5 Penyebab AC Berisik, Segera Temukan Solusi agar Tidak Terganggu - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
5 Penyebab AC Berisik, Segera Temukan Solusi agar Tidak Terganggu

5 Penyebab AC Berisik, Segera Temukan Solusi agar Tidak Terganggu

Air Conditioner (AC) merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk menyejukkan ruangan. Dewasa ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan AC dibanding dengan kipas angin biasa. Namun, sama seperti produk elektronik lainnya, AC tidak bisa lepas dari permasalahan. Salah satunya adalah mengeluarkan bunyi berisik, penyebab AC berisik ini juga beragam.

Saat sedang istirahat dan ingin menikmati kesejukan, AC malah mengeluarkan bunyi yang tidak diharapkan. Hal ini akan sangat mengganggu jika terus menerus terjadi dan dibiarkan. Maka dari itu, perlu diketahui apa saja penyebabnya. Simak penjelasan di bawah ini:

1. Bearing Kompresor yang Longgar

Bearing adalah sebuah komponen yang menahan cairan pendingin yang mungkin keluar dari kompresor. Jika longgar, maka cairan pendingin bisa keluar dan menghasilkan bunyi berisik yang mengganggu. Tidak ada alasan lain selain karena sudah lamanya penggunaan AC itu sendiri. Usia AC yang sudah tua akan meningkatkan terjadinya risiko ini.

Solusi yang paling tepat untuk kasus seperti ini adalah dengan membeli yang baru. Jika diservis, tidak akan memberi hasil yang maksimal karena dalam waktu dekat hal serupa akan terjadi. Lebih baik membeli yang baru agar tidak membuang uang untuk hal tidak pasti.

2. Sirkulasi yang Tidak Lancar pada Freon AC

Cara untuk mengetahui penyebab satu ini cukup mudah, yaitu dengan menghafal bunyi berisik yang dihasilkan AC. Jika bunyinya mendesis, maka tidak diragukan lagi jika sirkulasi pada freon AC sumber masalahnya. Selain mengeluarkan bunyi mendesis, angin yang dikeluarkan AC juga mulai tidak dingin.

Penyebabnya biasanya saat melakukan pemasangan AC di awal yang kurang tepat, atau pada saat dilakukan vakum udara. Sebaiknya segera lakukan pembersihan bagian dalam AC, lalu ganti cairan freon dengan yang baru. Cara ini bisa memperbaiki AC ke keadaan yang lebih baik.

3. Bantalan Motor Kipas yang Rusak

Bantalan motor kipas juga bisa menjadi sumber bunyi yang mengganggu. Bunyi yang dikeluarkan seperti logam yang melengking secara keras. Suara seperti ini tidak akan berhenti sampai AC benar-benar dimatikan. Terkadang, bunyi berdecit juga dihasilkan pada waktu-waktu tertentu.

Tidak ada solusi lain selain mengganti motor kipas AC menjadi baru. Jika tidak diganti, maka bunyi tersebut akan terus terjadi dan akan sangat mengganggu. Sebaiknya segera diservis agar AC bisa segera digunakan kembali.

4. Masalah Kelistrikan pada Sistem

Masalah ini merupakan penyebab AC berisik yang kompleks, karena dipengaruhi beberapa hal lainnya. Seperti sambungan listrik antar bagian putus, kipas outdoor tidak berputar, dan kerusakan pada saklar bertegangan rendah. Bunyi yang dihasilkan adalah berdengung, baik saat AC hidup atau mati. Hal ini akan sangat mengganggu jika tidak segera diselesaikan.

Segera panggil ahli AC untuk melakukan pengecekan. Jika masih bisa dibenahi, segera ganti komponen yang benar-benar rusak. Apabila sudah parah, lebih baik ganti yang baru agar tidak terjadi hal serupa.

5. AC Diletakkan Kurang Tepat

Mungkin banyak orang yang menyepelekan peletakan AC di tempat yang tepat, padahal ini sangat berpengaruh pada kinerja AC. Pemasangan di tempat yang kurang tepat bisa membuat komponen lain seperti baut akan terpengaruh. Misal, baut akan mudah lepas dan AC akan mengeluarkan bunyi-bunyi mengganggu.

Penting untuk memperhatikan pemasangan dan peletakan agar hal ini tidak terjadi. Pastikan berkonsultasi dengan ahli AC untuk menemukan tempat yang pas. Harus rata dan jangan sampai miring, selain itu sering lakukan pengecekan.

Daftar di atas merupakan daftar penyebab AC berisik yang sering terjadi. Usahakan jangan sampai menemui hal-hal di atas agar tidak merasa terganggu. Sering lakukan pengecekan dan tanyakan pada ahli AC jika memang ada yang mengganjal. Jika masih bisa mengganti komponen, maka tidak perlu membeli AC yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − four =