6 Penyebab AC Menyala Tapi Tidak Berfungsi Yang Wajib Diketahui

  • Ahli HVAC
  • Jan 01, 2023

Pernah mengalami AC menyala tapi tidak berfungsi atau terasa? Padahal fasilitas pendingin ruangan sangat diperlukan ketika cuaca sedang panas, apalagi jika berada di kota besar. Oleh karena itu, berikut adalah faktor mengapa AC tidak berfungsi yang harus diketahui penggunanya:

1. Pengatur Suhu Rusak

Thermistor atau pengatur suhu AC bekerja dengan memutus arus outdoor supaya berhenti ketika suhu ruangan sudah pas. Bila panas lagi, outdoor akan dinyalakan kembali oleh komponen AC tersebut. Oleh karenanya, jika thermistor rusak, pengaturan suhu menjadi tidak terkontrol dengan baik.

Penyebab pengatur suhu mengalami kerusakan yakni karena sudah terlalu lama dipakai. Selain itu, bisa juga karena thermistor terkena tegangan arus listrik yang terlalu tinggi. Masalah ini dapat diakali dengan menjauhkan thermistor udara atau menggantinya dengan yang baru.

2. Freon Habis

Jika tekanan freon AC sudah di bawah batas, akan terbentuk gumpalan es pada permukaan evaporator. Keadaan tersebut tidak dapat diabaikan terus karena bisa mengakibatkan kebocoran air pada bagian indoor. Bahkan jika freon habis, indoor AC juga bisa mati.

Untungnya hal ini tidak akan terjadi pada AC yang memiliki fitur self-diagnosed. Fitur tersebut akan menampilkan peringatan untuk pengguna bila perangkat sudah mulai kehabisan freon. Peringatan biasanya juga muncul jika ada bagian lain yang mengalami kerusakan.

3. Kompresor Overheat

Kompresor memiliki kegunaan untuk mendukung sirkulasi campuran zat freon ke pipa-pipa instalasi. Zat freon akan diedarkan dari kondensor, evaporator, sampai kembali lagi ke kompresor. Karena fungsinya, komponen ini dapat disebut sebagai jantung dari Air Conditioner.

Maka dari itu, jika ada yang salah dari kompresor, AC tidak akan menghasilkan dingin. Hal ini dapat disebabkan karena suhu kompresor terlalu panas atau running kapasitor yang rusak. AC yang mengalami kerusakan tersebut ditandai dengan getaran outdoor yang semakin halus.

4. Evaporator Kotor

Faktor penyebab AC menyala tapi tidak berfungsi yang keempat yaitu evaporatornya yang belum dibersihkan. Biasanya debu-debu tidak kasat mata menempel pada komponen tersebut dan menyebabkan sirkulasi udara terhambat. Yang membawa debu tersebut masuk ke dalam adalah kipas atau blower AC.

Evaporator sebenarnya berfungsi untuk menampung hawa dingin dari sirkulasi freon pada kompresor. Udara yang dingin nantinya disebarkan melalui kipasnya. Di samping itu, evaporator adalah bagian dari indoor pendingin ruangan yang peranannya sangat penting.

5. Motor Fan Rusak

Selalu cek di sekitar pendingin ruangan dan perhatikan apakah terdapat semut atau tidak. Hewan kecil ini bisa menjadi penyebab rusaknya komponen AC jika membuat sarang di dalam motor fan. Hal ini berbahaya sebab motor fan merupakan komponen utama sirkulasi udara.

Selain karena semut atau kotoran yang menumpuk, kerusakan bisa disebabkan karena ada kemacetan saat berputar. Kemacetan pada komponen motor fan terjadi karena leher yang aus atau lengket.

6. Pengaturan Remote AC Keliru

Kemungkinan terakhir dari penyebab pendingin ruangan tidak berfungsi dengan baik yakni setting remote-nya. Benda tersebut memiliki peran penting dalam mengatur kerja AC sesuai keinginan penggunanya. Apabila merasa AC tidak bekerja, maka bisa jadi pengaturannya keliru atau tidak sesuai.

Mode yang tersedia biasanya ada dry, auto, maupun cool. Ketika berada di pengaturan dry, AC hanya akan mengeluarkan angin saja. Oleh karenanya, mode harus diubah menjadi cool atau auto. Setelah diubah, tunggu sesaat sampai suhu mulai terasa dingin.

Begitulah 6 alasan mengapa AC menyala tapi tidak berfungsi. Segera benahi pendingin ruangan sesuai faktor penyebab kerusakannya. Jika kerusakan tidak dapat diperbaiki sendiri, pastikan untuk membawanya ke tempat servis barang elektronik.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *