Kenali Penyebab Freezer Box Tidak Dingin Yang Sering Terjadi

  • Ahli HVAC
  • Jun 12, 2022

Suatu freezer tentu berfungsi untuk mendinginkan makanan maupun minuman. Namun, tidak sedikit pengguna kulkas dengan freezer mengalami masalah. Misalnya masalah seperti freezer box tidak dingin. Pastinya dalam kondisi tersebut akan sangat mengganggu. Untuk itu perlu mengenali penyebabnya, supaya dapat mengatasinya dengan baik. Berikut penyebab freezer box tidak dingin:

1. Koil Kondensor Kotor dan Kipas Evaporator Tidak Berfungsi

Penyebab dari freezer box yang tidak dingin pertama bisa saja karena adanya masalah pada kondensor. Biasanya kondensor tersebut pada koilnya sangat kotor. Jadi, ketika koil kondensor kotor akan membuat penurunan kapasitas pendinginan secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, freezer yang tidak berfungsi semestinya juga bisa disebabkan oleh kipas evaporatornya. Dimana kipas evaporator yang seharusnya mengalirkan udara ke seluruh freezer tidak berfungsi. Sehingga, dalam proses pendinginan tersebut tidak terjadi dengan maksimal.

2. Kebocoran Pada Evaporator

Berikutnya yang jadi penyebab freezer box tidak dingin juga bisa karena kebocoran di bagian evaporator. Rusaknya evaporator ini biasanya terjadi akibat dari benda-benda tajam yang mengenai dinding freezer. Sebab, ketika dinding rusak maka air atau bunga es bisa menetes pada evaporator.

Hal tersebut, menyebabkan gangguan pada sistem sirkulasi. Maka ketika akan mengatasinya, harus bersihkan dulu bunga es yang menempel di dinding dan usahakan airnya tidak menetes. Barulah kemudian ditambal. Namun, ketika sudah tidak bisa ditambal, sebaiknya ganti evaporator yang baru agar freezer berfungsi kembali.

3. Freon Habis, Bocor, atau Tersumbat

Penyebab selanjutnya ketika freezer tidak dingin, bisa juga karena masalah pada freon. Seperti yang diketahui bahwa freon merupakan sebuah cairan yang berfungsi untuk mengeluarkan suhu dingin. Maka, ketika freezer tidak dingin, bisa melakukan pengecekan pada kulkas dengan memegang bagian belakang yang berdekatan dengan grill kulkas.

Apabila pada bagian tersebut terasa panas atau hangat maka tandanya freon masih ada. Tetapi, ketika saat dicek bagian tersebut tidak panas atau hangat sama sekali, maka perlu diwaspadai. Sebab, kemungkinan besar freon pada freezer telah habis, atau bisa jadi adanya kebocoran. Ketika terjadi seperti itu, sebaiknya segera memanggil tukang service.

4. Thermostat Kulkas Putus dan Kinerja Kompresor Tidak Maksimal

Thermostat kulkas putus juga bisa jadi penyebab freezer box tidak dingin. Hal ini karena Thermostat memiliki fungsi sebagai pengatur temperatur suhu. Selain itu, Thermostat juga berguna untuk mengatur mesin freezer harus mati atau hidup.

Maka, ketika Thermostat rusak akan sangat berdampak pada freezer. Pemilik kulkas juga harus melakukan pengecekan pada kompresor. Pasalnya, kompresor sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam pendinginan di freezer.

Jadi, terjadi masalah pada kompresor, tentu akan menurunkan kinerjanya. Nah, ketika kinerja kompresor menurun, freezer akan mengalami kesulitan dalam membekukan minuman maupun makanan. Jika ternyata kompresor telah lemah, maka sebaiknya gantilah dengan yang baru.

5. Start Relay Rusak dan Karet Pintu Tidak Rapat

Start relay merupakan bagian dari freezer yang berfungsi untuk memberikan sebuah daya pada kompresor. Jadi, ketika start relay tidak berfungsi dengan semestinya, maka freezer bisa tidak dingin. Tidak hanya itu saja, penyebab freezer box tidak dingin juga bisa karena masalah karet pintunya.

Penyebab yang satu ini kerap kali terjadi karena adanya karet pintu longgar atau lepas. Hal tersebut menyebabkan freezer tidak dingin, dan makanan atau minuman yang ada didalamnya tidak dapat membeku. Jika sudah seperti itu, segeralah perbaiki agar masalah cepat selesai dan freezer kembali seperti semula.

Itulah tadi beberapa penyebab freezer box tidak dingin yang perlu diketahui. Tentu, dengan mengetahui penyebab-penyebab tersebut akan bisa mengatasi masalah dengan tepat. Sebenarnya ada beberapa penyebab lainnya, untuk itu cobalah kenali masalah yang terjadi. Jika perlu, bisa langsung tanyakan pada ahlinya yaitu tukang service.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama