3 Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu, Pilihan Tanpa Ragu Pembelian Kulkas

  • Ahli HVAC
  • Jan 15, 2023

Pengguna harus mengetahui adanya perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu jika berniat untuk membeli waktu cukup dekat. Hal ini dilakukan agar pengguna tahu perbedaannya sehingga tidak salah pilih saat membelinya.

Pada dasarnya kompresor miliki komponen utama pada kulkas yang berfungsi sebagai sistem heat change. Cara kerjanya dengan mengambil udara panas dalam kulkas, lalu cairan dan gas dingin terkirim melalui kumparan.

Mengenal Kompresor Pada Kulkas

Kompresor merupakan sebuah komponen utama bagi kulkas yang sangat penting, ibaratkan sama pentingnya dengan organ tubuh manusia yaitu jantung. Kompresor sendiri ini memiliki fungsi untuk menunjang sistem kerja unit kulkas agar dapat berjalan secara optimal dan semestinya.

Kompresor umumnya berbentuk seperti sebuah tangki yang berbahan dasar logam atau bisa juga besi yang berwarna hitam pekat. Kemudian kompresor juga memiliki ukuran kecil dengan permukaan kerah cukup rata.

Pada dasarnya, untuk saat ini ada tiga cara kerja kompresor yaitu sebagai penghisap, penekanan, dan pemompaan. Cara kerja tersebut memang menunjukkan bahwa kompresor itu unit yang penting dalam menunjang sistem kerja.

Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Pengguna dapat mengetahui apa perbedaan kompresor pada kulkas yang diinginkan sebelum membelinya. Hal ini terletak pada jenis kompresor dan seberapa daya listrik yang digunakan, antara lain sebagai berikut ini:

1. Jenis Kompresor

Pengguna bisa menentukan untuk memakai jenis kompresor kulkas 1 pintu yang digunakan seperti kompresor piston. Namun seringkali penggunaan jenis kompresor ini pada kulkas 2 pintu karena memiliki 3 sampai 5 buah pipa dengan fungsi berbeda.

Terkadang pengguna dapat menggunakan kompresor 2 pintu seperti jenis rotary dan untuk bentuknya memang tabung dengan ukuran minimalis. Pengguna bisa menerapkan kompresor jenis ini yang memiliki dudukan, ini perbedaan rostary daripada piston sebagai acuan pembelian.

2. Daya Listrik pada Setiap Kulkas

Pastinya pengguna mengetahui daya dan ukuran kompresor kulkas 1 pintu yang digunakan dominan lebih rendah daripada kulkas 2 pintu. Terutama karena adanya pengenaan proses pemilihan kulkas dan memikirkan daya listrik pada kulkas 1 pintu. Yang mana tidak terlalu besar seperti dibutuhkan 150 watt sampai 350 watt saja.

Kulkas 2 pintu, untuk kompresor yang digunakan ini membutuhkan daya listrik dan ukuran yang lebih besar pada setiap merek. Pada dasarnya kulkas memiliki kapasitas yang beda merek walau sama. Contohnya pada kulkas 2 pintu yang dominan cenderung lebih besar dengan kompresor butuhkan daya banyak.

Setiap kulkas memiliki daya listrik yang berbeda satu sama lain termasuk pada kulkas 1 pintu atau 2 pintu dengan merek yang berbeda. Jika pengguna memiliki daya listrik tidak terlalu besar, maka bisa menggunakan kulkas 1  pintu agar tidak menarik kapasitas listrik besar.

Namun jika ingin membeli kulkas 2 pintu, pengguna bisa menambah daya listrik yang lebih besar dari sebelumnya dan kompresor juga besar. Jadi, ada penggunaan daya listrik yang harus diketahui oleh pengguna sebelum menentukan pilihan kulkas.

3. Harga Kompresor

Kompresor kulkas 1 pintu atau 2 pintu memiliki harga yang cukup bervariasi dengan berbagai aspek berbeda dari merek, tipe, dan ukuran kompresor tersebut. Jika pengguna mempunyai kompresor yang lebih besar ukurannya, maka semakin mahal juga harganya.

Pengguna dapat memilih kompresor dengan harga yang berbeda-beda untuk pembelian kulkas 1 pintu atau 2 pintu. Pada dasarnya memang cenderung harga kompresor kulkas 2 pintu lebih mahal dibandingkan dengan kompresor kulkas 1 pintu.

Namun, pengguna dapat mencari kompresor kulkas yang berbeda dengan murah dan tepat serta memperhatikan spesifikasi produk sesuai dengan kebutuhan kulkas. Jika pengguna mampu menganalisis kebutuhan kulkas dari keadaan dapurnya, maka bisa memilih sesuai harga yang diinginkan.

Untuk beberapa harga kompresor beragam, seperti kompresor kulkas 2 pintu 1/6 PK SE45E1J-9, kompresor kulkas 2 pintu 1/6 QD52H dan kompresor kulkas 2 pintu SR75.

Demikian beberapa informasi dari perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu untuk membantu pengguna dalam memilih kulkas secara tepat. Pengguna dapat memilih kompresor dengan mengetahui jenis, daya listrik, dan harga kompresor itu sendiri sesuai keinginan.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *