Begini Cara Perhitungan Kebutuhan AC secara Lengkap!

  • Ahli HVAC
  • Jun 03, 2022

Pada masa sekarang ini, bisa dikatakan dengan mudah bahwa alat elektronik seperti Air Conditioner banyak digunakan sebagai kebutuhan secara rutin. Namun sayangnya, saat ini pun hanya sedikit yang tahu cara perhitungan kebutuhan AC terutama dengan cara yang benar. Padahal proses perhitungan kebutuhan tersebut memberikan dampak yang begitu besar.

Sebelum memutuskan untuk mencoba beberapa cara yang dinilai cocok untuk melakukan perhitungan terkait kebutuhan AC, ada beberapa hal yang penting. Misalnya saja, nanti akan ada beberapa bahan pertimbangan yang harus dikenali secara tepat sehingga perhitungannya pun menjadi jauh lebih mudah. Untuk informasi yang lebih detail, silahkan simak langsung di sini:

Mengapa Memerlukan Perhitungan Kebutuhan AC?

Secara garis besar, jenis alat elektronik seperti Air Conditioner ini ternyata semakin kesini semakin banyak digunakan terutama untuk setiap hari. Namun pada saat yang sama, masih banyak ditemukan beberapa pengguna alatnya yang tidak benar-benar memperhatikan tentang aspek untuk perhitungan kebutuhannya. Lebih parahnya, nanti malah menggunakan jenis AC yang tidak sesuai.

Untuk penjelasan lebih lanjutnya, sederhananya, jenis perhitungan kebutuhan yang dikhususkan untuk AC ini memudahkan calon pengguna dalam menentukan pilihannya nanti. Misalnya saja, nanti ada beberapa unsur dan rumus yang bisa memudahkan dalam menentukan jenis AC yang cocok dengan ruangan masing-masing. Terutama jika calon pengguna sebelumnya belum pernah membeli produk AC.

Sebelum mencoba untuk membeli dan menggunakan alat seperti AC ini, memang penting untuk memperhatikan kebutuhan ruangan yang akan dipakai nanti. Belum lagi dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh produknya yang masih harus disesuaikan dengan daya listrik yang sedang dipakai di sana. Selain itu, jangan lupa menyesuaikan dengan kemiringan dari ruangan tersebut.

Jenis Perhitungan Kebutuhan untuk AC

Jangan sampai dilewatkan untuk dikenali sejak awal, ada informasi yang penting terkait dengan cara perhitungan kebutuhan AC yang memang benar. Secara sederhana, jenis informasi ini akan membantu setiap pengguna untuk mengenali beberapa jenis perhitungan kebutuhan yang memang dikhususkan untuk AC. Silakan simak beberapa jenis perhitungannya dalam uraian di bawah ini:

  • Untuk ruangan yang sebesar 10 m2, diperlukan jenis AC 0,5 PK.
  • Sedangkan untuk jenis AC 0,75 PK cocok untuk ruangan 14 m2.
  • Ada juga AC 1 PK yang digunakan untuk ruangan 18m2.
  • Sementara ruangan berupa 24 m2 menggunakan jenis AC 1,5 PK.
  • Terakhir, jika menggunakan ruangan 36 m2, maka AC 2 PK.

Solusi Perhitungan Kebutuhan untuk AC dengan Mudah

Setelah mengenali beberapa jenis informasi yang terkait dengan perhitungan kebutuhan untuk AC, ada juga informasi yang lainnya yang wajib diketahui. Kali ini, setiap orang ternyata sudah bisa mengetahui solusi yang terbaik untuk mencoba langsung dan melakukan perhitungan tanpa waktu lama. Untuk mengenali tata cara lengkapnya, silahkan simak di bawah ini:

  • Awali dengan mengenali rumusnya secara lengkap, yaitu BT=(P x T x I x L X E )/60.
  • Tentukan juga setiap ukuran dari ruangan sehingga mudah dalam menghitung.
  • Pastikan bahwa proses perhitungan dilakukan dengan kondisi ruangan yang stabil.
  • Setelah itu, masukkan setiap ukuran tersebut dalam rumus yang ada.
  • Utamakan dengan melakukan proses perkalian dahulu atau dalam kurung dahulu.
  • Nantinya silakan gunakan hasilnya dalam menentukan jenis AC yang dipakai.

Uraian yang menjelaskan mengenai tata cara perhitungan kebutuhan AC  secara detail di atas tentu saja wajib dipahami dahulu sejak awal. Ditambah lagi semakin ke sini memang semakin banyak ditemukan bahwa para pengguna Air Conditioner malah tidak mengenali prosedur perhitungan kebutuhannya. Padahal sebenarnya proses tersebut dapat dilakukan manual dengan cukup mudah.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama