Simak Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
penyebab ac bocor setelah dicuci

Simak Penyebab AC Bocor Setelah Dicuci

AC yang bocor merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada alat elektronik ini. Penyebabnya juga beragam, bisa jadi disebabkan karena penurunan kualitas kompresor. Namun, ada juga orang yang mengeluhkan bocornya AC setelah dilakukan pencucian. Penyebab AC bocor setelah dicuci juga bermacam-macam.

Sebenarnya pencucian dilakukan untuk membersihkan AC itu sendiri. Tapi jika malah menimbulkan masalah baru seperti kebocoran, maka akan sangat mengganggu. Berikut beberapa penyebab ac yang bocor setelah dicuci:

1. Pembuangan AC yang Tersumbat

Penyumbatan terjadi karena kotoran dan lendir yang memenuhi saluran pembuangan AC. Bahkan setelah dicuci, kotoran yang dibersihkan tidak sepenuhnya keluar atau malah menyebabkan penyumbatan. Karena kotoran itu menutup saluran pembuangan, maka kebocoran akan terjadi. Jadi, kebocoran pada AC bukan salah teknisi yang melakukan pencucian, tapi karena hal ini.

Agar tidak ada lagi kotoran yang menyumbat, sebaiknya semprot saluran pembuangan dan selang AC. Hal ini perlu dilakukan agar pembersihan bisa dilakukan secara menyeluruh. Selain itu, agar kotoran bisa keluar sepenuhnya tanpa meninggalkan sisa.

2. Selang Pembuangan Lepas

Bukan tidak mungkin jika setelah dilakukan pencucian, selang pembuangan AC malah lepas. Bisa saja pemasangan kurang kencang sehingga kebocoran masih terjadi bahkan setelah pencucian. Jadi, kebocoran akan terjadi diwaktu yang tidak bisa ditentukan. Inilah alasan pembersihan dan pencucian AC harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi keteledoran.

Segera pasang dengan benar untuk menghentikan kebocoran yang terjadi. Hal ini terkesan sepele, tapi jika tidak teliti bisa saja mengira jika kebocoran disebabkan oleh hal lain. Selang pembuangan jangan sampai lepas karena ini sangat penting bagi kinerja AC.

3. Masih Ada Debu yang Tertinggal

Pencucian AC memang bisa dilakukan dalam keadaan terpasang. Namun, hal ini tidak sepenuhnya bisa membersihkan AC sampai ke bagian terdalam. Jika AC sudah sangat kotor karena lama tidak dicuci, pencucian dalam keadaan terpasang tidak akan membuahkan hasil yang baik. Debu yang mungkin masih tertinggal malah menyebabkan kebocoran pada AC.

Pada kejadian seperti ini, penyebab AC bocor setelah dicuci harus benar-benar diperhatikan. Terutama cara penanganan yang tepat sesuai keadaan AC, apakah bisa dibersihkan dalam keadaan terpasang atau tidak. AC yang kelewat kotor memang perlu penanganan yang lebih mendetail.

4. Sambungan yang Kendor

Setelah dilakukan pencucian, biasanya akan dilakukan pemasangan kembali agar AC bisa segera digunakan. Namun dalam beberapa kasus, ada permasalahan dalam pemasangan sambungan. Kendor dan kurang rapatnya pemasangan sambungan ternyata bisa menyebabkan kebocoran. Hal ini karena sambungan yang kendor akan menyebabkan terhambatnya proses pembuangan airnya.

Segera rapatkan sambungan yang kendor tersebut sebelum air yang bocor merembes dan mengganggu. Kebocoran bisa diatasi dengan cara mudah ini, selain itu aliran udara juga akan semakin lancar. Perhatian lebih perlu diberikan saat melakukan proses pemasangan setelah pencucian.

5. Pipa Suction yang Bermasalah

Permasalahan yang terjadi pada pipa suction bisa mengakibatkan kebocoran setelah proses pencucian. Pipa ini berfungsi untuk mengalirkan udara yang dihasilkan, namun jika pembungkus pipa rusak makan kebocoran tidak bisa dihindari. Penyebab satu ini sering terjadi pada saat pencucian AC itu sendiri.

Penggantian pipa sangat disarankan jika sampai terjadi hal seperti ini. Maka dari itu, saat melakukan pencucian jangan lupa mengecek pipa suction juga. Ditakutkan setelah melakukan pencucian malah terjadi kebocoran yang tidak diinginkan.

Pencucian pada AC memang sangat diperlukan, tapi jangan lupa untuk memperhatikan berbagai aspek lain. Perlu perhatian lebih pada hal-hal yang bisa menyebabkan kebocoran setelah pencucian. Penyebab AC bocor setelah dicuci di atas bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memperlakukan AC lebih baik. Serahkan pencucian AC pada teknisi yang benar-benar berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =