangat membutuhkan sterilisasi di dalamnya.

Debu meski terlihat kecil dan tidak berbahaya, namun buktinya dapat merusak mutu serta kualitas setiap produk. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sistem yang dapat memfilter udara dengan baik. Tidak hanya dapat meningkatkan kualitas dari barang yang dihasilkan, namun juga dapat melindungi peralatan kerja yang ada.

Itulah penjelasan terkait komponen HVAC dan fungsinya yang diketahui serta dipahami. Sering sekali di antara pengguna yang memakai perangkat tersebut tetapi belum mengerti akan fungsi serta cara kerjanya. Sekarang tatanan udara serta lingkungan yang stabil sudah dapat diatur dan dikelola dengan baik secara efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 10 =