Perlu Dipahami, Berikut 5 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Secara Berkala - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
cara membersihkan kulkas yang benar

Perlu Dipahami, Berikut 5 Cara Membersihkan Kulkas yang Benar Secara Berkala

Kulkas merupakan jenis perabotan yang pada umumnya ditemukan di setiap rumah dan dianggap sebagai barang yang wajib dimiliki. Digunakan untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman serta menjaga kesegaran dari buah dan sayuran, kebersihan kulkas perlu dijaga. Sayangnya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui dan memahami cara membersihkan kulkas yang benar.

Membersihkan dan merapikan ulang setiap barang dalam kulkas seharusnya menjadi kesadaran dari setiap pemilik kulkas. Jika kulkas dibersihkan secara rutin dalam jangka waktu tertentu, maka setiap barang yang ada di dalamnya dapat terjaga higienis dan terjamin. Untuk mengetahui dan memahami cara membersihkan kulkas yang benar, maka simak ulasan berikut ini.

1. Siapkan Area Kosong dan Putuskan Aliran Listrik

Hal yang harus diperhatikan dan dilakukan sebelum benar-benar mulai membersihkan isi kulkas adalah menyiapkan area kosong dan luas dekat kulkas. Area kosong ini memiliki tujuan sebagai tempat meletakkan barang-barang dalam kulkas setelah dikeluarkan. Pastikan bahwa area yang kosong tersebut memiliki jarak terjangkau dari letak kulkas berada dan luas untuk menampung.

Pemilik kulkas dapat memanfaatkan barang-barang seperti meja besar atau bahkan beberapa meja kecil sebagai area kosong dan letakkan di dekat kulkas. Kemudian cek bagian wastafel terdekat dan pastikan wastafel benar-benar berada dalam keadaan yang bersih. Setelah itu, pemilik kulkas bisa mencabut kabel yang menjadi pusat aliran listrik ke dalam kulkas.

2. Keluarkan Barang yang Ada di dalam Kulkas

Cara membersihkan kulkas yang benar dan penting selanjutnya adalah mengeluarkan semua barang dalam kulkas mulai dari minuman, buah, hingga sayuran. Para pemilik kulkas tentu saja memiliki metode masing-masing dalam membersihkan bagian dalam kulkas. Pada umumnya, terdapat dua opsi terbaik, yaitu mengeluarkan semua barang secara langsung atau mengeluarkan sebagian secara bergantian.

Letakkan semua barang yang dikeluarkan pada area kosong yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan meletakkan setiap barang dengan hati-hati sehingga tidak ada satupun yang jatuh kemudian dibuang. Lalu lakukan seleksi satu per satu dan eliminasikan barang-barang yang sudah kedaluwarsa atau misalnya sayuran dan buah yang memiliki bagian yang busuk.

3. Lepas Rak dari Kulkas dan Cuci dengan Air yang Hangat

Lanjutkan dengan melepas dan mengeluarkan rak dari kulkas jika semua isi dalam kulkas, baik dalam kemasan tertentu ataupun tidak. maka Siapkan air bersih, utamakan adalah air hangat, untuk tempat merendam rak-rak tersebut. Hal ini bertujuan untuk membantu membersihkan kerak-kerak yang tertempel dengan erat dan terutama untuk yang sulit untuk dihilangkan.

Ketika rak direndam dalam air hangat, membersihkan rak dapat dimulai dengan menggosok setiap bagian menggunakan bantuan sabun. Bersihkan busa secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan segera dikeringkan pada tempat yang terjamin bersih.

4. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian paling inti dari kulkas, yaitu bagian dalam kulkas. Mulai dengan menggosok dinding dalam kulkas dan menghilangkan setiap kotoran yang menempel. Kemudian gosok dan bersihkan tengah kulkas dari bagian atas ke bawah dengan hati-hati. Agar lebih terjamin, tambahkan semprotan sabun pembersih ketika setiap kali menggosok kulkas.

5. Tata Kembali Setiap Isi Kulkas

Setelah menggosok dan membersihkan setiap bagian dalam kulkas, lanjutkan sebentar dengan menggosok bagian luar dengan lap. Selanjutnya, ambil rak-rak yang dikeringkan lalu pasangkan kembali ke setiap area dalam kulkas. Tata setiap barang yang berada di area kosong ke setiap rak yang sudah terpasang. Pastikan bahwa setiap barang diletakkan dengan rapi.

Membersihkan kulkas secara rutin dapat dilakukan sebulan atau dua minggu sekali untuk menghindari kondisi kulkas yang kotor dan tidak higienis. Cara membersihkan kulkas yang benar seperti yang dijelaskan di atas dapat dipraktekkan dengan mudah dan sederhana. Pastikan membersihkan kulkas kesayangan dengan hati-hati dan tidak terlalu terburu-buru agar hasilnya benar-benar terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =