Pengertian AC split, serta Kelebihan dan Kekurangannya

  • Ahli HVAC
  • Mar 05, 2023

Pendingin ruangan atau AC menjadi sebuah kebutuhan yang sangat dibutuhkan apalagi di daerah yang memiliki suhu udara panas. Banyak yang belum tahu jika kebanyakan AC yang dipasang dirumah adalah jenis AC split. Ketahui pengertian AC split dan apa saja kelebihannya disini:

Pengertian AC Split

AC yang terpasang di banyak rumah dan umum ditemukan adalah AC Split. Jadi AC split merupakan jenis AC yang instalasinya dilakukan di tembok dan terbagi kedalam dua unit. Diantaranya adalah unit indoor serta unit outdoor. 

Sesuai namanya, unit outdoor akan dipasang didalam ruangan yang bisa mengubah suhu ruangan. Sedangkan unit outdoor akan dipasang diluar sebagai tempat sirkulasi udara dari dalam keluar serta sebagai pembuang cairan AC.

Hal itu juga yang membuat jenis AC ini dinamai AC split karena terbagi atas dua unit yang dipasang ditempat berbeda. AC ini dipasang sebagai pendingin ruangan pilihan banyak orang karena proses pemasangannya yang tidak terlalu ribet namun tetap perlu ahlinya.

Pendingin ruangan ini dipakai agar bisa diatur dengan mudah. Selain itu AC split juga sangat efektif dalam menurunkan suhu ruangan karena bisa mengeluarkan udara dengan suhu yang lebih rendah dari suhu yang ada pada lingkungan tempat AC dipasang.

Kelebihan AC Split

AC split banyak digunakan di rumah-rumah bukan tanpa alasan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sebuah AC split seperti yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Punya bentuk yang Simple

AC split kini punya berbagai jenis model dan cenderung punya bentuk yang simple dan cocok untuk ditempel di dinding. Desainnya juga kini semakin modern membuat AC tidak akan terlihat mengganggu saat ditempel di dinding ruangan.

2. Lebih Hemat

Dibandingkan dengan jenis AC lainnya, AC split ini cenderung lebih hemat. Dari segi harga beberapa jenis AC split murah bisa jadi pilihan yang tepat demi mendinginkan ruangan agar tidak terasa panas suhunya. Dari segi pemakaian listrik juga bisa lebih rendah asal diatur dengan baik.

3. Menurunkan Suhu Ruangan dengan Cepat

AC split dengan freonnya dikenal bisa mendinginkan suhu ruangan dengan cepat sesuai dengan yang diinginkan. Jenis AC ini terbilang hebat di ukurannya yang kecil bisa mendinginkan ruangan secara instan dalam beberapa menit saja.

4. Mudah dioperasikan

Berbeda dengan sistem AC lain yang lebih kompleks, AC split ini lebih mudah dioperasikan. Adanya remote juga bisa membuat pengguna mengendalikannya dengan leluasa dari jarak jauh apalagi ditambah dengan bantuan ekosistem seperti smart home.

Kekurangan AC Split

Meski punya banyak kelebihan lantas tak membuat AC split luput dari kekurangan. Berikut ada beberapa kekurangan dari sebuah AC split

1. Cukup Memakan Daya listrik

Jika AC sering dimatikan dan dinyalakan kembali maka itu bisa membuatnya memakan daya listrik yang cukup banyak. Oleh karena itu AC split harus dinyalakan di waktu yang tepat saja, jangan terlalu sering menyalakan dan mematikannya karena bisa memakan banyak energi.

2. Kurang Efektif di ruangan yang luas

AC split akan cukup kewalahan menghadapi kondisi dimana ruangan yang luas dan banyak orang didalamnya. Akan butuh lebih dari satu AC split untuk menghadapi kondisi seperti ini dan jelas akan memakan biaya tambahan.

AC split juga cenderung sulit mempertahankan suhunya agar tetap di angka yang diinginkan. Jadi pengguna harus sering memastikan sendiri suhu dari ruangan tetap terjaga.

Nah itulah pembahasan mengenai pengertian AC Split beserta kekurangan dan kelebihannya. AC split memang punya banyak peminat karena sudah digunakan dari dulu sampai sekarang di banyak rumah.

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama