Panduan Takaran Oli Kompresor AC Split: Rahasia AC Sejuk Maksimal

  • Ahli Teknik HVAC
  • Jul 06, 2024
Panduan Takaran Oli Kompresor AC Split: Rahasia AC Sejuk Maksimal

Takaran oli kompresor AC split adalah jumlah oli yang tepat untuk digunakan pada kompresor AC split. Oli ini berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan peredam getaran pada kompresor. Kekurangan atau kelebihan oli dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor.

Takaran oli yang tepat biasanya ditentukan oleh pabrikan kompresor. Umumnya, takaran oli untuk kompresor AC split berukuran 1 PK adalah sekitar 200-250 ml. Sedangkan untuk kompresor berukuran 2 PK adalah sekitar 250-300 ml.

Untuk menambahkan atau mengurangi oli pada kompresor AC split, perlu dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Karena, kesalahan dalam menambahkan atau mengurangi oli dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor.

takaran oli kompresor ac split

Takaran oli kompresor AC split yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur kompresor. Berikut adalah 9 aspek penting yang terkait dengan takaran oli kompresor AC split:

  • Jenis oli
  • Volume oli
  • Kekentalan oli
  • Fungsi oli
  • Penggantian oli
  • Kekurangan oli
  • Kelebihan oli
  • Dampak pada kompresor
  • Performa AC

Kesembilan aspek ini saling terkait dan memengaruhi kinerja kompresor AC split. Misalnya, jenis oli yang digunakan harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan kompresor. Volume oli yang tepat juga penting untuk memastikan pelumasan yang memadai pada kompresor. Kekentalan oli yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan masalah pada kompresor, seperti kesulitan start atau kebisingan yang berlebihan. Fungsi oli sebagai pelumas, pendingin, dan peredam getaran sangat penting untuk menjaga umur kompresor.

Jenis oli

Jenis Oli, AC Elektro

Jenis oli yang digunakan pada kompresor AC split sangat memengaruhi takaran oli yang tepat. Ada dua jenis oli yang umum digunakan pada kompresor AC split, yaitu oli mineral dan oli sintetis.

Oli mineral merupakan jenis oli yang paling umum digunakan pada kompresor AC split. Oli mineral memiliki harga yang relatif murah dan mudah ditemukan. Namun, oli mineral memiliki titik didih yang rendah sehingga mudah menguap. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan oli pada kompresor jika tidak dilakukan penggantian secara berkala.

Oli sintetis merupakan jenis oli yang lebih mahal dari oli mineral. Namun, oli sintetis memiliki titik didih yang lebih tinggi sehingga tidak mudah menguap. Hal ini dapat memperpanjang umur oli dan mengurangi risiko kekurangan oli pada kompresor.

Takaran oli yang tepat untuk kompresor AC split bervariasi tergantung pada jenis oli yang digunakan. Umumnya, takaran oli untuk oli mineral adalah sekitar 200-250 ml untuk kompresor berukuran 1 PK. Sedangkan untuk oli sintetis, takaran oli yang tepat adalah sekitar 150-200 ml untuk kompresor berukuran 1 PK.

Menggunakan jenis oli yang tepat dan takaran oli yang sesuai sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur kompresor AC split.

Volume oli

Volume Oli, AC Elektro

Volume oli merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan takaran oli kompresor AC split. Volume oli yang tepat akan memastikan pelumasan yang memadai pada kompresor, sehingga dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur yang panjang.

  • Volume oli terlalu sedikit

    Jika volume oli terlalu sedikit, kompresor akan kekurangan pelumasan. Hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor, sehingga kompresor bekerja tidak optimal dan cepat rusak.

  • Volume oli terlalu banyak

    Sebaliknya, jika volume oli terlalu banyak, oli dapat menghambat pergerakan komponen kompresor. Hal ini dapat menyebabkan kompresor bekerja lebih berat, sehingga konsumsi daya meningkat dan kompresor cepat panas.

  • Takaran oli yang tepat

    Takaran oli yang tepat akan memastikan pelumasan yang memadai pada kompresor tanpa menghambat pergerakan komponennya. Takaran oli yang tepat dapat dilihat pada spesifikasi kompresor atau petunjuk pemasangan.

  • Cara mengukur volume oli

    Volume oli pada kompresor AC split dapat diukur menggunakan dipstick atau kaca pengukur. Dipstick biasanya terdapat pada bagian samping kompresor, sedangkan kaca pengukur biasanya terdapat pada bagian bawah kompresor.

Dengan memperhatikan volume oli yang tepat, kompresor AC split dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur yang panjang.

Kekentalan oli

Kekentalan Oli, AC Elektro

Kekentalan oli merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan takaran oli kompresor AC split. Kekentalan oli memengaruhi kemampuan oli untuk melumasi komponen kompresor dan mencegah keausan.

  • Kekentalan oli yang terlalu tinggi

    Jika kekentalan oli terlalu tinggi, oli akan sulit mengalir dan melumasi komponen kompresor secara efektif. Hal ini dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor dan mengurangi umur kompresor.

  • Kekentalan oli yang terlalu rendah

    Sebaliknya, jika kekentalan oli terlalu rendah, oli akan terlalu encer dan tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup terhadap keausan. Hal ini juga dapat menyebabkan kebocoran oli pada kompresor.

  • Takaran oli yang tepat

    Takaran oli yang tepat akan memastikan kekentalan oli yang optimal untuk melumasi komponen kompresor secara efektif tanpa menyebabkan masalah kebocoran oli.

  • Cara mengukur kekentalan oli

    Kekentalan oli dapat diukur menggunakan viskometer. Viskometer akan mengukur waktu yang diperlukan oli untuk mengalir melalui lubang tertentu. Kekentalan oli dinyatakan dalam satuan centistokes (cSt).

Dengan memperhatikan kekentalan oli yang tepat, kompresor AC split dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur yang panjang.

Fungsi oli

Fungsi Oli, AC Elektro

Takaran oli kompresor AC split memiliki kaitan erat dengan fungsi oli pada kompresor. Oli pada kompresor AC split memiliki beberapa fungsi penting, antara lain:

  • Pelumas

    Oli berfungsi untuk melumasi komponen kompresor yang bergerak, seperti piston, silinder, dan poros engkol. Pelumasan ini mengurangi gesekan dan keausan pada komponen, sehingga kompresor dapat bekerja dengan lancar dan efisien.

  • Pendingin

    Oli juga berfungsi untuk mendinginkan komponen kompresor yang bergerak. Saat kompresor bekerja, komponen-komponen ini akan menghasilkan panas akibat gesekan. Oli menyerap panas ini dan membawanya ke bagian lain kompresor untuk didinginkan.

  • Peredam getaran

    Oli berfungsi sebagai peredam getaran yang dihasilkan oleh kompresor saat bekerja. Getaran yang berlebihan dapat merusak komponen kompresor dan menyebabkan kebisingan. Oli menyerap getaran ini dan meredamnya, sehingga kompresor bekerja lebih tenang dan tidak mudah rusak.

  • Pembersih

    Oli juga berfungsi sebagai pembersih dengan membawa kotoran dan partikel-partikel kecil dari komponen kompresor. Kotoran dan partikel ini dapat menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada kompresor. Oli membersihkan kotoran ini dan membawanya ke filter oli untuk dibuang.

Takaran oli kompresor AC split yang tepat sangat penting untuk memastikan fungsi-fungsi oli di atas dapat berjalan dengan baik. Kekurangan oli dapat menyebabkan keausan dan kerusakan pada kompresor, sedangkan kelebihan oli dapat menghambat kinerja kompresor dan menyebabkan kebocoran oli.

Penggantian oli

Penggantian Oli, AC Elektro

Penggantian oli merupakan salah satu aspek penting dalam perawatan kompresor AC split. Penggantian oli secara berkala akan memastikan takaran oli kompresor AC split selalu dalam kondisi optimal, sehingga kompresor dapat bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang.

  • Frekuensi penggantian oli

    Frekuensi penggantian oli kompresor AC split tergantung pada jenis oli yang digunakan dan intensitas penggunaan kompresor. Umumnya, penggantian oli dilakukan setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali untuk oli mineral dan setiap 2 tahun sekali untuk oli sintetis.

  • Cara mengganti oli

    Penggantian oli kompresor AC split harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman. Teknisi akan membuang oli lama dan menggantinya dengan oli baru sesuai dengan takaran yang tepat. Teknisi juga akan memeriksa kondisi komponen kompresor lainnya, seperti filter oli dan gasket.

  • Dampak penggantian oli yang tepat

    Penggantian oli yang tepat akan memastikan takaran oli kompresor AC split selalu dalam kondisi optimal, sehingga kompresor dapat bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang. Penggantian oli secara berkala juga dapat mengurangi risiko kerusakan kompresor akibat kekurangan atau kelebihan oli.

  • Dampak penggantian oli yang tidak tepat

    Penggantian oli yang tidak tepat, seperti terlalu jarang atau terlalu banyak, dapat berdampak buruk pada kompresor AC split. Kekurangan oli dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor, sedangkan kelebihan oli dapat menghambat kinerja kompresor dan menyebabkan kebocoran oli.

Dengan melakukan penggantian oli secara berkala dan sesuai dengan takaran yang tepat, kompresor AC split dapat bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang.

Kekurangan oli

Kekurangan Oli, AC Elektro

Kekurangan oli merupakan salah satu masalah yang dapat terjadi pada kompresor AC split. Kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor dan mengurangi performanya. Berikut adalah beberapa aspek yang berkaitan dengan kekurangan oli pada kompresor AC split:

  • Penyebab kekurangan oli

    Kekurangan oli pada kompresor AC split dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

    • Kebocoran oli pada sambungan atau seal kompresor
    • penguapan oli akibat suhu tinggi pada kompresor
    • Penggantian oli yang tidak tepat atau terlambat
  • Gejala kekurangan oli

    Beberapa gejala yang dapat mengindikasikan kekurangan oli pada kompresor AC split, antara lain:

    • Suara kompresor yang kasar atau berisik
    • Kompresor sulit untuk start atau tidak dapat start
    • Performa pendinginan AC yang menurun
  • Dampak kekurangan oli

    Kekurangan oli pada kompresor AC split dapat berdampak buruk pada kompresor, antara lain:

    • Keausan pada komponen kompresor
    • Kerusakan pada kompresor
    • Penurunan umur kompresor
  • Pencegahan kekurangan oli

    Untuk mencegah kekurangan oli pada kompresor AC split, diperlukan perawatan dan pemeriksaan rutin, antara lain:

    • Memeriksa level oli secara berkala
    • Mengganti oli sesuai dengan jadwal yang dianjurkan
    • Memeriksa kebocoran oli pada sambungan dan seal kompresor

Dengan mengetahui penyebab, gejala, dampak, dan pencegahan kekurangan oli, kita dapat menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Hal ini akan memastikan kompresor AC split dapat bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang.

Kelebihan oli

Kelebihan Oli, AC Elektro

Kelebihan oli pada kompresor AC split merupakan kondisi di mana volume oli pada kompresor melebihi takaran yang tepat. Kondisi ini dapat terjadi karena kesalahan pengisian oli atau kebocoran pada seal oli kompresor. Kelebihan oli dapat berdampak buruk pada kinerja dan umur kompresor.

  • Penyebab kelebihan oli

    Penyebab utama kelebihan oli pada kompresor AC split adalah kesalahan pengisian oli. Kesalahan ini dapat terjadi saat penggantian oli atau pengisian oli tambahan. Selain itu, kebocoran pada seal oli kompresor juga dapat menyebabkan kelebihan oli karena oli akan terus masuk ke kompresor meskipun kompresor tidak membutuhkannya.

  • Gejala kelebihan oli

    Gejala kelebihan oli pada kompresor AC split antara lain:

    • Kompresor sulit start atau tidak dapat start
    • Performa pendinginan AC menurun
    • Kebisingan pada kompresor
  • Dampak kelebihan oli

    Kelebihan oli pada kompresor AC split dapat berdampak buruk pada kompresor, antara lain:

    • Menghalangi pergerakan komponen kompresor
    • Meningkatkan konsumsi daya kompresor
    • Menyebabkan kebocoran oli
    • Merusak kompresor
  • Pencegahan kelebihan oli

    Untuk mencegah kelebihan oli pada kompresor AC split, perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan rutin, antara lain:

    • Memeriksa level oli secara berkala
    • Mengganti oli sesuai dengan jadwal yang dianjurkan
    • Memeriksa kebocoran oli pada seal kompresor

Dengan mengetahui penyebab, gejala, dampak, dan pencegahan kelebihan oli, kita dapat menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Hal ini akan memastikan kompresor AC split dapat bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang.

Dampak pada kompresor

Dampak Pada Kompresor, AC Elektro

Takaran oli kompresor AC split yang tidak tepat, baik kekurangan maupun kelebihan, dapat berdampak buruk pada kompresor. Berikut adalah beberapa dampak yang dapat terjadi:

  • Keausan pada komponen kompresor

    Kekurangan oli dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor yang bergerak, seperti piston, silinder, dan poros engkol. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan antara komponen-komponen ini. Kekurangan oli akan menyebabkan gesekan yang berlebihan, sehingga mempercepat keausan dan kerusakan pada komponen kompresor.

  • Kerusakan pada kompresor

    Kelebihan oli juga dapat merusak kompresor. Oli yang berlebihan dapat menghambat pergerakan komponen kompresor, sehingga kompresor bekerja lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kompresor, seperti piston, silinder, dan poros engkol.

  • Penurunan umur kompresor

    Baik kekurangan maupun kelebihan oli dapat menurunkan umur kompresor. Kekurangan oli akan menyebabkan keausan yang berlebihan, sedangkan kelebihan oli akan menyebabkan kerusakan pada komponen kompresor. Kedua kondisi ini dapat memperpendek umur kompresor dan menyebabkan penggantian kompresor lebih cepat.

  • Kebisingan yang berlebihan

    Kelebihan oli dapat menyebabkan kebisingan yang berlebihan pada kompresor. Oli yang berlebihan dapat menghambat pergerakan komponen kompresor, sehingga menimbulkan gesekan dan kebisingan yang lebih besar.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Takaran oli yang tepat akan memastikan kompresor bekerja dengan baik dan memiliki umur yang panjang.

Performa AC

Performa AC, AC Elektro

Takaran oli kompresor AC split memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa AC. Oli kompresor berfungsi untuk melumasi komponen kompresor, mendinginkan kompresor, dan meredam getaran. Takaran oli yang tepat akan memastikan kompresor bekerja secara optimal dan menghasilkan performa AC yang baik.

Kekurangan oli dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor, sehingga kompresor bekerja lebih berat dan tidak efisien. Hal ini dapat menurunkan performa AC dan menyebabkan AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan baik. Sebaliknya, kelebihan oli juga dapat menurunkan performa AC karena oli yang berlebihan dapat menghambat pergerakan komponen kompresor. Akibatnya, kompresor bekerja lebih lambat dan tidak dapat menghasilkan udara dingin yang optimal.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Takaran oli yang tepat akan memastikan kompresor bekerja dengan baik dan menghasilkan performa AC yang optimal. Hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman, serta menghemat konsumsi energi AC.

Pertanyaan Umum Seputar “takaran oli kompresor ac split”

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar “takaran oli kompresor ac split” yang sering ditanyakan:

Pertanyaan 1: Berapa takaran oli yang tepat untuk kompresor AC split?

Jawaban: Takaran oli yang tepat untuk kompresor AC split bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran kompresor. Umumnya, takaran oli untuk kompresor AC split berukuran 1 PK adalah sekitar 200-250 ml, sedangkan untuk kompresor berukuran 2 PK adalah sekitar 250-300 ml.

Pertanyaan 2: Apa fungsi oli pada kompresor AC split?

Jawaban: Oli pada kompresor AC split berfungsi untuk melumasi komponen kompresor yang bergerak, mendinginkan kompresor, dan meredam getaran.

Pertanyaan 3: Apa dampak kekurangan oli pada kompresor AC split?

Jawaban: Kekurangan oli dapat menyebabkan keausan pada komponen kompresor, sehingga kompresor bekerja lebih berat dan tidak efisien. Hal ini dapat menurunkan performa AC dan menyebabkan AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan baik.

Pertanyaan 4: Apa dampak kelebihan oli pada kompresor AC split?

Jawaban: Kelebihan oli juga dapat menurunkan performa AC karena oli yang berlebihan dapat menghambat pergerakan komponen kompresor. Akibatnya, kompresor bekerja lebih lambat dan tidak dapat menghasilkan udara dingin yang optimal.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara memeriksa takaran oli kompresor AC split?

Jawaban: Takaran oli kompresor AC split dapat diperiksa menggunakan dipstick atau kaca pengukur. Dipstick biasanya terdapat pada bagian samping kompresor, sedangkan kaca pengukur biasanya terdapat pada bagian bawah kompresor.

Pertanyaan 6: Seberapa sering oli kompresor AC split harus diganti?

Jawaban: Penggantian oli kompresor AC split tergantung pada jenis oli yang digunakan dan intensitas penggunaan kompresor. Umumnya, penggantian oli dilakukan setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali untuk oli mineral dan setiap 2 tahun sekali untuk oli sintetis.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan umum ini, diharapkan pembaca dapat menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Hal ini akan memastikan kompresor bekerja dengan baik, menghasilkan performa AC yang optimal, dan memiliki umur yang panjang.

Demikian pembahasan mengenai “takaran oli kompresor ac split”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Tips Seputar “takaran oli kompresor ac split”

Berikut adalah beberapa tips seputar “takaran oli kompresor ac split” yang dapat membantu menjaga performa dan umur kompresor AC split:

Tip 1: Gunakan jenis oli yang tepat

Jenis oli yang digunakan pada kompresor AC split akan memengaruhi takaran oli yang tepat. Gunakan jenis oli yang direkomendasikan oleh pabrikan kompresor untuk memastikan kompatibilitas dan kinerja yang optimal.

Tip 2: Perhatikan volume oli

Takaran oli kompresor AC split harus sesuai dengan volume yang ditentukan oleh pabrikan. Kekurangan atau kelebihan oli dapat menyebabkan masalah pada kompresor.

Tip 3: Periksa kekentalan oli

Kekentalan oli yang tepat akan memastikan pelumasan yang efektif pada komponen kompresor. Gunakan oli dengan kekentalan yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk menghindari masalah seperti keausan atau kebocoran oli.

Tip 4: Ganti oli secara berkala

Penggantian oli secara berkala akan menjaga kualitas oli dan mencegah penumpukan kotoran. Frekuensi penggantian oli tergantung pada jenis oli yang digunakan dan intensitas penggunaan kompresor.

Tip 5: Periksa kebocoran oli

Kebocoran oli dapat menyebabkan kekurangan oli pada kompresor. Periksa secara teratur adanya kebocoran oli pada sambungan atau seal kompresor dan segera perbaiki jika ditemukan.

Tip 6: Hindari penggunaan oli bekas

Oli bekas dapat mengandung kotoran dan partikel yang dapat merusak kompresor. Gunakan selalu oli baru yang berkualitas baik untuk memastikan kinerja kompresor yang optimal.

Tip 7: Serahkan penggantian oli kepada teknisi yang berpengalaman

Penggantian oli kompresor AC split sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman untuk memastikan takaran oli yang tepat dan menghindari kesalahan.

Tip 8: Baca manual kompresor

Manual kompresor biasanya berisi informasi penting mengenai takaran oli yang tepat, jenis oli yang direkomendasikan, dan jadwal penggantian oli. Baca manual kompresor dengan cermat untuk memastikan perawatan kompresor yang benar.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal. Hal ini akan memastikan kompresor bekerja dengan baik, menghasilkan performa AC yang optimal, dan memiliki umur yang panjang.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan rekomendasi pabrikan dan berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman jika ragu atau mengalami masalah pada kompresor AC split Anda.

Kesimpulan

Takaran oli kompresor AC split merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam perawatan dan pengoperasian AC split. Takaran oli yang tepat akan memastikan kompresor bekerja secara optimal, memiliki performa yang baik, dan memiliki umur yang panjang. Kekurangan atau kelebihan oli dapat menyebabkan berbagai masalah pada kompresor, seperti keausan, kerusakan, dan penurunan performa AC.

Untuk menjaga takaran oli kompresor AC split agar selalu dalam kondisi optimal, perlu dilakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain jenis oli yang digunakan, volume oli, kekentalan oli, dan penggantian oli secara berkala. Selain itu, penting juga untuk menghindari penggunaan oli bekas, memeriksa kebocoran oli, dan menyerahkan penggantian oli kepada teknisi yang berpengalaman.

Dengan memperhatikan takaran oli kompresor AC split dan melakukan perawatan serta pemeriksaan secara berkala, kompresor AC split dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur yang panjang. Hal ini akan memastikan AC split dapat mendinginkan ruangan dengan baik dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Author Profile

Ahli Teknik HVAC
Ahli Teknik HVAC
Selama bekerja sebagai ahli HVAC, saya mulai memperhatikan kurangnya sumber daya online yang khusus membahas topik HVAC. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang sistem HVAC dan bagaimana memilih, merawat, dan memperbaikinya. Itulah saat saya memutuskan untuk menggabungkan dua minat saya yang kuat: HVAC dan menulis.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami, klik link dibawah

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *