Penasaran Fungsi HVAC Mobil Itu Bagaimana? Simak Penjelasannya Berikut Ini - PT. Binaraya Berkah Utama
PT. Binaraya Berkah Utama

PT. Binaraya Berkah Utama

0
HVACR

Penasaran Fungsi HVAC Mobil Itu Bagaimana? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Mobil menjadi kendaraan yang banyak membantu manusia dalam melakukan aktivitas mobilitas setiap harinya. Pada mobil sendiri terdapat sebuah sistem bernama HVAC yang menjadi komponen penting di sebuah kendaraan mobil. Lantas bagi yang penasaran akan fungsi HVAC Mobil, silakan menyimak ulasan penjelasan berikut ini:

1. Mengontrol Temperatur

Udara panas pada siang hari memang menjadikan seseorang merasakan gerah di sekujur badannya. Apalagi kondisi panas akan lebih terasa ketika sedang di dalam kabin mobil dengan kondisi jendela tertutup. Namun, guna menjaga agar temperatur di kabin tetap stabil, maka pemasangan komponen sistem udara HVAC Mobil harus dilakukan dengan baik.

Peran dari adanya sistem udara HVAC pada mobil ini memang akan memberikan kenyamanan pada setiap penumpang di dalam kabin. Sistem pernafasan akan tetap terjaga karena komponen ini akan menjadikan udara menjadi lebih bersih dan steril. Dengan demikian saat melakukan perjalanan jauh akan lebih nyaman tanpa takut merasa kepanasan atau semacamnya.

2. Mengontrol Sirkulasi Udara

Kebanyakan para pengemudi kendaraan mobil baik besar maupun ukuran sedang lebih suka menutup jendela mobilnya. Hal ini dikarenakan sebagai langkah mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun di sisi lain udara di dalam kabin akan menjadi lebih pengap dan panas apabila tidak ada sistem tata udara yang bagus.

Pengontrolan sirkulasi udara ini dapat dilakukan dengan memasangkan komponen HVAC Mobil sesuai standar pabriknya. Biasanya sistem udara ini sudah di pasangkan oleh perancang mobil sehingga tidak perlu lagi menambah komponennya. Selain itu, fungsi pada jendela juga dapat dijadikan sebagai ventilasi dengan cara membuka sedikit jendelanya.

3. Mengontrol Kelembaban

Perlu diketahui bahwa kabin pada mobil sangat kedap suara karena lapisannya terdiri mulai dari besi dan juga kaca. Tentunya panas yang masuk dari besi dan kaca akan menjadikan kondisi kabin menjadi pengap dan kurang kelembaban. Jika hal ini semacam ini terjadi, pastinya akan menjadikan para penumpang kurang nyaman untuk menaikinya.

Oleh karena alasan itulah, keberadaan sistem udara HVAC pada mobil sangat diperlukan guna menjaga kelembaban di dalam kabin. Kelembaban ini akan memberikan kenyamanan pada penumpang karena udara tetap dingin walau di luar kabin sangat panas. Dengan begitu para penumpang tidak perlu khawatir akan merasakan gerah di badan.

4. Memurnikan Udara

Setiap orang bernafas pastinya mengeluarkan zat bernama karbon dioksida yang akan sangat berbahaya jika dihirup kembali secara terus-menerus. Dari sinilah fungsi dari HVAC pada mobil sangat dibutuhkan agar kondisi udara kabin tetap murni. Kemurnian udara yang dihirup manusia akan menjauhkan dari ancaman penyakit pernafasan atau semacamnya.

Sangat disarankan untuk membuka jendela beberapa saat sekali agar udara dari luar masuk dan mengganti udara kabin. Namun alangkah lebih baik membuka jendela pada saat berada di jalan sepi yang terbebas dari polusi knalpot kendaraan. Dengan begitu akan menghemat bahan bakar sehingga perjalanan menjadi lebih panjang.

5. Menghindari Polusi Udara

Hidup di kota penuh dengan padatnya aktivitas kendaraan memang akan berdampak pada polusi udara. Kehadiran polusi udara ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan dalam bernafas. Oleh karena itulah sistem tata udara HVAC di mobil sangat berperan penting dalam menghindari polusi udara. Dengan demikian melakukan perjalanan di dalam kota tidak perlu khawatir lagi.

Demikian tadi daftar dari fungsi sistem udara HVAC Mobil yang memang sangat penting sekali keberadaannya. Sebagai pemilik mobil sangat disarankan untuk selalu memantau keberadaan komponen ini agar tetap nyaman dalam berkendara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − fifteen =