Ini Loh 5 Perbedaan Kulkas Dan Freezer Yang Wajib Harus Diketahui

  • Ahli HVAC
  • Jan 07, 2023

Meski selama ini telah banyak yang menggunakan mesin pendingin makanan ataupun minuman, namun masih banyak pula yang belum mengetahui perbedaan kulkas dan freezer yang sebenarnya. Padahal alat elektronik ini hampir ada di setiap rumah di seluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia.

Namun bagi seseorang yang ingin membeli mesin pendingin ini, perlu mengetahui perbedaannya. Hal itu agar orang tersebut tidak salah pilih dan juga sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Adapun perbedaan dari kulkas dan freezer yaitu:

1. Beda Fungsinya

Hal pertama yang dapat diketahui perbedaannya yaitu di bagian fungsinya. Dimana kulkas biasa hanya berfungsi sebagai lemari pendingin untuk menyimpan makanan ataupun minuman. Tujuannya agar makanan atau minuman tersebut dapat bertahan lama dari waktu yang biasanya.

Sedangkan freezer berfungsi untuk membekukan, sehingga makanan ataupun minuman yang diletakkan pada freezer akan membeku. Hal itu dikarenakan freezer sendiri memiliki suhu yang paling dingin. Namun saat ini ada sudah hadir kulkas yang memiliki freezer kecil didalamnya.

2. Beda Bentuk

Perbedaan kulkas dan freezer kedua dapat pengguna lihat dari bentuknya. Perbedaan ini akan terlihat mencolok di mata semua orang, sebab bentuk dari kulkas sendiri dirancang dengan memiliki satu atau dua pintu. Namun kulkas dirancang dengan menggabungkan antara lemari es dan pembeku dalam versi kecil.

Akan tetapi untuk bentuk dari freezer sendiri dirancang dengan dua pintu dan hanya tersedia lemari pembeku saja. Sehingga freezer tidak dapat menyimpan bahan makanan atau minuman yang bisa langsung dimakan. Sebab jika diletakkan ada freezer, bahan tersebut akan membeku dan susah untuk digunakan.

3. Beda Tingkatan Suhu

Pada urutan ketiga yang membedakan antara kulkas dan freezer yaitu tingkatan suhu maksimal yang digunakan. Sebab pencapaian suhu dingin terendah untuk kedua alat penyimpan makanan ini tidak lagi sama. Dimana kulkas biasa untuk suhu dinginnya hanya bisa sampai nol derajat celcius saja.

Sedangkan untuk freezer sendiri bisa lebih unggul dari kulkas. Di mana suhunya bisa mencapai dingin sampai dua puluh derajat celcius. Sehingga dalam keadaan suhu dingin tersebut, dapat membekukan bahan makanan atau minuman yang ada di dalam elektronik penyimpanan tersebut.

4. Beda Kapasitas

Untuk yang keempat, bedanya ada pada kapasitas barang yang bisa ditampung oleh kedua alat elektronik pendingin tersebut. Freezer memiliki rancangan yang melebar sehingga makanan ataupun minuman yang dimasukkan bisa lebih banyak. Asal dengan penataan yang benar dan rapi seperti horizontal.

Sedangkan untuk kulkas sendiri di desain dengan memanjang kebawah yang terdiri dari beberapa rak. Dimana fungsi rak tersebut sebagai sekat dari makanan maupun minuman yang disimpan didalamnya. Sehingga muatan dari kulkas ini jauh lebih sedikit dari freezer. Sebab bahan pada kulkas ditaruh sesuai kelompok.

5. Beda Beban Daya Listrik Yang Ditanggung

Perbedaan terakhir yang bisa dilihat dan dirasakan seseorang yaitu daya listrik yang diserap oleh kedua alat elektronik itu. Freezer memiliki daya listrik yang lebih hemat dari pada kulkas. Namun pemakaian daya listrik ini dapat dipengaruhi dari seberapa seringnya pengguna membuka tutup pintu alat elektronik tersebut.

Hal itu dikarenakan jika seseorang sering membuka dan menutup pintu alat pendingin tersebut membuat udara dingin yang di dalam mengalir keluar. Dengan begitu, pendingin harus bekerja lebih optimal untuk menghasilkan suhu dingin. Dimana hal itu akan berimbas pada penyerapan daya listrik yang mengalir.

Demikianlah tadi kelima perbedaan kulkas dan freezer yang harus dan perlu diketahui oleh semua orang. Terutama untuk orang yang menggunakan alat elektronik pendingin tersebut. Sebab kulkas dan freezer memiliki harga beli yang berbeda pula, sehingga orang yang berniat ingin membeli pendingin harus mengetahui perbedaan dan fungsinya.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama