Seperti Ini Panduan Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
DAIKIN AC STANDAR SMS SERIES 1.5 PK

Seperti Ini Panduan Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung

Pemasangan AC pada suatu gedung atau ruangan harus mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya adalah kapasitas atau PK AC yang akan digunakan. Cara menghitung kapasitas AC gedung atau ruangan ini juga sebetulnya tak sulit. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai cara menentukan kapasitas AC yang sesuai dengan kebutuhan suatu gedung atau ruangan.

Mengapa Harus Disesuaikan?

Banyak juga yang belum paham bahwa kapasitas AC yang dapat dibeli berbeda-beda. Setiap tipe atau produk AC memiliki kapasitas yang tidak sama, ditunjukkan oleh nomor PK-nya. Penting sekali untuk memperhatikan angka PK sebelum membeli dan memasang AC. Lalu, mengapa harus dilakukan penyesuaian antara kapasitas dan ukuran ruang gedung atau ruangan?

Pertama, penyesuaian kapasitas AC dan ukuran ruang dibutuhkan untuk memastikan penggunaan daya listrik berjalan efisien. Bayangkan, secara logika ruangan yang berukuran kecil akan jauh lebih mudah untuk didinginkan. Kapasitas AC yang rendah dirasa cukup untuk mendinginkan ruangan yang berukuran kecil. Jika digunakan AC berkapasitas besar justru akan membuang-buang daya dan boros listrik.

Selanjutnya, penyesuaian ini dibutuhkan agar proses pendinginan ruangan juga berjalan efektif. Untuk ruangan yang luas, maka tak akan efektif jika menggunakan AC dengan kapasitas yang rendah. Proses pendinginan ruang akan membutuhkan waktu lama sehingga dirasa tidak efektif dan tidak menguntungkan.

Cara Menghitung

Lanjut ke cara menghitung kapasitas AC gedung maupun ruangan. Penghitungan ini bisa dilakukan dengan memakai rumus sederhana yaitu panjang ruangan x lebar ruangan x 550 BTU. Apa itu 550 BTU? Ini merupakan jumlah kalori yang terdapat di tubuh manusia serta kalori panas yang terdapat di dalam suatu ruangan.

Sebagai contoh, ada sebuah ruangan dengan ukuran 5 x 6 meter. Lalu, berapa besar kapasitas AC yang dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan ini? Perhitungannya adalah sebagai berikut:

5 x 6 x 550 BTU = 16.500

Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui berapa besarnya PK AC yang dibutuhkan agar ruangan bisa dingin optimal. Ruang dengan ukuran luas 30 m3 membutuhkan AC dengan 2 PK. Diketahui bahwa 2 PK Ac dapat menghasilkan 16.500 BTU sehingga efektif untuk dipasang di ruangan tersebut.

Lalu bagaimana dengan ukuran ruang yang lainnya? Tentu tinggal dihitung saja dengan menggunakan rumus yang sama kemudian hasilnya bisa dijadikan acuan. Berikut adalah informasi jumlah PK dengan kemampuannya:

  • 1/2 PK AC : 5.000 BTU
  • 3/4 PK AC : 7.000 BTU
  • 1 PK AC : 9.000 BTU
  • 1,5 PK AC : 12.000 BTU
  • 2 PK AC : 18.000 BTU

Perhitungan menggunakan rumus dan panduan tersebut akan mempermudah untuk menentukan jenis AC yang akan dipakai. Perhatikan juga kondisi ruangan atau gedung yang akan dipasangi AC. Konsultasikan terlebih dahulu jika dirasa hasil perhitungan ini tidak tidak begitu efektif.

Pertimbangan Pemilihan AC

Selain menentukan kapasitas AC lewat perhitungan tadi, ada beberapa hal yang juga perlu dipertimbangkan dalam pemilihan AC. Apalagi untuk pemakaian pada jenis ruangan yang besar seperti gedung. Pastikan tipe AC yang dipilih bisa memenuhi kebutuhan dan memberikan kenyamanan optimal. Berikut adalah beberapa hal yang wajib dipikirkan terlebih dahulu:

  • Biaya
  • Merek AC
  • Kemudahan klaim garansi dan perawatan
  • Kelengkapan fitur
  • Kecepatan mendinginkan ruangan
  • Kualitas eco-friendly

Itulah pembahasan singkat mengenai cara menghitung kapasitas AC gedung atau ruangan. Pastikan untuk memperhatikan kondisi ruangan yang akan dipasangi AC. Cari referensi berbagai jenis produk AC sebagai perbandingan agar bisa menemukan produk terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − five =