Pengertian HVAC Adalah Begini Beserta Penjelasan tentang Komponen di Dalamnya - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
HVAC

Pengertian HVAC Adalah Begini Beserta Penjelasan tentang Komponen di Dalamnya

Pada ruangan tentu saja membutuhkan sistem tata udara HVAC yang bagus agar kondisi di udara dalamnya tetap terjaga. Keberadaan HVAC adalah sebagai sarana dalam menjaga kestabilan udara didalam ruangan. Selain itu terdapat beberapa komponen yang terdapat pada sistem HVAC ini sehingga dapat mengatur keluar masuknya udara.

Pengertian HVAC

Penjabaran sederhana tentang HVAC merupakan sebuah rangkaian pengatur udara terdiri berbagai macam komponen yang dipasang pada sebuah ruangan. Keberadaan HVAC sendiri sebagai sarana memberikan perlindungan terhadap bahan produksi dan para pekerja di dalam ruangan. Jadi peran HVAC sendiri sebagai sarana menstabilkan kondisi udara di sebuah ruangan.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa kepanjangan HVAC adalah Heating, Ventilation dan Air Conditioner. Biasanya penggunaan dari HVAC ini sering dipakai pada sebuah industri produksi, semacam gedung perkantoran, ruangan farmasi dan semacamnya. Pemasangan HVAC sendiri sebagai sarana melindungi benda-benda di dalam ruangan tersebut.

Selain melindungi benda-benda atau bahan produksi tetap berkualitas, juga dapat memberikan kenyamanan para pekerja di dalamnya. Semakin baik udara yang dihasilkan melalui HVAC, maka akan merasa nyaman pula para pekerja yang sedang beraktivitas. Dengan demikian hasil produktivitas semakin meningkat kualitasnya.

Komponen pada HVAC

Setelah mengetahui pengertian singkat tentang HVAC, maka pembahasan selanjutnya yaitu tentang susunan komponen di dalamnya. Setiap komponen di dalam HVAC mempunyai peran serta fungsi masing-masing. Untuk penjabaran setiap komponen pada HVAC akan dituliskan di daftar-daftar di bawah ini:

1. Cooling Coil atau Evaporator

Komponen pertama yang terpasang di HVAC adalah Cooling Coil dengan fungsinya sebagai penyerap panas sehingga temperatur ruangan menjadi stabil. Selain itu peran komponen ini juga dapat menjadikan suhu ruangan tidak terlalu lembab. Untuk bentuk alatnya sendiri dapat berbentuk persegi dengan terdapat seperti jaring-jaring di bagian tengahnya.

2. Blower atau Static Pressure

Peran komponen blower atau static pressure di dalam HVAC memang sangat penting sekali yakni menjadi sarana menyalurkan udara. Penyaluran udara tersebut untuk mengganti udara yang telah berada di dalamnya ruangan. Jadi keberadaan komponen ini menjadikan kondisi udara pada ruangan akan tetap baru dan steril tentunya.

3. Filter

Keberadaan udara di luar ruangan memang tidak selamanya bersih karena ada beberapa polusi yang bisa saja masuk ke dalam ruangan. Guna mencegah masuknya udara kotor menuju ke dalam ruangan, maka komponen filter berperan menyaringnya. Setiap udara akan disaring menggunakan komponen filter ini agar tetap bersih udaranya.

Penggunaan filter sendiri memang memberikan banyak sekali manfaat bagi kesegaran di dalam ruangan. Setiap kotoran baik itu besar atau kecil akan terperangkap di dalam filter HVAC. Untuk pembersihan filter dapat dilakukan beberapa bulan sekali agar kondisi tetap bersih. Sebab jika filter terlalu kotor akan menyebabkan kurang efektif dalam menyaring udara.

4. Ducting

Ducting memang menjadi komponen HVAC yang sangat berperan dalam menyalurkan udara menuju ke dalam ruangan-ruangan. Biasanya bentuknya seperti pipa besi panjang dengan diameter tertentu dan dapat dipasangkan ke tempat yang diinginkan. Selain itu ada juga fungsi komponen ini guna mengeluarkan angin menuju luar ruangan.

5. Dumper

Komponen terakhir pada HVAC adalah dumper dengan fungsinya sebagai alat pendeteksi suhu udara di dalam ducting. Bilamana ada suhu udara yang ternyata sangat panas, maka alat ini akan secara otomatis menutup lajur udara tersebut. Kemudian akan disalurkan menuju jalur exhaust guna menghindari suhu tersebut masuk ruangan.

Jadi dari ulasan di atas dapat disumpulkan bahwa HVAC adalah sebuah rangkaian alat dengan fungsi menstabilkan suhu pada ruangan. Penggunaan sistem tersebut akan menjaga kualitas barang-barang yang berada di sebuah ruangan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 13 =