Apa itu Cold Storage Menurut Penjelasan dan 4 Jenisnya

  • Ahli HVAC
  • Dec 01, 2022

Bagi beberapa orang, muncul ragam tanya tentang apa itu cold storage ketika komponen ini banyak ditemukan pada gudang penyimpanan produk. Baik produk pertanian, perikanan, pengolahan pangan dan industri lainnya, penggunaannya diklaim sebagai barang utama untuk membuat produk tahan lebih lama.

Produk yang biasanya menjadi objek dari penggunaan cold storage antara lain sayuran, buah-buahan, daging, frozen food, ikan dan semua olahannya. Demi menjaga kesegaran produk yang akan dijual, maka beberapa pengusaha rela mengeluarkan biaya lebih mahal untuk menggunakan kecanggihan komponen ini.

Pengertian Cold Storage

Merupakan sebuah wadah besar, dalam bentuk ruang atau kotak yang berfungsi menyimpan berbagai produk yang mudah busuk untuk dijaga kesegarannya. Suhu yang digunakan pada ruang ini relative rendah bahkan sangat rendah untuk mendapatkan standar yang diinginkan.

Standar ini dibutuhkan untuk menyesuaikan pengaturan suhu dengan produk yang akan dilambatkan proses pembusukannya sesuai dengan karakter produk itu sendiri.  Tentunya perlu pengetahuan khusus untuk menempatkan pada Cold Storage jenis yang mana suatu produk agar awet dan aman ketika dikonsumsi.

Jenis-jenis Cold Storage

Suatu produk dengan lainnya tentu berbeda, namun memiliki kesamaan pada cara penyimpanan agar konsumen tetap dapat menikmati meski tersimpan lama. Kesamaan inilah yang dibaca penyedia cold storage, kemudian dipisah berdasarkan jenisnya yang dengannya Cold Storage menyesuaikan seperti berikut ini:

1. Chilled Room

Suatu ruangan yang diatur sedemikian rupa suhunya pada kisaran 10 sapi 0 derajat Celcius yang digunakan untuk sayur dan buah. Dengan menggunakan ruangan ini, sayur dan buah dapat bertahan kesegarannya hingga waktu kurang dari 2 bulan sebelum proses pemasakan terjadi.

2. Blast Chiller

Ruangan ini digunakan untuk menyimpan masakan yang telah melalui proses pengolahan tertentu atau telah dimasak terlebih dahulu untuk diawetkan sementara. Karena sifatnya sementara, maka makanan yang disimpan harus segera dicairkan kembali dalam waktu yang cepat untuk kemudian dikonsumsi oleh pembeli.

Pada jenis ini, digunakan suhu ruangan 1 hingga 4 derajat dalam ukuran Celcius, suhu tidak terlalu rendah menyesuaikan kebutuhan sementara. Cold Storage jenis ini sering digunakan untuk menyimpan makanan penutup seperti es krim atau stock bahan membuat makanan pada restoran.

3. Blast Freezer

Jenis lainnya untuk lebih mengetahui tentang apa itu cold storage adalah Blast Freezer yang merupakan ruangan penyimpanan untuk jangka panjang. Namun, waktu untuk proses pembekuan cukup singkat agar dapat dilakukan penyimpanan.

Produk yang sering ditemukan pada jenis ini adalah nugget. Dengan penyimpanan yang cocok untuk jangka panjang, maka produk makanan satu ini bisa awet dan menjadi stok makanan siap saji untuk berbagai kalangan.

4. Freezer Room

Cold storage yang ini sering ditemukan pada penyimpanan bahan mudah busuk seperti ikan segar, daging, susu dan beberapa jenis lainnya. Untuk produk semacam ini digunakan suhu -15 derajat untuk mendapatkan pembekuan yang sempurna, sehingga produk dapat disimpan lama sebelum dikonsumsi.

Pada ikan segar, suhu harus diturunkan dengan es untuk menjaga kadar protein dan asam lemak tetap tersimpan sebelum dilakukan pemasakan. Ikan yang tidak dimasukkan ke dalam es atau dibekukan, tentu akan mengalami oksidasi lemak yang dapat merusak kadar protein di dalam ikan.

Demikian tadi pemaparan lebih jelas tentang apa itu Cold Storage yang pada intinya digunakan untuk menjaga keawetan sebuah produk makanan. Selain pengawetan, Cold Storage juga menjaga makanan dari terpaan bakteri, menjaga nutrisi serta cita rasa dan kadar air sehingga awet selama beberapa waktu.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *