Apa Saja 5 Penyebab Kulkas Berbunyi? Simak Penjelasannya

  • Ahli HVAC
  • Jan 12, 2023

Permasalahan pada komponen kompresor, kipas, evaporator, sekrup baut yang longgar pada kulkas sering menjadi penyebab kulkas berbunyi. Selain itu masih ada beberapa lagi hal lain yang menyebabkan kulkas berbunyi, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

1. Aliran Listrik Tidak Stabil

Penyebab kulkas berbunyi yang pertama tentu saja aliran listrik yang tidak stabil. Mengingat listrik merupakan komponen pokok yang menunjang kulkas tetap hidup, maka jika aliran listrik tidak stabil tentu saja kulkas dapat bermasalah.

Saat tegangan listrik mengalami masalah, tentu saja dapat menyebabkan kompresor kulkas berbunyi terus-menerus. Untuk mengatasi permasalahan ini pengguna dapat menggunakan stabilizer untuk menstabilkan listrik dan menghilangkan bunyi yang keluar dari kulkas.

2. Kipas Kulkas Rusak

Mengingat kipas kulkas merupakan salah satu komponen yang cukup penting di kulkas, maka jika kipas kulkas mengalami permasalahan tentu akan menimbulkan beberapa hal yang tidak diharapkan. Salah satunya adalah kipas mengeluarkan bunyi yang tidak seharusnya.

Kerusakan kipas kulkas biasanya disebabkan oleh baut yang aus pada bagian motor kipas sehingga beban kerja kipas semakin berat dan menimbulkan suara yang berdecit. Untuk mengatasi ini, pengguna harus mengganti kipas lama dengan yang baru.

Harga kipas kulkas bervariasi tergantung tipe, jenis, merk dan ukuran kulkas. Sebelum membeli kipas kulkas, ada baiknya pengguna tahu bagian kipas mana yang mengalami kerusakan baling-balingnya atau bagian motornya. Jika kerusakan ada pada salah satunya, tentu harganya akan lebih murah.

3. Kompresor Kulkas Bermasalah

Penyebab lain kulkas mengeluarkan bunyi adalah kompresor pada kulkas yang mengalami permasalahan. Bunyi dari kompresor yang bermasalah dapat berupa dengung, suara yang berisik bahkan kadang bunyi yang sangat keras.

Kerusakan pada kompresor kulkas ditandai dengan suhu kulkas yang tidak dingin dan freezer tidak dapat membeku meskipun aliran listrik stabil. Untuk mengatasi permasalahan ini, pengguna harus mengganti kompresor lama dengan yang baru.

Karena biasanya penyebab kompresor bermasalah juga terdapat pada usia kompresor kulkas yang sudah usang, ring piston yang mengalami aus karena kekurangan oli dan beberapa hal lain. Harga kompresor kulkas berada di angka sekitar 200.000 hingga 800.000 tergantung merk, tipe dan jenisnya.

4. Baut Tidak Rapat

Pembuatan kulkas tentu tidak luput dari banyaknya baut-baut yang terpasang untuk menghubungkan komponen dan rangka kulkas yang satu dengan yang lainnya. Jika ada baut kulkas yang tidak rapat, tentu saja hal itu dapat menjadi penyebab kulkas bunyi.

Untuk mengatasi permasalahan baut kulkas yang tidak rapat ini ternyata cukup mudah. Pengguna cukup mengecek secara detail bagian mana yang bautnya tidak rapat lalu mengencangkannya dengan maksimal dan sesuai ketentuan.

5. Kipas Evaporator Kulkas Bermasalah

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab kulkas berbunyi adalah kipas evaporator kulkas yang bermasalah. Salah satu tanda kipas evaporator mengalami masalah adalah suhu panas yang ada di sisi belakang kulkas terasa lebih hangat dari biasanya.

Permasalahan pada kipas evaporator biasanya disebabkan oleh usia kulkas yang sudah tua, sehingga ring motor kipas evaporator menjadi aus. Untuk mengatasi permasalahan ini, pengguna cukup mengganti kipas evaporator dengan yang baru agar kulkas tidak berbunyi lagi.

Itu dia beberapa penyebab kulkas berbunyi dan bagaimana cara mengatasinya. Tentu saja kebanyakan penyebabnya adalah usia kulkas yang sudah usang. Oleh karena itu, gunakan kulkas sebaik mungkin dan jangan lupa untuk melakukan servis serta pengecekan secara berkala.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama