Sistem Tata Udara di Industri Farmasi

  • Ahli HVAC
  • Mar 03, 2022

Jika berbicara tentang industri farmasi, tentu yang paling sering dibahas mengenai proses pembuatan obat yang berkualitas dan aman diedarkan. Namun di samping itu, ada banyak hal yang sebenarnya sangat penting, salah satunya sistem tata udara di industri farmasi. Mengapa sistem udara harus diperhatikan? Karena mempengaruhi semua proses dalam ruang produksi.

Sebuah industri farmasi yang dilengkapi dengan sistem tata udara baik, pasti mampu memproduksi obat-obatan berkualitas dengan efek yang tepat. Tidak hanya itu saja, sistem ini juga memiliki peran penting lainnya. Untuk mengetahui tentang sistem tata udara secara jelas, simak penjelasannya berikut.

Arti Sistem Tata Udara

Maksud dari sistem tata udara yaitu sistem yang mengkondisikan temperatur lingkungan melalui beberapa hal, termasuk pengendalian suhu, mutu udara, kelembaban, dan pergerakannya. Dalam industri farmasi, sistem tata udara yang dimilikinya jauh berbeda dengan penggunaan AC biasa. Semuanya telah diatur dalam regulatory code agar berjalan baik.

Apa yang membedakan sistem tata udara dalam farmasi dengan industri lain? Perbedaannya ada pada jenis sistem yang digunakan. Karena di industri farmasi memakai AHU (Air Handling Unit) dengan menerapkan sistem HVAC (Heating, Ventilation, Air Conditioning). Sistem tersebut terdiri dari beberapa alat yang mempunyai fungsi saling terintegrasi.

Peran Sistem Tata Udara

Sudah disinggung bahwa keberadaan sistem tata udara menjadi komponen yang sangat penting, terutama dalam proses produksi obat-obatan. Lalu sebenarnya apa saja peran dari sistem tata udara di industri farmasi itu? Semua kegunaannya dapat dilihat dalam uraian berikut:

1. Menjaga Kualitas Obat-obatan

Sistem tata udara yang diatur dengan baik akan tetap menjaga kualitas obat-obatan. Hal ini berkaitan dengan standar dari proses penyimpanan obat. Ketika tempat penyimpanannya mempunyai sirkulasi yang bagus, maka kualitasnya pasti terjaga. Sehingga obat-obatan tersebut bisa disalurkan ke apotek atau dokter tanpa mengalami kerusakan dan mengurangi khasiatnya.

2. Menstabilkan Suhu

Keberadaan sistem tata udara pada industri farmasi akan menjaga suhu dalam ruangan tetap stabil. Peran ini sangat penting terutama saat proses produksi obat juga penyimpanannya. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan obat juga dapat tersimpan baik karena suhunya stabil, tidak terlalu panas ataupun dingin.

3. Melindungi Ruangan Produksi Obat-obatan

Peran berikutnya adalah melindungi ruangan produksi dari kondisi suhu yang sering berubah. Karena perubahan temperatur berbahaya bagi obat-obatan dan bisa mengurangi kualitasnya. Ketika sistem tata udaranya baik, tentu tidak ada kontaminan yang akan merusak obat. Selain itu ruangan bersih dari kuman sebab aliran udaranya sudah terlindungi dari adanya bakteri.

4. Memberikan Perlindungan pada Lingkungan Kontaminasi

Bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan obat pasti memakai bahan kimia. Untuk menjaga lingkungan tetap aman dan tidak mendapatkan akibat bahaya, maka diperlukan peran dari sistem tata udara. Bahan yang tidak disimpan dalam ruangan bersuhu stabil akan mengakibatkan kontaminasi terhadap lingkungan. Jadi sistem ini diperlukan untuk menjaga komponen-komponen dalam industri farmasi.

5. Meningkatkan Kenyamanan pada Petugas

Dalam industri farmasi tentu terdapat petugas medis yang akan memproduksi obat-obatan setiap hari. Untuk membuat obat berkualitas dibutuhkan kenyamanan selama proses kerja, sehingga mampu mengenali fungsinya dengan baik. Dan disinilah peran sistem tata udara diperlukan. Petugas bukan hanya nyaman, tapi juga tetap steril dan meningkat produktivitasnya.

Demikian uraian dari sistem tata udara di industri farmasi dan peran-peran pentingnya. Sebagai tempat peracikan obat, industri farmasi memang harus didukung oleh tata udara yang baik. Sehingga kualitas dari obat yang diracik bisa tetap terjaga dan khasiatnya tidak berkurang karena didukung oleh kestabilan suhu di ruang penyimpanan.

 

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama