PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
Cara Pasang PTC Relay Dan Overload Pada Kulkas

Cara Pasang PTC Relay Dan Overload Pada Kulkas

Disini saya menulis artikel Cara pasang PTC Kulkas dan Kulkas Overload Fungsi PTC ini untuk memulai sebuah kompresor kulkas. Jika PTC rusak maka kompresor ini tidak akan bekerja Kemudian untuk kelebihan beban.

Kelebihan beban ini untuk memutus beban atau memutus arus pada kompresor saat kompresor kelebihan beban atau overheat, kelebihan beban ini akan terputus arus yang menyebabkan kompressor ini tidak bisa bekerja lagi.

Fungsi untuk overload hanya untuk memutus arus ketika ada kelebihan aliran pada kompressor ini, dapat bekerja, terputus sementara kemudian akan menyambung kembali ketika kondisi normal.

Disini saya ingin menjelaskan terlebih dahulu cara install PTC dan overload kompresor kulkas, ini contoh overload disini, ada tiga PIN pada kompresor kulkas dimana ketiga ini jika diukur, ini untuk starting, ini running, ini untuk com atau overload, jadi disini juga sepertinya ada lubang untuk memasukkan PIN pada konektor kompressor, kita masukkan saja disini, ini cara memasangnya untuk overload dan untuk PTC.

Sekarang jangan terbalik seperti ini jika pin ini dipasang di sebelah kiri akan lain ceritanya karena yang di kanan adalah kabel langsung di Strom untuk PTC atau yang di kanan ini adalah awal yang langsung ke strum di colokan kalau dibalik jadi tampilannya seperti ini maka langkah pertama berjalan maka kompressor tidak akan bekerja disini, sepertinya hanya ada dua PIN konektor di sisi ini. Coba PIN nya ada di sebelah kanan, kita taruh di dua lubang ini, ada PIN konektornya.

Ini adalah cara memasang PTC dan membebani kompresor kulkas. Patokannya adalah pin konektor pada PTC harus berada di sebelah kanan. Ini hanya akan benar jika kompresor dibalik, itu tidak akan berfungsi.

Gampang kan cara pasang kompressor ini , yang putih itu kabel dari colokan listrik atau colokan listrik , ada tiga kabel coklat biru dan kuning, kabel juga ada dua tapi ini ada tiga, yang coklat untuk kabel negatif , ambil satu Kabel biru untuk kabel strum dibolak-balik, tidak masalah tapi harus satu.

Yang coklat disini tidak masalah, yang biru disini tidak masalah, dan yang biru karena kita untuk starting atau kita untuk kabel strom utama. lalu kita satukan disini yang satu ini untuk pin konektor pada PTC dan kita masukkan disini Ini adalah PIN untuk konektor PTC.

Untuk kabel strom ut ama yang sejajar dengan kabel untuk kompresor kulkas , biar mudah saja biru ketemu warna biru untuk kabel stun pada kompressor dan warna kuning untuk massa atau ground yang kita sambungkan ke body kompressor untuk warna kuning kita ke body kompressor dan warna coklat kita hubungkan untuk negatif saja.

Langsung saja kita cek PTC dan overloadnya kawan kita langsung saja ke cara cek PTC dan overload, kalau PTC bagus kompressornya jalan , semoga konektornya di 1k atau x100.

Ini juga oke kalau jangan lupa di kalibrasi dulu biar lebih akurat kita sudah kalibrasi dulu kita akan cek overload ini ada dua pin nya cukup mudah untuk cek nya tinggal colok konektornya di multitester di kedua pin hitam ini disini merah disini jarum pada multitester bergerak ke kanan ini menandakan overload ini masih bagus.

Jika overload ini rusak maka jarum pada multitester tidak akan bergerak kan maka kita akan cek di PTC di PTC ini ada keramik atau plat jika putus maka arus tidak akan menyambung ke PTC ini kita masukkan saja ke dalam lubang ini adalah konektor pada multitester, kita masukkan satu di sebelahnya ada dua. Pasang konektor multitester, jarum pada multitester terlihat bergerak ke kanan, menandakan PTC masih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 4 =