5 Fakta untuk Memahami Arti Cold Storage, Semua Orang Wajib Tahu! - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
5 Fakta untuk Memahami Arti Cold Storage, Semua Orang Wajib Tahu!

5 Fakta untuk Memahami Arti Cold Storage, Semua Orang Wajib Tahu!

Cold storage memang sudah banyak digunakan oleh pebisnis di sektor makanan, tetapi tak sedikit juga yang masih belum memahami arti cold storage. Bagi pebisnis baru yang ingin mencoba menggunakan kuota storage sebagai wadah penyimpanan makanan tentunya harus mengetahui fakta-fakta di balik konsentrasi tersendiri.

Dilihat dari Fungsi dan cara kerjanya food storage memiliki banyak manfaat yang akan membuat bisnis semakin untung. Tanpa basa-basi lagi ketahuilah beberapa fakta di bawah ini untuk lebih mengenal cold storage:

1. Cara Kerjanya Mirip Seperti Kulkas

Pada dasarnya cara kerja dari alat ini sama saja seperti kulkas yaitu mengawetkan makanan dengan mendinginkannya. Hanya saja, dalam hal ini makanan bisa lebih awet karena suhu dari alat ini lebih beku daripada kulkas. Cold storage banyak digunakan oleh industri makanan karena harus menyimpan makanan dalam jumlah yang sangat banyak sehingga tidak akan cukup jika hanya ditaruh di kulkas.

Meskipun cara kerja dari alat ini hanya mengandalkan dari pengaturan suhu, tetapi ada banyak keunggulan dibandingkan dengan menyimpan di kulkas. Antara lain yaitu, kapasitas cold storage jauh lebih besar. Selain itu, cold storage juga sangat bisa diandalkan untuk mempertahankan nutrisi makanan.

Makanan yang disimpan tidak hanya awet secara fisik, tetapi juga awet nutrisinya. Asalkan disimpan dalam waktu yang tak melebihi daya tahan makanan itu sendiri, maka nutrisi yang terkandung di makanan akan berubah.

2. Dapat Digunakan untuk Mencegah Makanan Jadi Busuk

Fakta selanjutnya yang perlu diketahui untuk memahami cold storage yaitu kemampuannya untuk mencegah makanan agar tidak cepat busuk. Suhu dingin yang dihasilkan dari alat ini bisa membuat makanan jauh lebih awet jika dibandingkan disimpan dalam suhu ruang.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi pengusaha yang sering menyetok bahan baku makanan dalam jumlah besar. Dengan menggunakan alat ini tingkat risiko kerugian akibat kadaluarsa bahan baku makanan bisa diminimalisir

3. Selain Digunakan Pebisnis Makanan, Cold Storage juga Dimanfaatkan Nelayan

Alat ini juga rupanya bisa memberi keuntungan bagi nelayan yang sering mencari ikan. Dibandingkan dengan menyimpan ikan di dalam wadah besar atau kulkas, para nelayan lebih memilih untuk mengandalkan cold storage ini karena dianggap lebih menguntungkan.

Nelayan tak lagi kebingungan mencari wadah penyimpanan ikan yang mampu bertahan lama. Menyimpannya di dalam cold storage tentunya akan sangat bermanfaat bagi nelayan karena ikan menjadi lebih awet dibandingkan disimpan di kulkas.

4. Ada 3 Tipe yang Banyak Digunakan

Meskipun hanya sebatas wadah penyimpanan dengan suhu beku, tetapi cold storage juga ada banyak tipenya. Setidaknya ada 3 tipe yang banyak digunakan. Ketiga tipe tersebut adalah Chilled Room, Freezer Room, dan Blast Chiller.

Chilled room lebih sering dimanfaatkan untuk sayur dan buah sehingga akan jadi lebih awet. Freezer Room lebih sering sebagai wadah penyimpan dengan suhu sangat rendah. Sedangkan Blast Chiller lebih cocok dimanfaatkan bagi yang sering menyetok makanan frozen dalam jumlah banyak, kemudian ingin dibekukan supaya awet.

5. Dapat Membuat Makanan yang Disimpan Jadi Lebih Segar

Makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas lama-kelamaan kesegarannya menjadi berkurang. Namun, hal ini tidak akan terjadi ketika makanan tersebut disimpan dalam cold storage. Pengguna bisa mengatur suhu hingga sangat rendah untuk menjaga kesegaran makanan. Makanan akan tetap segar kembali ketika dikeluarkan dari cold storage dan sudah tidak beku lagi.

Itulah 5 fakta yang perlu diketahui untuk memahami arti cold storage. Alat ini memang sangat bermanfaat bagi bisnis di sektor makanan, apalagi bagi pebisnis yang sering menyetok bahan makanan dalam jumlah yang sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − 16 =