Tanda freon AC bocor Ini Membahayakan Tubuh

  • Ahli HVAC
  • Mar 14, 2022

Freon merupakan komponen penting yang ada pada AC. Tanpa adanya komponen ini, maka AC tidak akan berjalan normal. Permasalah yang sering terjadi adalah freon mengalami kebocoran sehingga membuat resah orang yang ada di ruangan tersebut. Tanda freon AC bocor tentu bisa dikenali dengan memperhatikannya baik-baik. Berikut beberapa tanda yang bisa dilihat:

1. Keluarnya Udara Panas

Pada umumnya AC digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan. Namun, apabila freon mengalami kebocoran maka fungsi tersebut menjadi terganggu. Sebagai gantinya, ruangan pun akan berubah menjadi panas karena AC yang rusak ini mengeluarkan udara yang panas. Mulanya memang masih mengeluarkan udara dingin namun sudah berkurang, lama-lama berubah menjadi udara panas.

Pengguna AC bisa memeriksa sendiri kondisi dari AC ini dengan meletakkan tangan pada ventialasi Acnya. Dari situlah akan muncul udara yang bisa diidentifikasi apakah memang kekurangan freon atau justru AC mengalami kebocoran. Apabila kurang yakin dengan analisa yang dilakukan silahkan saja panggil tenaga profesional untuk mengeceknya secara langsung.

2. Lama Dalam Mendinginkan Ruangan

Ruangan akan segera dingin apabila AC sudah dinyalakan dalam waktu 15 menit. Pengguna yang mengalami lebih dari 15 menit namun tidak kunjung dingin, maka ada suatu masalah yang terjadi pada AC tersebut. Tanda freon AC bocor ini harus dikenali sejak dini agar tidak terjadi suatu hal yang membahayakan kesehatan bagi orang di ruangan tersebut.

3. Pembengkakan Biaya Listrik

Kebocoran freon memang tidak langsung membuat AC menjadi rusak melainkan ada tahap-tahapannya. Mulanya memang masih bisa menjalankan fungsinya meskipun harus lebih bekerja keras dalam mendinginkan ruangan. Pada akhirnya jika AC sudah tidak kuat lagi dalam mendinginkan ruangan, maka udara panas akan keluar sehingga membuat ruangan menjadi gerah.

Usaha AC dalam bekerja untuk mendinginkan ruangan tersebut tentu menghabiskan banyak tenaga listrik sehingga tak heran jika tagihan membengkak. Biasanya, tagihan listrik ini ada pada akhir bulan sehingga hal tersebut baru disadari oleh penggunanya. Apabila sudah demikian segera lakukan perbaikan pada AC tersebut agar tidak lagi mengalami kerugian.

4. Muncul Bunga Es

Tanda yang paling tampak oleh mata ketika freon mengalami kebocoran adalah munculnya bunga es yang akan menempel pada pipa AC. Bunga es ini akan menggumpal dan semakin banyak saja setiap waktunya. Peristiwa tersebut disebabkan karena adanya kondensasi yang terjadi pada bagian dalam dari unit Acnya. Kenalilah tanda ini dengan baik agar bisa dilakukan tindak lanjut.

5. Keracunan Gas Freon

Perlu diketahui bahwa freon memiliki kandungan kimia yang akan membahayakan tubuh jika terhirup. Gejala yang muncul akibat dari keracunan freon ini adalah sesak nafas, pusing, dan gejala lainnya. Sulitnya lagi gas ini tidak memiliki warna sehingga susah untuk dihindari. Secara otomatis orang yang ada di dalam ruangan pun akan menghirup udara dari gas ini.

Tak ada salahnya bagi pengguna untuk mengecek kondisi AC setiap satu bulan sekali sebagai upaya dalam melakukan perawatan AC dan melindungi orang yang ada di dalam ruangannya. Masalah AC yang dideteksi lebih dini akan semakin baik dan bisa segera diperbaiki sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah.

Itulah beberapa tanda freon AC bocor yang bisa dikenali lebih awal oleh pengguna. Penting sekali untuk menyimak informasi tersebut karena tidak dapat diprediksi apa yang akan terjadi pada AC dikemudian hari. Tetaplah waspada dan cobalah untuk peka terhadap masalah AC yang sejatinya sulit untuk dideteksi ini.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama