Pengertian PK pada AC dan Cara Menghitungnya
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
AC Split

Pengertian PK pada AC dan Cara Menghitungnya

Kita kerap dengar istilah PK pada Air Conditioner (AC), tetapi ada banyak orang yang masih belum pahami tujuan dan makna dari istilah PK ini dan bagaimanakah cara perhitungannya.

Menurut Quality Technic, sebagai salah satunya perusahaan persewaan ac paling besar di indonesia mengatakajan jika, “dalam ukuran besaran Air Conditioner (AC) ada ketidaksamaan yang berarti pada temperatur dingin yang dibuat.”

Untuk lebih detilnya berkenaan apa PK itu dan bagaimana hubungannya sama ukuran keperluan AC yang kita harapkan? Yok, silahkan kita baca penuturannya di bawah ini.

PK Adalah Ringkasan dari Paard Kracht, maknanya Daya Kuda.

1 (satu) PK (Paard Kracht) = 735.5 watt = 0.986 HP (Horse Power). 1 (satu) PK cukup buat mendinginkan ruang selebar 50 m3 (LxPxT=4x5x2.5) dan itu tetap bergantung dari sumber panas dalam ruang itu.

PK adalah istilah dari bahasa Belanda yang bermakna Tenaga Kuda, karena itu di Indonesia suka juga menggunakan istilah TK. 1 PK (Paard Kracht) hampir serupa dengan 1 HP (Horse Power).

Kenapa dikelompokkan begitu? Karena kemampuan kuda Belanda lain dengan kuda Inggris dan +/- 750 watt (dibulatkan, agar lebih gampang mengingatnya).

1 HP = 9000 BTU (British Thermal Unit)
1/2 HP = 4500 BTU.

Dari BTU (British Thermal Unit) berikut kekuatan pendinginannya disaksikan. Maka jika ada AC yang mengatakan 1 PK dan HANYA konsumsi listrik sejumlah 600 watt, lihat kekuatan BTU nya, apa betul dapat semampu 1 PK yang mempunyai besara 9000 BTU?

Di sini saya coba memberi langkah penghitungan simpel dalam tentukan kemampuan AC yang pas untuk ruang anda.

Kemampuan AC dihitung dalam unit BTU (British Thermal Unit) tapi untuk Indonesia orang lebih mengenali kemampuan AC dalam unit PK (Paard Kracht).

Berikut ini ialah rumus penghitungan simpel dengan anggapan ketinggian ruang seputar 3m
> Panjang ruang (m) x Lebar ruangan (m) x 500 BTU

Jika semakin tinggi dari 3 mtr. karena itu tiap kelipatan 1 mtr. dikalikan dengan 1.000 BTU. Untuk tiap orang yang memakai ruang itu dikalikan dengan 500 BTU. Jadi misalkan untuk ruang 4 x three mtr. yang dihuni oleh dua orang karena itu perhitungannya sebagai berikut ini:

> ( four x three x 500 BTU ) + ( 2 x 500 BTU ) = 6.000 + 1.000 = 7.000 BTU
Rupanya untuk ruang itu membutuhkan AC dengan kemampuan 7.000 BTU karena itu baiknya anda beli AC ukuran ¾ PK.

Untuk lebih detilnya, silakan saksikan video di bawah ini.

Kemampuan AC berdasar PK:

Jika anda menanyakan, berapakah besaran AC 1 PK? atau berapakah watt ac 1/2 PK? Silakan saksikan jawabnya lewat tabel di bawah ini.

AC 1/2 PK±5.000BTU /400Watt±7.000BTU /600Watt
±12.000BTU /1170Watt
±24.000BTU /2570Watt

PK AC Unit Ruangan 3×3 m2 AC ¾ PK 3×4 m2 3×5 m2 4×4 m2 AC 1½ PK 4×5 m2 4×6 m2 5×5 m2 5×6 m2 AC 2½ PK 6×6 m2

Dari tabel di atas, kita bisa membaca jika untuk memakai AC sama ukuran half PK mempunyai kekuatan pendingin sampai lebih kurang 5000 BTU dengan daya listrik sejumlah 400 watt yang dapat dipakai dalam ruang atau kamar sama ukuran selebar 3×3 mtr. persegi.

Begitupun dengan AC 2 PK, langkah membacanya yakni:

Saat Anda menghidupkan AC 2 PK itu bermakna memerlukan seputar lebih kurang 18.000 BTU dengan konsumsi daya listrik sejumlah 1920 watt yang bisa dipakai dalam ruang atau ruang tidur selebar 4×6 mtr. persegi, 5×5 mtr. persegi, dan 5×6 mtr. persegi.

Luas ruang yang sudah ditetapkan adalah penelitian yang kami peroleh sampai memperoleh keadaan ruang yang dingin dan nyaman dengan optimal.

Penting untuk dimengerti jika tiap produsen AC kemungkinan mempunyai ketidaksamaan pada besaran watt yang dibuat untuk kemampuan AC yang dipakai, hingga membuat harga AC di pasar berbeda.

Hal yang lain penting untuk diingat:

  • Bila ruang cukup teduh karena itu anda dapat kurangi kemampuan BTU s/d 10%
  • Bila ruang banyak matahari karena itu anda dapat menambah kemampuan BTU sekitar 10%
  • Bila ruang selalu diisi oleh dua orang ataupun lebih, anda sebaiknya menambah 600 BTU untuk tiap orang
  • Bila AC dipakai di dapur, tambah four.000 BTU
  • Yang tidak boleh dilalaikan, apa daya listrik yang dipakai cukup untuk kemampuan listrik di dalam rumah anda, kalkulasi semua keperluan listrik yang akan dipakai karena jika begitu dekat sama kemampuan keseluruhan listrik karena itu peluang listrik di dalam rumah anda kerap alami mati tiba-tiba (daya yang kurang).
  • Ada beberapa feature tambahan yang dijajakan oleh produsen tapi pilih yang sesuai keperluan anda.
  • Lihat service after gross sales yang diberi dan syarat untuk lakukan claim garansi bila ada permasalahan yang ditemui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 11 =