Perbedaan Masing-Masing Fungsi AC Ducting HVAC Beserta Cara Kerjanya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
PERBEDAAN MASING-MASING FUNGSI AC DUCTING HVAC

Perbedaan Masing-Masing Fungsi AC Ducting HVAC Beserta Cara Kerjanya

Ketika membeli suatu barang, tentu calon pembeli biasanya mencari tahu terlebih dahulu fungsi dan cara kerja barang yang dimaksud. Begitu juga ketika membeli AC ducting HVAC yang perlu diketahui terlebih dahulu fungsi dan bagaimana benda tersebut bekerja. Berikut ini adalah perbedaan masing-masing fungsi AC ducting HVAC beserta cara kerjanya:

Fungsi AC Ducting

Ketika membeli, pengguna tentu harus mengetahui fungsi dari benda yang dibelinya. Biasanya perusahaan pembuatnya memfasilitasinya dengan menyampaikan sebagian fungsi dari AC ducting HVAC pada buka pedoman penggunaan, adapun perbedaan masing-masing fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Supply Air

Fungsi yang pertama dari AC Ducting HVAC adalah menyalurkan atau mendistribusikan aliran udara yang lebih dingin pergi menuju keruangan yang lebih dingin. Tujuannya bukan hanya untuk membuat ruangan yang memiliki suhu hangat menjadi dingin,  tetapi suplai udara ini juga membuat udara dingin terdistribusi secara merata pada seluruh saluran.

Udara yang tersalurkan dengan baik ini sangat dibutuhkan dalam suatu gedung industri atau perkantoran. Bayangkan saja jika dalam suatu industri terdapat obat-obatan atau makanan yang perlu disimpan dalam suhu dan udara yang dingin tanpa supply air yang baik, tentu kualitasnya tidak akan terjaga dan dapat mengakibatkan kerugian.

2. Exhaust Air

Fungsi yang kedua adalah exhaust air. Pada AC Ducting HVAC ini tentu memiliki exhaust air sebagai tempat pengeluaran udara. Exhaust air akan mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan, menuju keluar dan digantikan dengan udara yang lebih sejuk. Fungsi ini dapat membuat ruangan lebih sejuk secara lebih lama.

3. Fresh Air

Perbedaan masing-masing fungsi AC ducting HVAC yang ketiga ini mungkin adalah yang paling terasa, yaitu fresh air. Udara ini didapatkan dari luar dan dimasukkan kedalam ruangan yang membuat udara didalam akan lebih segar setiap saat. Udara yang didapatkan juga akan sangat layak untuk memenuhi kebutuhan apa yang ada didalamnya.

Dampak baiknya ini juga akan terasa pada sektor makanan dan produksi lainnya. Hal ini karena kualitas udara segar ini dapat memenuhi kebutuhan sterilisasi dari makanan maupun produk lainnya seperti obat-obatan. Akibatnya produk tidak mudah untuk terkontaminasi mikroorganisme jahat yang dapat merusak kualitas dari produk yang belum dikemas dan didistribusikan.

Cara Kerja

Setelah melihat ragam fungsi dari AC ducting HVAC, selanjutnya adalah membahas mengenai Cara kerja dari benda tersebut. Ducting AC ini secara mudahnya, menggunakan metode proses sentralisasi yang dimana dalam pengerjaan pengaliran udara yang sejuk atau dingin, akan dibatasi dari sport center yang telah disiapkan sebelumnya. dilihat dari hal tersebut, kebanyakan jasa pasang AC ducting adalah para pemakai gedung bertingkat dan industri besar.

Metode sentralisasi ini membuat tarif instalasi lebih hemat dan mempermudah proses instalasi. Sehingga, pemasangannya akan lebih memakan biaya yang rendah dibandingkan pemasangan AC konvensional. Hanya saja terdapat kelemahan dalam AC ducting yaitu suhu yang kurang fleksibel pengaturannya.

Suhu udara yang dipasang secara seketika dari spot pusat tidak dapat diubah pada tiap ruangan berbeda. Jadi sang pengguna harus mengetahui pengaturan pipa penyalur udara supaya dapat memenuhi semua kebutuhan ruangan dengan baik dan benar.

Nah itu dia sedikit pembahasan tentang  perbedaan masing-masing fungsi AC ducting HVAC beserta cara kerjanya. AC jenis ini jarang ditemukan pada rumah-rumah biasa karena ukuran rumah biasanya lebih minimalis daripada gedung perusahaan. Semoga informasi diatas dapat membantu pembaca dalam memahami hal-hal tentang AC ducting HVAC yang berbeda dengan AC biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 18 =