Ini Ciri-Ciri Kompresor AC Split Kurang Oli Terlengkap - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Menentukan Kapasitas AC Berdasarkan Besar Ruang Bangunan

Ini Ciri-Ciri Kompresor AC Split Kurang Oli Terlengkap

Saat ini penggunaan AC split menjadi yang lebih diminati karena dianggap punya lebih banyak kelebihan. Namun, jenis AC split bukan berarti tidak butuh perawatan. Contohnya jika kompresor kurang oli akan mengakibatkan banyak masalah. Ada beberapa ciri ciri kompresor AC split kurang oli yang bisa diketahui.

Semua juga sudah paham jika di Indonesia ini adalah salah satu negara tropis. Kehadiran penyejuk ruangan seperti AC sudah sangat penting sekali sebagai penunjang kenyamanan. Maka, jika tidak ingin AC dalam masalah, jangan lupa selalu rutin lakukan perawatan. Berikut ini ciri ciri kompresor AC split kurang oli:

1. AC Split Tidak Mengeluarkan Udara Dingin Ketika Digunakan

Pada umumnya, AC split ketika dinyalakan akan langsung mengeluarkan udara sejuk sehingga membuat ruangan menjadi nyaman. Hal ini tentu terjadi ketika AC split dalam kondisi prima. Berbeda dengan ketika AC split dalam masalah seperti misalnya bagian kompresor yang kekurangan oli.

Jika dalam kondisi tersebut, AC split justru mengeluarkan udara hangat, sehingga udara dalam ruangan pun menjadi panas. Bahkan kadang AC split yang kompresornya kurang oli, akan mengeluarkan udara dingin namun dalam intensitas yang sangat kecil sekali. Ini bisa jadi salah satu ciri jika kompresor AC split sedang kekurangan oli.

2. Mengeluarkan Suara Berisik

Ada lagi salah satu dari ciri ciri kompresor AC split kurang oli yaitu mengeluarkan bunyi berisik. Pada umumnya, oli itu berfungsi sebagai pelumas. Artinya jika dalam penggunaan kompresor, maka fungsi oli tersebut adalah mengurangi adanya gesekan logam dari komponen AC dengan kompresor. Dengan begitu, AC tidak akan mengeluarkan suara berisik.

Begitu kompresor AC split mengalami kekurangan pelumas oli, sudah pasti gesekan antara komponen logam AC dengan kompresor akan terjadi lebih besar. Artinya akan keluar suara berisik jika AC dinyalakan. Jika hal itu terjadi, sudah tak perlu membuang waktu lama segera berikan oli pada kompresor AC.

3. Sering Mati Dan Lebih Cepat Panas

Sebagai informasi, oli bukan hanya untuk pelumas kompresor AC saja. Namun juga dapat berfungsi sebagai komponen pendingin juga. Bisa dibayangkan jika kompresor AC split kurang oli maka sudah pasti akan lebih cepat panas ketika digunakan. Masalah tidak berhenti sampai disitu saja.

Bahkan di beberapa kasus, akan merembet lebih jauh di mana AC akan sering mati mendadak. Ingatlah, kondisi AC split yang sering mati mendadak bukan hanya disebabkan karena usianya yang sudah tua. Tapi juga bisa disebabkan karena bagian kompresor yang kekurangan oli. Jika sudah cukup parah, AC split juga kadang sampai tidak mau dinyalakan secara tiba-tiba.

4. Freon Bocor

Ada saatnya freon AC split ternyata mengalami kondisi bocor. Jika itu terjadi, bisa jadi disebabkan karena kompresor AC split kekurangan oli. Kondisi freon bocor harus ditangani dengan segera. Sebab, bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satunya adalah resiko terpapar zat kimia berbahaya dari freon tersebut. Meskipun begitu, pengguna juga tidak boleh langsung berpikir freon bocor karena kompresor AC kurang oli. Freon bocor juga bisa terjadi karena hal lain seperti selang pembuangan yang rusak.

5. Jumlah Air Pembuangan Sangat Sedikit Bahkan Kering

Masalah AC split tidak hanya terjadi kebocoran saja. Namun, ada juga yang malah kebalikannya yaitu air pembuangan terlalu sedikit. Bahkan tidak jarang juga ditemukan kondisi air pembuangan yang sangat kering. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena sistem kompresor AC split yang sedang mengalami gangguan. Tidak lain dan tidak bukan adalah karena oli pada kompresor AC split yang kurang.

Itu tadi apa saja ciri ciri kompresor AC split kurang oli. Memiliki perangkat AC split di rumah memang disarankan untuk rajin melakukan perawatan. Setidaknya jika ingin AC split terus bisa bekerja dengan baik sebagai pendingin ruangan. Pastikan juga teliti sebelum membeli guna menghindari kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =