Perbedaan AC Split Dan Inverter yang Perlu Diketahui Sebagai Bahan Perbandingan!

  • Ahli HVAC
  • Jan 10, 2023

Memang ada banyak AC yang dapat digunakan saat ini yang tentu dengan beberapa perbedaan penting seperti perbedaan ac split dan inverter agar bisa dijadikan perbandingan. Sebab membeli barang elektronik memang harus teliti. Caranya dengan mengetahui spesifikasinya.

Karena itu, kali ini akan diuraikan mengenai apa saja perbedaan antara dua jenis AC yang memang banyak digunakan. Sehingga pengguna pun akan lebih tahu mengenai perbandingan keduanya. Jadi, langsung simak saja ulasannya, berikut:

1. Dari Sistem Cara Kerjanya

Perbedaan pertama yang dapat digunakan sebagai pembanding antara keduanya adalah dari segi sistem cara kerja. Pertama yang akan dibahas adalah split, dimana jenis AC ini secara normal, akan bergerak pada kompresor yang berkecepatan tetap. Sehingga bisa restart berulang kali.

Mekanisme AC ini hanya ada dua, yakni antara hidup dan mati. Bila suhu di ruangan saat itu tinggi, maka AC akan menyala dengan kecepatan tinggi, begitupun sebaliknya. Sehingga kerap menimbulkan kebisingan dan berumur pendek.

Sedang untuk AC inverter bekerja dengan kecepatan yang variabel. Sehingga perangkat ini memungkinkan untuk menyesuaikan pada tingkat yang sesuai dengan kondisi suhu ruangan. Sehingga bisa secara otomatis menyesuaikan kecepatan putaran.

2. Konsumsi Listrik

Kebanyakan dalam menggunakan AC memang poin yang harus diperhatikan adalah konsumsi daya. Sebab hal ini yang memang kada g selalu memberatkan tagihan listrik. Untuk AC split sendiri daya yang dibutuhkan adalah sekitar 800 Watt.

Berbeda dengan AC inverter, saya yang dibutuhkan adalah 255 hingga 950 Watt. Sebab proses on-off AC split membutuhkan daya yang cukup besar juga saat perubahan tingkat kecepatan. Berbeda dengan AC inverter yang cenderung stabil.

3. Kecepatan Proses Pendinginan

Lalu untuk ulasan mengenai apa saja perbedaan ac split dan inverter berikutnya adalah kecepatan prosesor pendinginan. Jika cara kerja yang digunakan pun berbeda, maka kecepatan ini pun juga berbeda. Seperti pada AC inverter yang memiliki kapasitas pendingin 130%.

Sehingga kecepatan pendinginan yang dimiliki oleh AC inverter ini jauh lebih baik ketimbang AC split. Selain itu AC inverter juga dilengkapi dengan pengaturan kapasitas pendingin yang bebas panas. Berbeda dengan AC split.

Selain itu, AC inverter ini lebih mampu mempertahankan suhu dingin pada ruangan ketimbang AC split. Karena saat titik dingin telah tercapai, maka kompresor pada AC split ini akan berhenti. Sedang untuk ac inverter kompresornya terus bekerja.

4. Dari Freon yang Digunakan

Ac tanpa freon maka AC hanya akan mengeluarkan angin saja dan tidak akan menghasilkan udara dingin. Freon ini bekerja sebagai fluida yang akan memproses suhu udara saat itu. Dari kedua Ac inipun freonnya berbeda.

Untuk freon yang digunakan pada AC inverter biasanya yang digunakan lebih ramah lingkungan. Sebab Freon ini tidak akan merusak lapisan ozon, sehingga ramah lingkungan. Berbeda dengan kapasitas yang digunakan pada AC split.

5. Segi Harga

Perbedaan terakhir yang menjadi perbandingan antara kedua jenis AC ini adalah dari segi harga. Jika dinilai dengan beberapa perbedaan yang telah disebutkan, tentu Pengguna sudah bisa mengira mengenai perbedaan. Yap, karena harga AC inverter jauh lebih mahal.

Menang ada banyak variasi harga untuk kedua tipe ini, entah dengan versi termurah atau termahal. Namun untuk versi termurah dari harga AC split, maka untuk harga AC inverter bisa dua kali lipatnya. Tentunya karena lebih ramah lingkungan.

Demikian adalah beberapa perbedaan ac split dan inverter yang bisa dijadikan sebagai perbandingan. Jika menang ingin menghemat energi listrik dan juga pendingin yang maksimal maka bisa digunakan AC inverter. Tapi jika ingin murah, maka pilih AC split.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *