Mengetahui Jenis Tekanan Freon AC Rumah Dan 5 Ciri Freon Habis

  • Ahli HVAC
  • May 03, 2022

Freon atau disebut juga sebagai refrigeran adalah bahan pendingin ruangan yang wujudnya berupa gas dan cairan. Freon digunakan sebagai bahan pendingin untuk beberapa alat elektronik seperti AC dan Kulkas. Tekanan Freon AC rumah tentunya berbeda dengan Freon yang digunakan sebagai pendingin kulkas.

Freon berfungsi sebagai fluida yang menyerap semua beban pendingin ruangan. Tekanan Freon pada pendingin ruangan berbeda tergantung jenis AC yang digunakan, setiap Freon akan menghasilkan kualitas udara dingin sesuai dengan kapasitasnya.

Mengenal Jenis-Jenis Tekanan Freon Untuk AC Rumah

Untuk industri peralatan rumah tangga yang menggunakan Freon, pemerintah telah menetapkan standar Freon yang boleh digunakan. Diantaranya adalah Freon yang ramah lingkungan. Untuk itu ada beberapa tekanan Freon yang sudah tidak lagi digunakan di karenakan tidak ramah lingkungan.

Jenis tekanan Freon AC rumah yang pertama adalah Freon R22, jenis freon ini digunakan pada jenis AC keluaran tahun 1990-2000. Freon R22 di klaim tidak ramah lingkungan dan dapat merusak ozon. Sehingga kini jenis freon ini sudah tidak digunakan lagi, namun bagi pengguna AC yang menggunakan jenis freon ini tidak perlu khawatir karena suku cadang untuk freon ini masih boleh digunakan sampai tahun 2030 nanti.

Selanjutnya ada Freon R32, jenis ini masih digunakan untuk AC keluaran terbaru. Tekanan freon jenis ini memiliki indeks pendingin yang lebih tinggi dari jenis tekanan AC yang lainnya, dan juga memiliki resiko terbakar paling rendah dari jenis tekanan AC lainnya.

Satu lagi tekanan freon AC rumah yang biasa digunakan adalah jenis R410a, tekanan AC jenis ini  memiliki cooling index paling rendah dari pada jenis tekanan AC lainnya. Namun jangan khawatir karena nantinya produsen AC akan menyesuaikan isi freon yang lebih banyak sehingga cooling index yang dihasilkan tetap sesuai dengan spesifikasi ukuran PK dari masing-masing AC.

Bagaimana Ciri-Ciri Freon AC Habis ? Simak Ulasannya Di Bawah Ini

Freon tidak memiliki warna dan tidak berbau, jika freon habis dan terhirup dampaknya pengguna bisa mengalami gangguan pernapasan bahkan menyebabkan detak jantung tidak beraturan dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu sebaiknya pengguna mengetahui ciri-ciri freon AC agar bisa segera menggantinya, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

1. Pipa AC Tidak Terasa Dingin

Ciri pertama freon AC habis ditandai dengan pipa AC yang tidak terasa dingin, dan pipa AC akan mengeluarkan bunga-bunga es. Jika ini terjadi, segeralah mengganti freon AC dengan yang baru.

2. AC Tidak Terasa Dingin

Yang kedua jika freon habis maka udara yang dikeluarkan oleh AC tidak lagi terasa dingin, hal ini bisa diketahui jika suhu yang di set sudah diatur namun udara yang keluar tidak terasa dingin sama sekali.

3. Terjadi Kebocoran Air

Ciri jika freon habis selanjutnya adalah jika terjadi penggumpalan pada evaporator AC, yang menyebabkan kebocoran. Hal ini tampak pada terlihatnya air yang menetes pada condenser di bagian luar.

4. Bagian Luar AC Tidak Panas

Jika AC tidak dingin, coba cek komponen bagian luar AC. Pada AC normal bagian ini akan mengeluarkan suhu panas yang disebabkan oleh proses pendinginan atau adanya perubahan kalor karena perubahan suhu dari rendah ke tinggi.

Jika hawa panas tidak keluar dari bagian luar ini, ada kemungkinan freon AC nya habis.

5. Lampu Indikator Berkedip

Yang terakhir coba cek lampu indikator pada AC, pada setiap unit AC ada lampu indikator yang terdapat di bagian unit dalam. Jika indikator ini berkedip, menandakan ada masalah yang terjadi pada unit AC tersebut.

Lampu yang berkedip ini disebabkan oleh sinyal error yang diterima oleh IC, motor fan, sensor suhu atau sensor pipa.

Demikianlah informasi tentang tekanan freon AC rumah dan tips mengetahui freon AC yang habis, semoga bermanfaat.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama