5 Penyebab Indoor AC Keluar Air

  • Ahli HVAC
  • Mar 25, 2022

Bagi pengguna perangkat AC pasti pernah mengalami beberapa kendala yang sangat menyebalkan. Salah satu kendala atau masalah yang sering terjadi adalah bagian indoor AC keluar air. Sehingga menyebabkan, lantai di bawahnya basah dan harus dibersihkan dengan segera. Berikut beberapa penyebab mengapa masalah itu bisa terjadi, mari simak saja untuk lebih jelasnya!

1. Saluran Tersumbat

Penyebab pertama indoor AC keluar air yang kerap terjadi adalah adanya penyumbatan yang terjadi pada saluran AC bagian dalam. Penyumbatan tersebut bisa jadi dikarenakan adanya debu atau kotoran yang menempel di dalamnya. Sehingga, air yang harusnya tersalurkan dengan normal malah menetes keluar.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya rutin dilakukan pembersihan pada bagian saluran tersebut. Karena, jika sudah terjadi maka pengguna harus bekerja dua kali yaitu membersihkan airnya serta membersihkan kotoran yang ada di dalam saluran. Jadi, sebaiknya lakukan pencegahan sebelum terjadi kebocoran.

2. Pemasangan AC Salah

Terkadang penyebab tidak hanya datang dari dalam unit itu sendiri, bisa jadi karena kesalahan dari luar. AC yang mengalami kebocoran air bisa jadi karena pemasangannya yang salah serta tidak tepat pada posisi yang pas. Pengguna seringkali hanya mempercayakan kepada tenaga ahli tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Padahal, pengawasan serta pengecekan wajib dilakukan.

Jika salah memasang, maka biasanya saluran untuk pembuangan juga ikut salah satu bisa dikatakan miring. Sehingga, membuat air di dalamnya bukan menyalur ke saluran melainkan malah menetes ke bawah. Nah, jika hal tersebut sudah terjadi maka perlu dilakukan pemasangan ulang dan perhatikan juga waktu pemasangan saluran airnya.

3. Kurang Freon

Freon AC yang habis atau kurang juga bisa menjadi penyebab terjadinya air menetes keluar. Kurangnya freon tersebut bisa membuat aliran yang ada di dalam evaporator menjadi beku dan akan mengalami penyumbatan. Sehingga, pembekuan tersebut bisa berubah menjadi air dan akibatnya menetes keluar.

Nah, jika hal itu sudah terjadi sebaiknya segera lakukan perbaikan. Tambahkan freon yang kurang tersebut agar tidak lagi terjadi pembekuan. Karena, jika lama dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. sehingga, AC tidak dapat bekerja dengan normal lagi dan bisa menjadi rusak.

4. Filter AC Kotor

Untuk penyebab selanjutnya bisa juga dikarenakan filter pada AC sudah kotor. Biasanya filter yang sudah kotor tersebut secara otomatis akan mengeluarkan sebuah air. Semua itu terjadi melalui proses yang natural. Filter udara yang sudah kotor akan menghalangi masuknya saluran udara ke dalam pipa.

Sehingga, air yang seharusnya masuk ke dalam pipa malah bergerak menetes keluar. Cara untuk mencegahnya atau memperbaikinya yaitu hanya satu. Pengguna harus membersihkan filter yang kotor tersebut secara rutin. Namun, jika sudah terlanjur terjadi maka segera lakukan pembersihan dengan hati-hati serta telaten.

5. Drain Pan Rusak

Kerusakan pada komponen di dalam AC juga bisa menyebabkan air pada bagian indoor menetes keluar. Komponen yang sering rusak adalah Drain Pan, komponen tersebut memang sangat penting serta vital. Biasanya Drain Pan yang sudah lama akan berkarat dan menyebabkan masalah ini terjadi.

Drain Pan yang sudah berkarat tidak bisa diperbaiki lagi. Karena, selain susah untuk dihilangkan tetapi juga jika terus digunakan malah akan merusak AC. Solusinya yaitu pengguna harus segera mengganti dengan Drain Pan yang baru. Komponen yang baru akan membuat AC dapat bekerja dengan optimal lagi.

Itulah beberapa penyebab indoor AC keluar air yang kerap terjadi dan biasa dirasakan oleh pengguna AC. Jika akan melakukan perbaikan sebaiknya kenali dahulu apa penyebabnya. Agar tidak terjadi kesalahan pada saat akan dilakukan perbaikan.

 

 

Author Profile

Ahli HVAC
Ahli HVAC
Saya mulai menulis blog tentang HVAC di waktu luang saya. Tulisan-tulisan saya berfokus pada topik-topik niche HVAC, seperti cara memilih sistem HVAC yang tepat, tips perawatan, strategi efisiensi energi, dan tren terbaru dalam industri ini. Saya berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai seorang ahli untuk membantu orang lain memahami sistem HVAC dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang ingin meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam bangunan mereka.

Menjadi seorang penulis blogger HVAC telah memberi saya kesempatan untuk menggabungkan minat saya dalam teknologi dan penulisan, sambil memberikan manfaat bagi orang lain. Saya berharap dapat terus berkontribusi dalam industri HVAC dan terus menginspirasi orang-orang dengan tulisan-tulisan saya yang informatif dan bermanfaat.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews BinarayaBerkahUtama.com
Jika Anda membutuhkan Jasa Service AC, HVAC dan Lainnya silahkan hubungi kami,

hotline pt.bbu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright @ 2021 PT. Binaraya Berkah Utama