4 Panduan Mengganti Overload Kulkas Sharp 1 Pintu

  • Ahli HVAC
  • Mar 29, 2022

Apakah yang harus dilakukan jika overload kulkas Sharp 1 pintu mengalami kerusakan? Mungkin sebagian orang merasa kebingungan karena lemari esnya tidak dapat lagi bekerja baik. Jika memang itu terjadi, sebaiknya segera mencari overload yang sesuai dengan jenis kulkas satu pintu merk Sharp. Tapi sebelumnya, pahami dulu karakteristik overload yang tepat.

Overload merupakan komponen pengaman untuk kompresor kulkas. Jika rusak, tentu lemari es tidak dapat digunakan lagi. Overload jugalah yang berperan untuk membatasi arus agar tidak melebihi kemampuannya. Setiap kulkas memiliki overload yang berbeda, termasuk di Sharp satu pintu. Lebih jelasnya tentang komponen ini dapat disimak dari uraian berikut.

Panduan Mengganti Overload Kulkas Sharp

Ketika ingin mengganti overload yang rusak, maka carilah komponen yang sesuai dengan kulkas Sharp jenis satu pintu. Ketahuilah dahulu karakteristik overload agar tidak keliru saat membeli. Hal-hal di bawah ini mungkin dapat dijadikan panduan sebelum mengganti overload:

1. Ukuran Overload

Overload memiliki lima ukuran untuk setiap jenis lemari es. Masing-masing kulkas dibekali dengan overload yang berbeda, begitu pula pada merek Sharp. Jika kulkas Sharp yang ada di rumah memiliki satu pintu dengan besar daya di kisaran 95 Watt, pilihlah overload berukuran 1/8 HP. Karena biasanya satu pintu menggunakan ukuran tersebut.

2. Jenis Overload

Perlu diketahui juga bahwa jenis-jenis dari overload itu ada dua, yakni gepeng dan bulat. Keduanya memiliki kegunaan dan letak yang sama. Jadi sebelum mengganti, lihat dulu jenis overload yang hendak diganti dari kulkas Sharp satu pintu. Setelahnya bisa memilih komponen pengaman ini dengan ukuran 1/8 HP.

3. Kualitas Overload

Overload memiliki peran penting dalam lemari es sebagai pengaman dan pengendali arus agar tidak melebihi batas. Oleh karena itu saat membeli yang baru tidak boleh sembarangan supaya bisa bertahan lama. Belilah komponen ini dari toko elektronik atau market place terpercaya. Harga overload kulkas Sharp 1 pintu yaitu Rp30.000-Rp50.000.

4. Letak Overload

Ketika overload rusak dan ingin mengganti tentu harus tahu letaknya, bukan? Komponen ini menempel pada kompresor dan ada yang di luar juga dalam. Biasanya, yang paling sering mengalami kerusakan adalah overload eksternal dan lebih mudah diganti. Sedangkan yang internal sangat jarang rusak. Kalaupun rusak harus menggantinya satu paket beserta kompresor.

Ciri-Ciri Overload Rusak

Saat kinerja kulkas terganggu, mungkin saja ada bagian yang mengalami kerusakan, seperti pada overload. Jika komponen ini yang rusak, pemilik bisa segera mengetahuinya dengan melihat ciri-ciri yang diberikan. Berikut adalah tanda ketika overload tidak berfungsi:

1. Kulkas Tidak Dingin

Ciri yang pertama adalah mesin lemari es tetap menyala seperti biasanya tapi tidak dapat menghasilkan suhu dingin. Permasalahan ini sangat meresahkan karena dapat mengurangi kualitas makanan. Jika mengalaminya, mungkin saja overload rusak akibat tertutup kotoran.

2. Mesin Kulkas Mati

Ciri kedua ini lebih parah dari sebelumnya, yakni mesin kulkas mati total dan tidak dapat dinyalakan sama sekali. Ketika mesin tidak berfungsi, maka besar kemungkinan kerusakan yang terjadi ada pada overload-nya. Penyebabnya yaitu terhambatnya arus listrik akibat tertutup debu.

3. Kompresor Tidak Bekerja

Kulkas yang menghasilkan panas akan mengakibatkan overload terkikis. Untuk waktu yang lama, bisa memutus arus listrik dan mempengaruhi kompresor. Ciri ini dapat terlihat karena letak dari kedua komponen ini saling melekat.

Itulah ciri-ciri yang harus diperhatikan ketika overload mengalami kerusakan. Dan jika ingin menggantinya, pastikan tahu karakteristik yang dimiliki oleh overload kulkas Sharp 1 pintu. Alangkah lebih baiknya lagi apabila membawa lemari es ke tempat servis elektronik. Karena pasti akan mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya diĀ Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama